Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Seperti yang kita tahu, dalam sejarah perkembangan umat manusia dimasa lalu peperangan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan perubahan dan menguasai suatu daerah atau negara. Peperangan yang awalnya dilakukan dengan menggunakan kuda sebagai kendaraan dan panah sebagai senjata seiring berjalannya waktu terus mengalami peningkatan. Setelah era industri dimulai dan penemuan teknologi mesin telah di kembangkan, beragam alat tempur pun mulai diciptakan.

Dimasa lalu, dengan menggunakan beragam alat dan senjata tempur super canggih cahaya kemenangan di mendan pertempuran pun semakin menjadi kenyataan. Artinya semakin canggih alat dan senjata tempur yang digunakan kemenangan akan semakin mudah didapatkan. Untuk itu dimasa lalu dua negara maju dan penguasa dunia saling berlomba dalam pengembangan beragam jenis senjata dan kendaraan tempur paling canggih.

Meski memakan biaya yang sangat membengkak proyek pengembangan senjata paling canggih pun terus dilakukan. Semua itu dilakukan agar pertahan serta militer bisa dipersenjatai dengan alat dan senjata paling modern dan canggih. Akan tetapi tak semua proyek canggih berjalan dengan apa yang diharapkan. Beberapa senjata dan kendaraan tempur dibuat malah dikategorikan sebagai lebay atau berlebihan.

Memakan biaya yang sangat besar saat pembuatannya, kendaraan dan senjata militer ini malah menjadi sampah yang tidak bisa dimanfaatkan. Bukannya memberikan kesan takut, beberapa kendaraan ini malah menjadi penghambat saat berada di medan pertempuran. Berikut anakregular informasikan lima kendaraan tempur paling lebay dan tidak guna di medan perang sepanjang sejarah dunia :

Jet Tempur Generasi Ke 5

Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Senjata militer paling lebay pertama dan tidak guna saat digunakan pada perang adalah sebuah jet tempur generasi ke lima yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Dikatakan lebay, karena pesawat tempur ini telah memakan biaya yang cukup besar saat pembuatannya. Bayangkan saja untuk membuat dua buah pesawat tempur generasi ke lima dengan no seri F-22 dan F-35 telah menghabiskan biaya sekitar 470 miliar Dollar Amerika.

Terlebih dalam produksi massalnya pembuatan jenis pesawat ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Saking lamanya, mereka sudah usang dalam beberapa kasus. Bukannya bermanfaat pesawat tempur ini solah menjadi produk gagal yang menghabiskan banyak dana. Beberapa dari sensor elektro-optik yang dibenamkan di hidung F-35 sudah 10 tahun dipasang, namun pesawat ini belum juga beroperasi.

Selain itu juga dibutuhkan biaya lebih dari satu triliun dolar untuk menjaga pesawat ini dalam pelayanan. Dengan kata lain biaya pemeliharaan pesawat siluman juga teramat mahal. Pesawat tersebut juga harus dimodifikasi untuk menjaga mereka tetap relevan dengan keadaan. Tapi musuh tidak tinggal diam. Rusia dan China sudah bekerja pada pertahanan udara jaringan baru digabungkan dengan radar baru yang beroperasi di UHF dan VHF yang mengancam untuk menetralisir investasi besar-besaran Amerika di jet tempur generasi kelima.

Norden Bombsight

Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Norden bombsight adalah inovasi Perang Dunia II lain dengan reputasi yang jauh dari apa yang diharapkan. Militer AS menghabiskan anggaran 1,5 miliar dolar AS. Jumlah yang luar biasa di tahun 1940 hanya untuk mengembangkan bombsight tersebut. Untuk perbandingan seluruh seluruh Manhattan Project yang menghasilan bom atom hanya menghabiskan sekitar 3 miliar dolar.

Sayangnya, bombsight benar-benar payah. Bahkan, kurang dari 50 persen dari bom yang dijatuhkan menghancurkan seperempat mil dari target. Angkatan Laut, misalnya, mengakui masalah awal dan beralih ke menyelam pengeboman segera. Inggris-juga mengakui kesia-siaan presisi bom-bom untuk seluruh kota di Jerman. Presisi serangan udara benar-benar tidak layak sampai munculnya bom dipandu laser menjelang akhir Perang Vietnam. Sekarang, tentu saja, ada bom dipandu GPS, yang membuat serangan jauh lebih mudah-setidak-tidaknya untuk pilotnya. Untuk target tentu ini sangat merepotkan.

