Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus selalu dipenuhi oleh setiap manusia. Pakaian sudah dikenal manusia sejak zaman purbakala, dan selalu berkembang sesuai dengan zamannya. Setiap negara atau bahkan setiap daerah pastinya memiliki pakaian khas atau pakaian tradisional yang selalu digunakan pada acara-acara tertentu. Terlebih melalui pakaian tradisional lah bangsa suatu negara dimasa lalu bisa mengenal bangsa lainnya.

Memang seiring perkembangan zaman banyak pakaian tradisional yang tersisihkan, namun untuk mengatasi itu semua dan membuat pakaian tradisional menjadi lebih dikenal lagi saat ini banyak para desainer yang merubah sekaligus memodifikasi pakaian tradisional yang lebih modern dan kekinian. Al hasil pakaian tradisional pun menjadi digemari lagi oleh banyak orang.

Terlebih pakaian tradisional yang di khususkan bagi seorang wanita. Seperti diketahui bersama jika dikatakan wanita adalah sumber kecantikan dunia, oleh karena itu paras dan segala macam yang digunakan wanita seolah tidak pernah bosan untuk dibahas. Salah satunya melalui baju tradisional ini. Ketika baju tradisional dipugar dan dibuat menjadi lebih kekinian wanita yang memakainya seakan menjadi lebih cantik dan lebih sempurna di mata semua orang. 


Pakaian Tradisional Sari India 

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Mungkin bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat dunia mengenai sari. Memang baju ini sangat melekat dengan identitas wanita India. Baju tradisional ini seolah menunjukkan jati diri nasionalisme warga India. Sari tidak hanya dipakai wanita India yang bermukim di negara India saja, warga India ataupun keturunan India yang tinggal di negara lain juga seolah tidak pernah lepas dari sarinya. 

Baju tradisional ini tidak hanya dipakai di upacara adat, ibadah atau acara resmi saja karena sari telah mampu beradaptasi dengan modernitas sehingga tidak akan membuat siapapu yang memakainya ketinggalan zaman. Bahkan beberapa desainer pernah merancang busana karena terinspirasi dengan keanggunan baju tradisional dari India yakni sari.

Pakaian Tradisional Ao Dai Vietnam

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Ao Dai adalah busana tradisional untuk kaum wanita Vietnam yang dijahit dari kain sutera yang halus dan berwarna-warni. Barang kali belum ada naskah manapun yang menentukan Ao Dai resmi menjadi busana nasional untuk kaum wanita Vietnam, tapi, dalam kenyataannya, kaum wanita Vietnam selalu memakai busana Ao Dai pada semua kesempatan pesta, ketika ikut serta dalam protokol-protokol yang penting dan dalam semua pertemuan, kontak dan lain-lain. Busana Ao Dai dan keindahannya selama ini selalu menjadi kebanggaan kaum wanita Vietnam. 

Melihat dari gaya busananya seperti mengadaptasi Qipao yang identik dengan Cina. Akan tetapi saat ini, ao dai mengalami penyesuaian zaman dari segi modelnya. Baju tradisional yang berbahan kain sutera ini dibuat menjadi lebih ketat dibandingkan dulu dan memakainya dikombinasikan dengan celana pantalon khas Vietnam juga. Dengan karakteristik wajah yang dimiliki wanita Vietnam tentu saja menambah keanggunan ketika memakai ao dai ini. Bahkan di Vietnam juga terselenggara kontes Miss Ao Dai dengan tujuan lebih memasyarakatkan lagi baju tradisional di negerinya sendiri.

Pakaian Tradisional Kaftan Persia Atau Maroko

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Tahukah anda bahwa baju yang beberapa tahun kebelakang ini sedang populer di Indonesia yakni kaftan merupakan baju tradisional yang berasal dari negara Maroko. Ya benar, kaftan memang hasil baju tradisional yang ternyata zaman dahulu tidak hanya dipakai oleh wanita saja namun juga pria. Bahkan ketika kekuatan Ottoman masih berjaya di Turki, kaftan menjadi baju yang paling mahal dan hanya digunakan oleh kalangan bangsawan saja.

Kaftan dulu seringkali dibuat dari bahan sutera nomor satu dengan sulaman yang indah, namun saat ini kaftan bisa dibuat dengan lebih sederhana tanpa meninggalkan kesan anggunnya. Kaftan saat ini memang tidak hanya sebatas identitas baju tradisional warga Maroko saja akan tetapi berkembang di wilayah negara lainnya seperti Afrika, Rusia dan lain sebagainya.

