Ini Penjelasan Mengapa Mobil Bisa 'Kalah' dari Motor!

AnakRegular | Salah satu hal yang mungkin selalu terjadi dijalan raya tanpa kita sadari adalah kecelakaan. Entah itu kecelakaan dua kendaraan atau tunggal dimana kecelakaan tersebut kerap kali menimbulkan korban jiwa. Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini seringkali dijumpai mobil dan motor yang terlibat kecelakaan namun ending dari kecelakaan tersebut sangatlah mengejutkan. Bukannya motor yang mengalami rusak parah, malah sebaliknya mobil yang menabrak motor hancur total alias ringsek jauh lebih parah dari motor yang ditabraknya.

Ini Penjelasan Mengapa Mobil Bisa 'Kalah' dari Motor!

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat bagaimana kondiri mobil yang sangat mengenaskan saat menabrak motor bebek Honda Supra X berplat W yang ada di depannya. Mobil tersebut rusak parah sedangkan motor bebek yang ada di depannya hanya sedikit mengalami kerusakan. Lantas ada pemikiran bagaimana semua itu bisa terjadi? Mengapa mobil yang notabenya lebih besar dan lebih berat dari motor malah hancur lebur saat terjadi tabrakan dengan sepeda motor?

Ini Penjelasan Mengapa Mobil Bisa 'Kalah' dari Motor!

Ternyata itu bukanlah sebuah kebetulan, juga bukan sebuah ilus melainkan sebuah cara atau sistem yang dinamakan Crumble Zone. Crumble Zone adalah sebuah standar dari keamanan yang dirancang oleh perusahaan untuk meminimalisir kerusakan parah saat terjadi kecelakaan. Baik pengendara mobil, maupun pihak yang tertabrak. Lantas apa saja tujuan dari Crumple Zone?

Ini Penjelasan Mengapa Mobil Bisa 'Kalah' dari Motor!

Crumple Zone adalah satu area dari bumper mobil yang sengaja dibuat lebih mudah remuk saat menghadapi tubrukan. Berbeda dengan mobil-mobil jaman dulu yang membuat bumper dengan bahan keras. Pembuatan hidung mobil yang lebih 'lunak' tersebut kemudian diselaraskan dengan tingkat keamanan di saat tabrakan tak lagi bisa dihindari.

Ini Penjelasan Mengapa Mobil Bisa 'Kalah' dari Motor!

Jikalau bumper dengan bahan keras menabrak medan yang keras pula, kemungkinan tak akan ada 'peredam' sehingga shock damage diterima lebih kencang bagi pengemudi. Sementara dengan adanya Crumple Zone, kerusakan dan goncangan yang dialami penghuni kabin diasumsikan lebih ringan. Pun hukumnya berlaku jika kondisi kecelakaan menimpa pihak lain. Maka damage yang diterima 'korban' dari mobil yang sudah bersetting memiliki Crumple Zone diharapkan bisa lebih ringan daripada yang masih klasik.

So, itulah mengapa kawan, banyak sekali kasus kecelakaan yang terjadi malah membuat kesannya 'motor jauh lebih kuat dari mobil'.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.