Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, Arkeologi merupakan salah satu ilmu sejarah kebudayaan manusia pada masa lalu. Ilmu ini muncul dari kajian sistematis atas data benda-benda kuno yang ditemukan. Terlebih ilmu ini akan membahas tuntas tentang sejarah masa lalu dimana sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bisa dilakukan dimasa lalu.

Contoh benda-benda kuno atau peninggalan masa lalu yang kerap kali mengundang daya tarik untuk diteliti adalah artefak, ekofak maupun fitur. Tujuan dari ilmu arkeolog ini sebenarnya untuk mempelajari sejarah sebuah kehidupan dan kebudayaan manusia dimasa lalu melalui benda-benda yang ditemukan. Beberapa benda benda arkeologi yang ditemukan masih sangat kokoh hingga saat ini. Tak hanya sekedar kokoh, benda tersebut juga sangat terkenal.

Meski demikian, benda yang ditemukan tentunya memiliki kesan misterius. Tak jarang menyimpan hal-hal mistis, contohnya sebagai tempat penyembahan berhala. Berikut anakregular informasikan lima Batu peninggalan purbakala paling misterius dan paling terkenal di dunia. Silahkan disimak kawan.

Baca juga : Lima Kota Paling Tua di Indonesia

Batu bulat di hutan Bosnia

Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Baru-baru ini, sebuah batu misterius zaman purbakala dengan ukuran yang sangat besar ditemukan oleh Arkeolog di Hutan Bosnia tepatnya di hutan dekat Kota Zavidovici, Bosnia. Semir Osmanagic (arkeolog) mengatakan jika batuan tersebut merupakan buatan tangan manusia yang membutktikan eksistensi mereka pada 1500 tahun lalu. Batu bulat ini berukuran radius lima kaki atau setara dengan 1,5 meter.

Selain itu batu misterius ini juga memiliki kadar besi yang sangat tinggi. Awalnya, batu tersebut cukup banyak ditemukan di hutan Bosnia. Sayangnya, pada tahun 1970-an, batu-batu yang di duga berisi emas tersebut diburu dan dihancurkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Batu Bulat dengan warna hitam mencolok tersebut di duga berasal dari abad pertengahan, sekitar zaman perunggu atau Romawi. Batu-batu ini disebut sebagai pengendapat semen mineral alami.

Carved Discs

Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Kedua benda yang masuk dalam jajaran batu purbakala paling misterius di dunia adalah Carved Discs. Bentuknya unik dan hampir menyerupai pesawat UFO, karenanya benda yang berada di dekat Volgograd, Rusia ini di duga sebagai peninggalan benda dari makhluk asal Mars. Carved Discs, ditemukan oleh sekelompok tim investigasi Rusia yang menemukn lebih dari selusin batu pipih di wilayah Volgograd. Batu ini diklaim berisi tungsten dengan kepadatan logam tinggi yang digunakan dalam teknologi militer.

Tak hanya arkeolog, tim investigasi UFO juga meneliti batu misterius ini. Mereka percaya batu tersebut telah ada jutaan tahun lalu. Kemungkinan batu ini berasal dari Mars dan jatuh ke bumi ketika terjadi penyerangan di Planet Merah itu. Sayangnya, batu ini tidak begitu terkenal karena orang banyak menduga batu tersebut hanyalah batu biasa yang terbentuk akibat kikisan air.

Garis Nasca

Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Nasca Lines merupakan rangkaian geoglif yang terletak di Gurun Sechura, khususnya di Gurun Nasca, di Peru. Para ahli geologi menduga garis ini dibuat oleh kebudayaan Naca antara 200 tahun sebelum masehi hingga tahun 700. Pada garis ini terdapat ratusan gambar seperti burung, laba-laba, monyet, ikan hiu, kadal, dan sebagainya. Meski demikian, di tempat ini, diketahui banyak menyimpan misteri.

Nasca Lines mulai ramai dibicarakan pada tahun 1920-an. Hal ini bermula ketika seorang penumpang pesawat terbang mengaku melihat sebuah gambar mirip dengan makhluk hidup dari udara. Sejak cerita itu menyebar, para arkeolog seluruh dunia berbondong-bondong datang ke daerah nazca untuk melihat dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang Nazca Lines.

Meski demikian, tidak diketahui dengan pasti siapa pembuat Nazca Lines. Adanya pengetahuan peradaban Nazca yang membuatnya, mulai diduga-duga dengan ditemukannya keramik dan pasak kayu di beberapa ujung garis. Nasca Lines masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Peninggalan ini ditemukan di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Stonehenge

Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Mungkin Stonehenge salah satu benda peninggalan tempo dulu yang paling terkenal di muka bumi. Terletak di Wiltshire, Inggris, bangunan ini termasuk salah satu yang misterius juga. Stonehenge diperkirakan dibangun 2.500 tahun sebelum masehi. Bangunan ini berbentuk lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge adalah lingkaran. Pada awal abad ke-20, kebanyakan dari batu-batu itu tidak lagi berdiri tegak. Hal ini kemungkinan disebabkan banyaknya wisatawan yang menaiki Stonehenge pada sekitar abad ke-19 karena keingintahuan mereka yang besar. Semenjak itu, telah dilakukan tiga tahap renovasi untuk menegakkan kembali batu yang miring atau terbalik, dan untuk mengembalikan batu-batu tersebut ke tempat semula dengan teliti.

Meski demikian, Stonehenge dipercaya telah melalui renovasi sekitar 1.500 tahun. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan konstruksi besar-besaran di sekitar monumen tersebut. Bangunan ini diduga berhubungan dengan kegian ritual.  Ada beberapa cerita yang dihubungakan dengan batu ini. Misalnya, di dalam Stonehenge ditemukan batu 'Heel Stone'. Batu ini dipercaya dibawa oleh setan dari seorang wanita di Irlandia. Selain itu, batu ini dikaitkan pula dengan legenda Raja Arthur yang sangat terkenal di Inggris. 

Callanish Stones

Batu Peninggalan Purbakala Paling Misterius di Dunia

Benda purbakala dari Skotlandia ini tak kalah misterius dan memiliki bentuk hampir serupa dengan Stonehenge di Inggris. Callanish Stones diperkirakan dibuat pada Zaman Perunggu. Terdiri dari banyak batu yang menjulang, Callanish diduga digunakan sebagai tempat melakukan aktivitas ritual. Callanish terdiri dari tiga belas batu yang melingkar dengan tugu dari batu tunggal di tengah.

Lima baris batu berdiri ini berhubungan dengan lingkaran tersebut. Sementara itu dua batu yang paling panjang mengarah ke utara, dan yang paling pendek mengarah ke barat daya. Diduga Callanish dibuat sekitar 4.500 hingga 5.000 tahun sebelum masehi. Bangunan purba ini diduga pernah direnovasi juga sebelumnya sekitar abad 17.

Nah, itulah kawan sekiranya lima batu peninggalan prasejarah dan purbakala paling misterius di dunia. Walau misterius saat ini beberapa peninggalan telah menjelma menjadi salah satu tempat paling populer yang ingin selalu dikunjungi oleh para wisatawan seluruh dunia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.