Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Berbicara tentang sejarah mungkin tidak akan ada habisnya. Banyak sekali sejarah sedari dulu yang terus kita ceritakan terus kita dapatkan ketika belajar dibangku sekolah. Namun tak sedikit sejarah yang tak terlalu penting tetapi memiliki alur cerita yang sangat panjang yang tidak di ceritakan dalam buku pelajaran. Yah sejarah ada untuk di kenang, dan sejarah dibuat untuk membuat sebuah perbedaan.

Mungkin di bangku sekolah kita selalu di jejali dengan sejarah masa kejayaan Indonesia mulai dari kerajaan nusantara dimasa lampau hingga masa penjajahan yang dilakukan bangsa Eropa dan pada akhirnya sejarah kemerdekaan yang membuat Indonesia diakui sebagai negara yang berdaulat. Tak salah memang, namun di dunia ini ternyata begitu banyak sekali sejarah yang patut kita ketahui.

Sejarah perkembangan suatu peradaban hingga sejarah dimana peradaban itu terus berkembang. Untuk meninggalkan suatu sejarah ada beberapa peninggalan yang sampai saat ini masih ada dan menjadi saksi bisu jika sejarah dimasa malu benar-benar menjadi suatu yang harus diceritakan. Seperti lima tembok raksasa berikut ini.

Dengan gaya arsitektur yang belum seindah sekarang ini namun banyak cerita kelam cerita mengerikan dimana sejarah menceritakan jika di balik pembangunan Tembok tersebut ada banyak ceceran darah yang tak berdosa di dalamnya. Berikut anakregular informasikan lima tembok super megah dengan sejarah kelam didalamnya.

Tembok Ratapan

Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Tembok pertama yang menyuguhkan beragam keunikan dan juga menjadi salah satu dari bukti sejarah dunia dalah tembok barat atau yang lebih dikenal sebagai Tembok Ratapan. Tembok besar ini merupakan salah satu situs religius terpenting bagi bangsa Yahudi di seluruh dunia.

Dalam perkembangannya situ ini sempat menjadi sengketa antara Palestina dan Israel. Sebab dulunya Tembok Ratapan berada di lokasi yang menjadi daerah kekuasaan kaum muslim di Palestina. Namun Tembok Ratapan dan daerah di sekelilingnya kini jatuh ke tangan Israel. Sering terjadi insiden berdarah yang melibatkan tembok tersebut. Salah satunya adalah ketika seorang pria ditembak mati oleh tentara Israel karena diduga menjalankan ritual Islam di dekat Tembok Ratapan.

Tembok Berlin

Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Tembok yang satu ini merupakan tembok yang penuh akan cerita penuh akan sejarah dan menjadi saksi bisu bagi perkembangan Jerman di masa lalu. Tembok Berlin merupakan tembok pemisah antara Jerman Timur dan Jerman Barat di masa lalu tepatnya pada tahun 1961. Tembok Berlin didirikan oleh pemerintah Jerman Timur yang beraliran fasis untuk mencegah bangsa lain memasuki wilayah tersebut.

Namun dalam kenyataannya Tembok yang menjulang tinggi dengan kawat-kawat ini di buat untuk mencegah warga dari Jerman Timur menyebrang ke Jerman Barat. Lebih dari 100 orang menemui ajal saat mencoba melarikan diri melalui tembok tersebut. Ribuan lainnya berhasil hijrah dengan menggali terowongan atau menaiki balon udara buatan sendiri. 

Dilansir History, tembok tersebut berdiri selama lebih dari 28 tahun sebelum dirobohkan pada 9 November 1989. Runtuhnya Tembok Berlin sekaligus sebagai penanda bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur. Meskipun tak lagi berdiri, puing dan pecahan tembok ini kerap diperjualbelikan sebagai benda koleksi karena nilai sejarahnya yang tinggi.

Tembok Konstantinopel

Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Konstantinopel (sekarang Istanbul) dulunya merupakan kota pelabuhan penting Byzantium. Kota ini kerap menjadi incaran bangsa lain. Karena itu penguasa Konstantinopel membangun tembok kokoh di sekeliling kota. Dilansir History, yang paling tersohor saat itu adalah Tembook Theodosian, dilengkapi parit, dinding luar setinggi 27 kaki dan dinding dalam seukuran 40 kaki. 

Dinding Konstantinopel berhasil mengusir sejumlah penakluk, antara lain Attila sang Hun. Namun pada akhirnya bangsa Turki berhasil menguasai Konstantinopel dan meruntuhkan Kekaisaran Byzantium.

Tembok Hadrian

Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Tembok Hadrian merupakan saksi bisu masa kejayaan bangsa Romawi. Tembok yang membentang dari Laut Irlandia sampai Laut Utara ini merupakan bukti kekuasaan Romawi selama 6 abad di Inggris. Dilansir History, tembok ini dibangun oleh bangsa Romawi atas perintah Kaisar Hadrianus pada tahun 122 M. Tujuannya untuk melindungi koloni yang berada di wilayah Inggris dari bangsa barbar. 

Tembok ini sempat ditelantarkan pada tahun 140 M. Fungsinya digantikan oleh Tembok Antoine. Namun Tembok Hadrian tetap bertahan sebagai salah satu benteng terkuat Inggris sampai Romawi menarik diri dari daerah tersebut pada abad 5. Tembok Hadrian telah terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Saat ini tembok tersebut termasuk salah satu situs bersejarah paling banyak dikunjungi di Inggris.

Tembok Besar China

Tembok Raksasa Paling Bersejarah di Dunia

Sama seperti Tembok Hadrian, awalnya situs kebanggaan Republik Rakyat Tiongkok ini merupakan benteng yang sengaja dibangun untuk mencegah invasi bangsa nomaden dari utara. Tembok tersebut didirikan atas perintah Kaisar Qin Shi Huang pada abad 3. 

Dilansir History, tembok legendaris ini tersusun dari kumpulan batu, kayu, dan barikade tanah sejauh ribuan mil, membentang dari Gurun Gobi hingga ke perbatasan Korea Utara. Tembok Besar China memang sempat menjadi struktur terbesar yang pernah dibuat oleh manusia hingga masuk ke jajaran 7 Keajaiban Dunia. 

Namun tembok ini terbukti gagal mempertahankan kejayaan Dinasti Ming. Bangsa Mongol dan Manchu berhasil membobol pertahanan Tembok Besar dan menduduki ibukota Beijing.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.