Kartini Masa Kini Yang Berjasa Menduniakan Kuliner Indonesia

AnakRegular | Zaman kian berkembang, namun semangat Kartini tak boleh padam. Yah meskipun teknologi jauh terus berkembang peran wanita tidak boleh tertinggal. Kartini telah membuktikan jika wanita bisa melakukan segalanya. Semangat Kartini akan mampu mendorong semangat seluruh wanita khususnya wanita Indonesia untuk bisa terus berkarya dibidang masing-masing salah satunya industri kuliner. 

Seperti yang kita ketahui, kuliner untuk saat ini telah menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Banyak terobosan baru yang dikembangkan muda mudi Indonesia dalam mengolah makanan yang awalnya terbilang biasa kini menjadi luar biasa. Namun untuk yang satu ini adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Berkat kartini-kartini masa kini inilah beberapa kuliner Asli Indonesia bisa dikenal dunia.

Berkat perjuangan serta dedikasi tingga akan pancasila di dada, para kartini ini telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia. Berkat tangan dingin mereka, berkat kerja keras mereka kini beberapa kuliner tradisional semisal Tempe dan Es Teler bisa tembus ke pasar kuliner dunia. Berikut anakregular informasikan lima kartini masa kini yang berjasa menduniakan kuliner Indonesia sampai mencanegara. Silahkan disimak..

Azkaina AK

Kartini Masa Kini Yang Menduniakan Kuliner Indonesia

Tempe sejatinya merupakan khas unik dan hanya bisa di dapatkan di Indonesia, makanan murah meriah ini memang sangat terkenal di kalangan masyarakat mulai dari golongan bawah hingga golongan atas. Namun siapa sangka, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata sudah sangat terkenal sampai belahan dunia. Adalah Azkaina AK seorang warga negara Indonesia yang kini berdomisili di Prancis, telah berhasil membuat tempe makanan tradisional Indonesia menembus pasar kuliner internasional.

Berawal dari kunjungan sahabatnya yang membawakan buah tangan berupa tempe hasil olahan sediri beserta raginya dari Paris, ia pun belajar bagaimana membuat tempe dengan menyesuaikan iklim di Eropa. Tempe buatan tangannya pun berhasil menarik perhatian beberapa teman dekatnya sehingga dia diminta untuk membuatkan tempe segar. Dia menyampaikan, dalam pembuatannya maka dibutuhkan biji kedelai, cuka dan peralatan dapur seadanya, seperti panci besar saringan, plastik pembungkus dan lain-lain termasuk ragi tempe.

Azkania merasa bangga karena apa yang dilakukannya dapat membuat tempe semakin dikenal baik oleh orang-orang di Prancis. Hebatnya, mereka yang sudah pernah mengonsumsi tempe segar buatannya langsung menyukai cita rasa dari tempe dan memicu untuk mencarinya apabila persediaan di rumah mereka habis.

Theresia Deka Putri

Kartini Masa Kini Yang Menduniakan Kuliner Indonesia

Berawal dari pengecer produk makanan minuman dari warung, Theresia Deka Putri kini sukses mengembangkan produk kopi sendiri. Bahkan, produknya, Kopi Luwak Lanang telah tersebar hingga ke luar negeri. Omzet miliaran rupiah pun mampu direnggut dara 25 tahun ini dalam setahun. Pengalaman sebagai tenaga pemasar produk makanan dan minuman, menjadi bekal Theresia Deka Putri membangun usaha sendiri. Setelah menjadi pengecer produk milik orang lain, dara berusia 25 tahun ini merintis bisnis kopi sendiri. 

Lewat CV Karya Semesta, Putri, panggilan akrabnya, memproduksi tiga merek kopi, yakni Kopi Luwak Lanang, Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam. Tak terbatas di Jawa Timur, pemasaran produk kopi itu telah meluas hingga ke beberapa negara, seperti Taiwan, Korea, China, Jepang, Thailand, Malaysia hingga Polandia.

Putri memang bukan orang baru di dunia bisnis. Sedari sekolah, ia telah mengasah kemampuan bisnisnya dengan berjualan sepatu, pakaian, dan produk fashion lain. Sesuai dengan usianya, kala itu, konsumen Putri hanya teman-teman sekolah dan tetangga di sekitar tempat tinggalnya.