Sehingga kaftan “tidak hanya” dianggap sebagai baju muslim saja namun sudah berubah fungsi menjadi baju tradisional dan hebatnya saat ini kaftan sudah menjadi tren mode baik untuk kalangan menengah hingga kelas atas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya selebriti yang sering memakai kaftan di acara-acara bergengsi.

Pakaian Tradisional Kebaya - Indonesia

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Indonesia memang memiliki banyak ragam budaya dan juga tradisi di setiap daerahnya, mungkin kita mengenal baju batik sebagai baju tradisional yang diakui dunia. Namun untuk urusan kecantikan wanita kebaya merupakan pakaian yang sering digunakan oleh wanita baik untuk acara resmi atau pesta pernikahan.

Kebaya bisa dikatakan sebagai salah satu baju tradisional yang hingga saat ini bertahan di tengah tren busana mancanegara. Kebaya hadir mulai zaman kerajaan Majapahit dan dikenakan tidak hanya untuk kalangan bangsawan namun juga rakyat jelata. Jika baju-baju tradisional dari negara lain lebih banyak berupa gaun lain halnya dengan kebaya yang berupa baju atasan saja. 

Kebaya biasanya dipakai dengan bawahan kain sarung, batik atau kain songket. Tidak kalah dengan baju tradisional dari negara lainnya juga, kebaya pun dimodifikasi lebih modern dari awal pertama kemunculannya. Kebaya juga memiliki filosofi tersendiri bagi siapapun yang menggunakannya. Selain memancarkan keanggunan dan kesantunan khas wanita Indonesia, kebaya juga mampu mencerminkan pribadi si pemakainya. Kebaya biasanya sering digunakan di acara pernikahan atau upacara adat kedaerahan.

Pakaian Tradisional Yukata/Kimono - Jepang

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Baju Yukata merupakan salah baju tradisional unik dari Jepang dan masih bertahan hingga sekarang. Orang jepang terutama wanita sangat bangga dan juga sangat cantik sekali ketika menggunakan baju yukata ini. Yukata bisa dikatakan sebagai baju tradisional nonformal Jepang yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Secara harfiah istilah Yukata berarti: baju sesudah mandi. Dipakai untuk kesempatan santai di musim panas (natsu). 

Yukata dibuat dari bahan katun yang mudah dilewati angin, agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam dengan air panas di Jepang. Ada juga baju Kimono yang memiliki bentuk sama seperti Yukata namun sangat beda dalam hal pemakaiannya. Yukata biasa digunakan untuk acara yang bersifat santai, sedangkan Kimono digunakan wanita Jepang untuk acara yang bersifat sangat resmi.

Perbedaan lain dari pakaian Yukata dan Kimono dua baju tradisional yang unik sama namun beda makna adalah dalam hal waktu pemakaian.  Yukata lebih sering digunakan saat musim panas sementara kimono dapat dipakai sepanjang musim. Perbedaan lain dari dua baju kembar tapi beda ini adalah dari pemakaian kaus kakinya.  Saat menggunakan Yukata, kita tidak harus memakai kaus kaki untuk tambahannya, sementara kimono wajib menggunakan kaukaki tambahan.

Pakaian Tradisional Hanbok - Korea Selatan

Pakaian Tradisional Wanita Negara Asia Paling Unik di Dunia

Pakaian tradisional Korea Selatan terkenal dengan sebutan Hanbok (한복) dan di Korea Utara menyebutnya Chonso-ot (저선 옷). Kata “Han” berarti sebutan bagi Warga Korea dan “bok” berarti pakaian. Gaya pakaian tradisional ini sebenarnya mengacu pada zaman dinasti Joseon. Pakaian ini biasa dipakai oleh masyarakat Korea pada acara-acara formal, semi formal, pengunaan sehari-hari, upacara atau bahkan festival-festival tradisional.  

Hanbok untuk upacara dipakai dalam peristiwa formal seperti ulang tahun anak pertama (doljanchi), pernikahan, atau upacara kematian. Saat ini, hanbok sudah tidak digunakan dalam kegiatan sehari-hari namun masih digunakan pada saat-saat tertentu. Hanbok tidak hanya digunakan oleh wanita atau pria dewasa saja, tetapi anak-anak pun dapat menggunakannya.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.