Delapan Ular Terbesar di Dunia

AnakRegerular - inilah delapan ular terbesar di dunia | Ular merupakan salah satu hewan yang paling ditakuti oleh manusia. Hewan yang tergolong dalam spesies reftil dan melata ini hampir tersebar di seluruh dunia. Ada banyak jenis ular yang telah ditemukan oleh manusia, habitat asli hewan yang satu ini adalah semak semak atau hutan belantara.

Walau termasuk hewan melata, nyatanya beberapa jenis ular ternyata bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat luar biasa. Bahkan tak sedikit bisa tumbuh dan memiliki panjang hingga puluhan meter dengan bobot ratusan kg. Ular dengan tubuh raksasa ini biasa hidup jauh dari keramaian dan lebih memilih tempat sepi seperti di dalam hutan lebat yang belum terjamah oleh kehidupan manusia.

Namun tidak jarang juga, ada ular dengan tubuh yang tak biasa yang pernah menampakkan dirinya pada manusia. Biasanya ular tersebut keluar disaat sedang lapar dan di tempat biasa mereka tinggal tidak ada hewan yang bisa dimangsa. Beberapa kemunculan ular raksasa ini sempat menghebohkan warga karena kaget dan takut juga dengan ukuran tubuh yang tak biasa dari ular tersebut. 

Dengan besarnya ukuran yang dimiliki, tentu saja dapat membuat ngeri siapapun yang melihatnya. Beberapa dari ular tersebut pernah tertangkap dan sempat diabadikan dengan gambar atau foto.

Kebanyakan dari kasus penangkapan ular terbesar di dunia ini dilakukan secara tidak sengaja. Kebetulan saja ular-ular tersebut melintas sangat dekat dengan manusia. Untuk menangkapnya tentu saja bukanlah perkara mudah. Jangankan menangkap, melihat ular itu saja dari kejauhan sudah cukup membuat tubuh merinding. 

Kasus terbaru penangkapan ular terbesar di dunia tersebut terjadi di Filipina, bulan Oktober lalu (1/10/15). Seekor ular Anaconda berukuran besar berhasil ditangkap dan sempat di videokan oleh warga yang di upload ke YouTube. Di Indonesia sendiri tepatnya Pulau Kalimantan terdapat juga ular terbesar yang pernah tertangkap. Selain ini, ada banyak kasus penangkapan ular lainnya.

Menurut mitos, ular adalah salah satu jenis hewan yang hidup di zaman purba. Di internet sebenarnya sudah banyak sekali foto-foto ular terbesar di dunia yang berhasil diabadikan dalam foto. Hewan melata jenis ini juga dikenal sebagai salah satu predator yang ganas. 

Nah untuk menemani waktu malam Anda berikut Anakregular informasikan tentang deretan ular-ular raksasa terbesar di dunia yang pernah di temukan oleh manusia. Silahkan disimak kawan..

Ular Terbesar Anaconda Raksasa Sungai Abuna

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Sesuai namanya ular terbesar pertama ini hidup dan tumbuh besari di Sungai Abuna, Brazil. Menurut beberapa laporan, ular raksasa ini memiliki panjang sekitar 45 kaki atau jika di konversi dalam ukuran panjang tubuh biasa bisa mencapai 13 meter. Panjang sekali bukan. Terlebih ular yang satu ini terkenal sangat agresif. Ular dengan tubuh yang besar ini tak akan segan-segan menyerang apa saja yang dianggap menjadi pengganggu di daerah kekuasaannya.

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Bahkan saking ganasnya, ular yang satu ini bisa menyerang kapal yang melintas di daerah tempat tinggalnya.

Ular Raksasa Terbesar Titanoboa di Colombia

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Banyak orang yang salah mengira bahwa ular terbesar di dunia adalah anaconda. Namun jika menelaah ke waktu yang lebih lama, atau kiranya ke jaman dahulu ada sebuah spesies ular raksasa yang bahkan besar tubuhnya bisa lebih besar dari ular Anaconda di Brazil. Ular tersebut adalah Ular Titanoboa (Boa Titan) yang pernah hidup dan tumbuh besar di negara Colombia.

Ular purba yang satu ini merupakan reftil raksasa yang hidup sekitar 50-60 juta tahun yang lalu atau sama dengan zaman dinosaurus. Ular Titanoboa memiliki panjang sekitar 14 meter dengan berat tubuh lebih dari 1000 kilogram. 

