Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

AnakRegular | Gempa bumi merupakan salah satu kejadian alam dan juga termasuk salah satu bencana alam paling mematikan di dunia. Saat gempa bumi terjadi bisa jadi ratusan nyawa melayang dan ribuan bangunan hancur dalam hitungan menit saja. Bencana yang terjadi secara alami ini memang sangat di takutkan apalagi jika dibarengi dengan terjadinya tsunami tentu akan sangat menakutkan. Gempa bumi ibarat kiamat kecil yang mengingatkan kepada kita akan kehancuran di dunia dimasa yang akan datang.

Berbicara tentang gempa bumi, di dunia ini terdapat beberapa negara yang menjadi langganan atau sering dilanda gempa. Negara yang tidak beruntung ini selalu di hantui bencana gempa mulai dari gempa yang berskala kecil hingga gempa besar ini terletak di atas lempengan-lempengan bumi yang aktif bergeak. Di tambah lagi dengan banyaknya gunung api yang masih aktif membuat goncangan kecil atau gempa kerap terjadi.

Selama setahun, beberapa negara di dunia banyak sekali mengalami gempa meski kekuatannya tak selalu besar. Bahkan ada yang dalam setahun bisa mengalami hingga lebih dari 1.000 gempa. Inilah lima negara besar di dunia yang menjadi langganan gempa selama ini. Mari kita simak mulai dari Indonesia di Asia Tenggara hingga Chili di Amerika Selatan.

Gempa Bumi di Jepang

Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang sering mengalami bencana alam gempa bumi setiap tahunnya. Mulai dari gempa bumi kecil hingga gempa bumi yang telah menyebabkan banyak kerusakan. Menurut statistik dalam satu tahun Jepang mengalami lebih dari 1500 gempa bahkan pernah sampai menempati angka 3000 kali gempa dalam setahun. Angka tersebut tentu sangat lah besar.

Mengapa gempa sangat sering terjadi di Jepang, karena negara ini berada di dalam kawasan cincin api yang sangat berbahaya di dunia. Selain itu produksi JAV yang merajalala menjadikan penyebab Tuhan memberikan karma kepada mereka, Jepang berada di dalam lempeng pasifik yang aktif bergeser. Akibatnya, gempa dengan kekuatan sangat tinggi kerap terjadi di negeri maria ozama matahari terbit ini.

Gempa terbaru yang terjadi di negara yang terkenal akan otakunya ini adalah gempa yang terjadi Pada tanggal 14 April 2016 lalu. Gempa dengan kekuatan mencapai 6,2 SR di Kumamoto, Jepang. Akibat gempa ini 9 orang meninggal dunia dan banyak bangunan rusak. Sebelum gempa besar ini terjadi, Jepang pernah mengalami gempa besar beberapa kali, bahkan ada yang sampai menyebabkan tsunami yang sangat besar di tahun 2011 (gempa Tohoku) dan 1923 (gempa besar Kanto).

Gempa Dahsyat di Indonesia

Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

Satu kesamaan antara Indonesia dan Jepang adalah merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu negara pertiwi uni juga memiliki deretan jalur gunung api yang masih aktif di mulai dari Sumatra hingga kawasan Nusa Tenggara. Selain itu, Indonesia juga memiliki lempengan bumi yang cukup aktif dan selalu bergerak di pesisir pantai barat Sumatra dan pesisir pantai selatan. 

Akibat pergerakan lempeng ini, gempa besar kerap mengguncang Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya menyebabkan tsunami yang cukup parah. Gempa di Aceh pada 26 Desember 2004. Gempa ini menyebabkan tsunami dan menyebabkan 200.000 orang meninggal dunia. Selain gempa itu masih ada rentetan gempa lain seperti Gempa Nias (2005) dan Gempa Yogyakarta (2006).

Gempa Bumi di Filipina

Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

Satu lagi kesamaan antara Filifina dan Indonesia Jepang adalah sama sama negara kepulauan, entah mengapa di negara kepualauan banyak gunung apinya yang masih aktif. Takdir kah. Sama seperti dua negara diatas negara Filipina juga di lalu oleh lempeng tektonik yang cukup aktif bergerak. Selain itu, Filipina juga memiliki banyak jalur gunung api yang sangat aktif dan kerap menimbulkan banyak goncangan. Dua kalaborasi ini membuat negara yang berada di utara Indonesia ini sering mengalami gempa bumi yang cukup dahsyat. 

Pada tahun 2013 lalu sebuah gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang wilayah Bohol di Filipina. Akibat hal ini, ratusan orang meninggal dan kerusakan infrastruktur sangat parah. Selanjutnya ada gempa dengan kekuatan 7,9 SR di tahun 1976 yang menyebabkan kematian hingga 8.000 orang. Rata-rata gempa yang ada di Filipina memiliki kekuatan 6-8 SR dan hampir bisa dirasakan setiap tahun.

Gempa Bumi di China

Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

China atau yang dikenal dengan negara Tiongkok adalah salah satu negara terbesar dan terluas di dunia. Negara ini juga merupakan tempat hidupnya 1 miliar manusia di dunia. Mengapa China masuk dalam jajaran negara yang sering dilanda Gempa karena negara ini berada di persinggahan beberapa lempeng minor dunia yang cukup aktif bergerak. Akibatnya, gempa menjadi hal biasa meski tidak menyebabkan terjadinya tsunami seperti yang terjadi di Jepang dan Indonesia.

Gempa di Tiongkok rata-rata memiliki kekuatan 6-8 SR. Meski demikian, jumlah korban jiwa selalu banyak. Sebagai contohnya gempa di Sichuan, Tiongkok tahun 2008 silam. Gempa dengan kekuatan 7,9 SR ini membuat 69.000 orang meninggal dunia. Sebelumnya di tahun 1927 sebuah gempa di Gulang juga membuat 41.000 orang meninggal dengan mengerikan.

Gempa Bumi di Chili

Lima Negara Yang Sering Dilanda Gempa

Terakhir negara yang sering dilanda Gempa paling mematikan di dunia adalah CHili di Amerika Selatan. Negara yang berbatasan langsug dengan lautan luas ini memang kerap mengalami gempa yang cukup besar dan mematikan. Penyebab utama mengapa Chili sering dilanda gempa karena letaknya yang berada di lempeng Nazca yang terus bergerak sepanjang tahunnya. Meski lempeng tersebut termasuk lempeng minor, namun kekuatan yang dikeluarkan cukup besar dan kerap melululantahkan negara yang menjadi jauara di copa amerika beberapa waktu lalu ini.

Gempa terakhir yang dialami oleh Chili terjadi di tahun 2015. Dengan kekuatan mencapai 8,3 SR. Gempa selanjutnya terjadi di tahun 2010 dengan kekuatan mencapai 8.8 SR dan menyebabkan tsunami yang cukup besar. Rata-rata gempa di tempat ini memiliki kekuatan di atas 8 SR dan selalu menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

Nah, itulah kawan sekiranya lima negara di dunia yang sering dilanda bencana gempa bumi. Tidak ada yang tahu dan tidak ada cara yang pasti bagi kita untuk mencegah gempa bumi. Yang pasti bencana pasti akan terjadi dan kita hanya bisa melakukan yang terbaik saja.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.