Ilyushin Il-2 Sturmovik

Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Ilyushin Il-2 Sturmovik adalah pesawat serangan darat mencapai status hampir mitologis dalam militer Soviet selama Perang Dunia II. Soviet membangun lebih dari 36.000 pesawat tempur yang diberi sebutan Great Patriotic War di Rusia. Il-2 meningkatkan moral pasukan darat Tentara Merah, tetapi efektifitasnya justru benar-benar dipertanyakan. Bisa dikatakan pesawat ini sangat lebay, namanya yang elit namun kemampuannya sangat dipertanyakan.

Aircrew Soviet yang terbang dengan Sturmovik menderita kerugian besar ketika melawan Luftwaffe selama Front Timur. Pesawat ini ternyata tidak memiliki kemampuan manuver tinggi. Dia juga tidak membawa bom besar terutama bila dibandingkan dengan P-47 Thunderbolt dan Hawker Typhoon milik negara Barat. Parahnya lagi, pesawat ini juga tidak akurat dalam menjatuhkan senjata. Jadi, meskipun memperoleh reputasi mistis dan menakutkan Il-2 justru banyak mengalami kekalahan.

Tank Tiger I

Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Nazi Jerman Panzerkampfwagen VI Tiger Ausf.E yang biasanya disebut Tige, adalah salah satu tank paling lebay yang paling ditakuti di arsenal Wehrmacht dan Waffen-SS. Tank ini berukuran raksasa dengan baju besi frontal tebal yang hampir tak tertembus oleh senjata anti-tank pada masanya. Dia juga memiliki meriam besar 88mm. Ditempatkan di batalyon tank independen, Tiger menjadi reputasi menakutkan.

Namun, Tiger sudah usang pada saat itu diterjunkan pada 1942 karena tidak memiliki fitur seperti baju besi miring. Tank ini juga mengalami over-engineered dan mahal. Boros bahan bakar dan sering rusak. Nazi akhirnya hanya berhasil membangun 1.347 Tiger. Sebagai perbandingan, Soviet membangun lebih dari 60.000 tank T-34 Panther

Tank Panther lebih kecil, lebih cepat, dan lebih bermanuver, sedangkan senjata yang 75mm yang memiliki jauh lebih tinggi moncong velocity- memiliki kinerja penetrasi baja lebih baik dari meriam 88mm Tiger. Panther juga lebih terlindungi dari depan dengan armor miring 80mm, yang menawarkan kinerja yang unggul dibandingkan dengan Tiger 100mm dari pelat baja datar. Lebih penting lagi, Panther separuh lebih murah dibanding Tiger dan bisa diproduksi lebih cepat.

The Battleship

Kendaraan Tempur Paling lebay di Dunia

Battleship atau kapal perang dengan ukuran besar muncul pertama kali dengan nama HMS Dreadnought ketika memasuki layanan dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada tahun 1906. Pada saat itu desainnya sangat revolusioner. Tidak seperti kapal perang generasi sebelumnya, Dreadnought dipersenjatai dengan persenjataan yang semuanya besar yakni sepuluh meriam 12 inch. Ketika kapal ini datang, kapal perang lain langsung menjadi usang.

Namun kapal perang generasi jumbo ini sangat mahal dan fungsinya lebih banyak digunakan untuk masa damai sehingga hanya untuk menunjukkan kekuatan nasional. Akhrinya umurnya habis untuk berlayar saja. Ketika perang, kapal besar ini juga jarang sekali berada di garis depan pertempuran karena sifat lamban mereka pun sebagian besar hanya jadi pertunjukan.

Satu-satunya dreadnoughts terlibat dalam duel di Jutland selama Perang Dunia I. Tetapi di pertempuran ini pun Angkatan Laut justru takut kapal raksasa dan mahal tersebut rusak. Selanjutnya, selama Perang Dunia II, banyak kapal perang hancur karena serangan udara. Menjelang akhir perang, dengan kekuatan udara menjadi dominan, kapal besar menjadi target empuk serangan udara.

Kapal perang terbesar ini pun memunculkan perdebatan. Kapal raksasa dinilai terlalu lebay dan justru menjadi penghambat perang dan terlalu memakan biaya besar yang seharusnya bisa digunakan untuk sektor lain. Jerman setelah kapal raksasa meraka Bismarck dan Tirpitz dihancurkan dari udara oleh pembom Lancaster Inggris akhirnya memilik kembali ke model fjord Norwegia. Sementara itu kapal besar seberat 72.000 ton Yamato dan yang lebih kecil Musashi keduanya milik Jepang juga tenggalam oleh kekuatan udara yang berbasis kapal induk.

Nah, itulah kawan sekiranya lima kendaraan tempur paling lebay dan kurang manfaat di dunia. Dengan segala kecanggihan dan juga biaya besar yang telah dikeluarkan ternyata tidak memberikan kesan dan manfaat sama sekali.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.