Diameternya saja dapat sebesar 2 kali pinggul orang dewasa. Habitat alaminya diperkirakan berada di sekitar Kolombia bagian utara, tempat fosilnya pertama kali di temukan oleh Tim Ilmuwan Internasional pada tahun 2009 lalu di daerah Cerrejon, Kolombia.

Ular Python Guihua di Sumatera

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Ular dengan tubuh raksasa juga ditemukan di Indonesia, tepatnya Ular Python Guihua yang tumbuh dan tinggal di Sumatera. Ular besar ini memiliki panjang kurang lebih 14 meter dan berat hampir mencapai 447 kg. Ular ini sangatlah agresif, bahkan menurut warga yang pernah melihat langsung ular ini mengatakan ular ini sama ganas nya dengan ular Anaconda di negara Brazil.

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Ular Python Guihua mampu menelan mangsanya secara bulat bulat bahkan ular ini dapat menelan langsung seorang manusia dalam hitungan detik saja. Jadi buat yang tinggal di Sumatra atau yang lainnya yang ingin bertamasya di sana, harap jangan coba dekat-dekat dengan ular yang satu ini ya..

Inkayamba (Ular Raksasa Terbesar dari Afrika)

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Kita tahu benua yang satu ini memang dikenal sebagai surganya hewan di dunia. Savana yang luas serta hutan yang lebat memang menjadi surga yang pas bagi Anda yang ingin melihat beragam hewan liar di dunia. Salah satu hewan besar dan terkenal sangat ganas di benua Afrika adalah Ular Ikayamba. Ular yang satu ini mendapati predikat sebagai ular raksasa dari Afrika. Hewan reftil ini memiliki panjang 15 meter.

Ular Boa Terbesar Dari China

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Ular boa adalah ular dengan tubuh raksasa yang pernah di temukan di China, ular ini hidup dan tumbuh besar di Jiangxi China. Ular besar ini tidak sengaja ditemukan oleh para pekerja tambang yang sedang membangun jalan baru di sekitar hutan. Kehadiran pekerja, serta suara bising dari alat berat sepertinya mengusik ketenagan ular raksasa tersebut.

Dengan tubuh raksasa, ular tersebut tiba-tiba saja menampakkan dirinya mengejutkan para pekerja. Salah seorang pekerja sempat mengabadikan momen kehadiran ular Boa tersebut lewat sebuah foto. Berikut ini penampakannya: 

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Ular yang panjangnya 16 meter ini sempat menimbulkan di kalangan warga sekitar karena kemunculannya. Hal ini tentu saja sangat wajar, mengingat ukuran raksasa yang dimiliki ular ini.

Ular Raksasa Nabau di Kalimantan Indonesia

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Tak hanya di Sumatera saja yang ditemukan ular dengan tubuh raksasa. Di pulau tetangga dan merupakan pulau terbesar di Indonesia lainnya Kalimantan juga ditemukan ular dengan tubuh tak biasa yang dinamai Ular Nabua. Meski belum benar-benar diukur dengan pasti ukuran ular ini, namun konon ular ini panjangnya mencapai 30 meter. Ular yang berhabitat di Sungai Baleh, Kalimantan.

Ular Yacumama di Belantara Amazon Amerika Selatan

Delapan Ular Raksasa Terbesar di Dunia

Amazon memang dikenal sebagai lembah dan juga sungai terbesar dan terderas di dunia. Lembah yang satu ini telah menjadi surga bagi banyak ekosistem di dunia. Banyak hewan dan tumbuhan yang tumbuh di lembah yang kaya akan air ini. Salah satunya adalah ular raksasa bernama Yacumama. Ular raksasa ini berhabitat di Sungai Amazon di wilayah Peru.

Sama seperti ular Nabau yang masih menjadi perdebatan di Kalimantan, keberadaan ular Yacumama masih menjadi misteri. Banyak orang yang pernah melihat namun belum bisa memperkirakan panjang dan berat dari ular yang satu ini.

Namun, warga setempat meyakini adanya ular ini dan menyatakan bahwa ular ini panjangnya mencapai 40 meter dengan diameter tubuh 2 meter. Saking gedhenya ular ini, mereka juga bercerita bahwa jika ular ini bergerak, maka air sungai akan berguncang hebat! Well, this is the power of 40 meters long snake! Kalau ukurannya makin gedhe gini, maka harus tetap hati-hati ya.

Nah, kawan itulah sekiranya delapan jenis ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia. Dunia memang menyimpang banyak misteri. Semoga bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan yang lebih luas tentang fenomena alam yang beragam ini.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.