Sekitar tahun 2002, Putri mulai merambah produk makanan dan minuman, seperti kopi dan teh. Ia mendapat kepercayaan dari produsen untuk memegang satu tim di wilayah Jawa Timur. “Saya ikut berkeliling dari warung ke warung untuk menawarkan beragam produk minuman itu,” kenang perempuan yang besar di Gresik ini.

Kegigihan dan keuletan pun membawanya terus maju. Putri benar-benar menguasai jaringan warung-warung kopi yang berada di kota dan kabupaten lain di Jawa Timur. “Dari kegiatan itu, saya semakin mengerti dengan soal aktifitas pasar dan peluang-peluang di dalamnya. Banyaknya kompetitor di bisnis minuman, menandakan semakin besar peluang pasarnya,” terang Putri. 

Tak hanya tinggal diam memasarkan produk orang lain, Putri mulai berpikir untuk membuat produk sendiri. Relasi yang kuat dengan para pemilik warung kopi menjadi modal pertamanya untuk terjun ke bisnis kopi. “Dari pemilik warung, saya memahami selera kopi yang digemari konsumen. Itu pelajaran yang sangat berharga,” jelasnya.

Bermodal keuntungan yang dikumpulkan, ia membuat usaha pengolahan kopi yang sederhana pada 2008. Ia hanya menyangrai biji-biji kopi itu dalam penggorengan terakota. Penggilingan biji kopi dilakukan di tempat-tempat yang memang menawarkan jasa tersebut.

Murniati Widjaya

Kartini Masa Kini Yang Menduniakan Kuliner Indonesia

Ibu Murniati merupakan kartini masa kini yang sukses menduniakan kuliner Indonesia melalui warung sederhananya, Es Teller 77. Warung yang didirikan pada tahun 1987 ini menyajikan makanan asli Indonesia. Setelah merasa sukses dengan hasil dari satu warung, ibu Murniati mencoba membuka peluang usaha ini menjadi waralaba. Keputusan ini ternyata membuahkan hasil karena warung itu mulai tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Setelah merasa puas di negeri sendiri, warung Es Teller 77 mencoba mengenalkan bisnis kuliner asli Indonesia ini ke beberapa negara tetangga. Makanan Indonesia yang memiliki rasa khas, ternyata mampu menarik minat warga negara lain sehingga kini Es Teller 77 kini sudah berdiri di New Delhi, Melbourne Australia, Malaysia, dan Singapura.

Rinrin Marinka

Kartini Masa Kini Yang Menduniakan Kuliner Indonesia

Maria Irene Susanto atau yang dikenal dengan nama Rinrin Marinka atau Chef Marinka merupakan selebriti chef yang cukup ternama. Wanita kelahiran Jakarta, 22 Maret 1980 ini merupakan salah satu lulusan Le Cordon Bleu, Sydney Australia dengan keahlian khusus di bidang French Cuisine & Patisserie.

Chef yang namanya melambung setelah menjadi juri di acara MasterChef Indonesia itu kerap membintangi berbagai iklan produk masakan, hingga jadi brand ambassador. Kini Chef Marinka menduniakan kuliner Indonesia dengan menjadi host dan chef dalam program Wonderful Indonesia Flavors di jaringan Asian Food Channel yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mempromosikan kelezatan kuliner Nusantara.

Farah Quinn

Kartini Masa Kini Yang Menduniakan Kuliner Indonesia

Siapa tak kenal chef cantik nan seksi Farah Quinn? Wanita kelahiran di Bandung, 8 April 1980 ini sukses membuat kuliner Indonesia mendunia. Farah memulai karirnya dengan membuka restoran bintang 4, Camus di Pheonix, Arizona pada 2013.

Tak hanya itu saja, Farah juga tampil sebagai bintang iklan, brand ambassador, hingga menjadi duta in flight meal di maskapai penerbangan Air Asia untuk menyuguhkan kuliner Indonesia. Bahkan baru-baru ini, Farah punya kesibukan baru, yakni menyajikan makanan khas Indonesia untuk penerbangan Internasional maskapai Belanda, KLM Royal Dutch Airlines.

Nah, itulah sekiranya lima kartini masa kini yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui kuliner ke Mancanegara. Semoga bisa menjadi inspirasi dan juga semangat untuk terus berjuang bagi kita semua.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.