Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

AnakRegular | Rotasi bumi merupakan satu dari sekian banyaknya keajaiban dan misteri dunia yang masih belum kita ketahui asal usul dan penyebabnya. Kita bisa bilang rotasi bumi merupakan sebuah sistem yang terjadi secara alamiah yang mungkin saja sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pernah kita sadar. Ketika bumi berotasi hidup manusia pun aman dan nyaman, kita bisa menikmati suasana siang dan malam dalam satu hari.

Sebuah penelitian menyatakan jika aktivitas rotasi yang dilakukan bumi terhadap matahari memungkinkan bumi berputar hingga sekitar 965 kilometer per jam. Apakah kita merasakannya? Tentu tidak! Lantaran gravitasi kita tidak merasakan betapa cepat bumi ini berputar. Karena rotasi adalah sebuah sistem tak diketahui, maka pertanyaannya apakah bisa suatu ketika Bumi berhenti berputar? Bisa iya namun bisa juga tidak. Namun ketika ini benar terjadi maka bersiaplah dengan segala kemungkinan terburuknya.

Berikut anakregular informasikan beberapa bencara atau kejadian menyeramkan jika seandainya bumi berhenti berputar. Dikutip dari berbagai sumber silahkan disimak kawan..

Kekacauan Navigasi Pesawat

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Seperti yang kita tahu jika pesawat membutuhkan satelit untuk berkomunikasi dengan operator di sebuah bandara. Karena itu satelit selalu ikut berputas diatas bumi guna menyesuaikan dengan waktu yang sedang terjadi di bumi. Perlambatan rotasi bumi atau bahkan jika bumi berhenti berputas akan menyebabkan satelit keliru dalam memposisikan pesawat, dan pesawat pun akan mendarat di tempat yang tidak seharusnya.

Dengan kata lain, akan terjadi banyak kecelakaan pesawat terbang. Penerbangan hanya digunakan untuk yang penting-penting saja. Penumpang dipaksa mencari alternatif transportasi. Akibatnya, kereta api, kapal laut, dan bus penuh sesak.

Sehari Akan Berlangsung Selama 365 Hari

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Masalah lain saat bumi berhenti berputas adalah siang dan malam tidak akan sama lagi. Saat Bumi berputar pada porosnya, Matahari kembali ke posisi yang sama setiap 24 jam. Tetapi jika Bumi berhenti berputar, maka akan butuh waktu 365 hari bagi Matahari untuk 'bergerak di langit' dan kembali ke posisi yang sama. Tidak hanya itu, arah gerak matahari dilangit tidak lagi dari timur ke barat, tetapi dari barat ke timur. 

Setengah dari Bumi akan terpanggang sinarnya selama setengah tahun, disaat belahan bumi yang lain berada dalam kegelapan. Bumi akan sangat panas di sisi terangnya dan sangat dingin di sisi gelap. Peristiwa semacam ini jelas akan menghancurkan tumbuhan dan hewan. Dan di kutub-kutub bumi, hanya akan mengalami malam selama seminggu penuh dan kemudian siang juga selama seminggu penuh, demikian seterusnya.

Bumi Akan Berbentuk Bola yang Nyaris Sempurna

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Sekilas mungkin akan ini adalah hal yang kecil dibandingkan dengan bencana lain, tetapi bumi akan menjadi bola hampir sempurna. Bumi saat ini berputar pada porosnya, menyelesaikan satu putaran kira-kira setiap 24 jam. Kecepatan rotasi ini menyebabkan bumi menonjol keluar di sekitar khatulistiwa, mengubah bentuk planet kita menjadi oblate spheroid (bola gepeng). 

Jika bumi tidak berotasi, gravitasi akan mampu membentuk Bumi menjadi bola yang hampir sempurna. Hal ini kesannya baik dan tidak berbahaya, Tapi sebenarnya ini menimbulkan masalah besar. Karena tonjolan bumi di tengah, lautan mengulur di khatulistiwa sejauh 8 km. 

Jika bumi berubah bentuk menjadi bola, lautan di dunia akan ter redistribusikan, membanjiri banyak wilayah di planet ini dengan volume besar air. Kita akan berakhir dengan sebuah benua tunggal di sekitar pertengahan planet ini, dengan lautan mengelilingi kutub utara dan kutub selatan.

Terganggunya Kehidupan Flora & Fauna

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Hewan yang bermigrasi akan kebingungan dengan hari yang terus bertambah panjang dan akhirnya mati kepanasan atau kedinginan. Tanaman juga tersiksa dengan terik matahari yang lebih panjang dari pada biasanya dan juga oleh dinginnya malam yang panjang.

Bumi Takkan Terlindungi dari Radiasi-Radiasi yang Berbahaya bagi Kehidupan

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Jika Bumi berhenti berputar, tidak akan ada lagi medan magnet bumi, karena rotasi bumilah yang memutar inti logam cair bumi dan menghasilkan medan magnet. Akibatnya, tidak akan ada lagi Aurora dan sabuk radiasi Van Allen yang melindungi kita dari sinar kosmik dan partikel berenergi tinggi lainnya, akan lenyap. Hal seperti ini akan menghancurkan Kehidupan di planet Bumi secara signifikan.

Manusia Akan Punah

Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Mungkin kita bisa selamat dari momentum Bumi berputar yang akan mampu menerbangkan obyek hingga kecepatan 965 kilometer tadi. Namun kita tak mungkin bertahan hidup 6 bulan panas dan 6 bulan dingin. Bahkan Tsunami massal pasti sudah membuat kita tewas berbarengan.

Radiasi kosmik yang akan kita terima gara-gara medan magnet Bumi mati lantaran tak berotasi, juga akan membunuh kita dengan mudah. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga mengalami nasib yang sama. Pada akhirnya, bisa disimpulkan jika kematian total lah yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar.

Paling Hot Om Tante, Jangan Lupa di Baca :

loading...

0 Response to "Inilah Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..