Cara Mengatasi Kemacetan Paling Ekstrim di Dunia

AnakRegular | Inilah empat negara di dunia yang menggunakan cara ekstrim untuk mengatasi kemacetan parah di jalanan

Macet merupakan fenomena luar biasa di jalan raya yang sering kali membuat orang-orang naik darah. Macet merupakan sumber dari segala penyakit termasuk stres yang cukup besar bagi orang-orang yang tinggal di kota metropolitan. Hampir tidak ada cara untuk mengurangi kemacetan malahan kemacetan di kota-kota besar di dunia malah semakin menjadi jadi.

Kendaraan pribadi dan juga perilaku angkutan umum yang tak taat aturan menjadi sumber kemacetan dijalanan. Banyaknya orang-orang yang memiliki kendaraan pribadi dan dengan mudahnya berkendara di jalan raya selalu menyebabkan kemacetan yang sangat panjang. di Indonesia sendiri angka kemacetan sudah sangat memprihatinkan. Ribuan hingga jutaan orang setiap harinya selalu terjebak di tengah kemacetan jalan raya.

Beragam upaya telah dilakukan, namun kemacetan semakin menjadi jadi. Kurangnya kesadaran  dari pengguna jalan, dan tidak adanya aturan tegas terhadap penggunaan kendaraan membuat kemacetan di beberapa negara semakin parah. Namun tidak untuk negara dibawah ini, guna mengurai kemacetan negara dibawah ini telah menerapkan kebijakan yang bisa dibilang sangat ekstrim untuk mengurai kemacetan.

Tengok saja Singapura yang mengenakan pajak gila kepada kendaraan pribadi dan Dubai yang melarang manusia mengemudikan kendaraan. Berikut anakregular informasikan empat kebijakan untuk mengatasi kemacetan paling ekstrim di dunia :

Cara Mengatasi Kemacetan Paling Ekstrim di Dunia

China Ijinkan Mobil Berdasarkan Plat Nomor

AnakRegular | China merupakan negara besar dengan populasi manusia terbanyak di dunia. Salah satu kota besarnya sekaligus sebagai ibu kota negara Beijing adalah kota terpadat di dunia tak heran jika aktivitas manusia di kota ini sangatlah membludak apalagi tingkat kemacetan di Beijing sudah sangat memprihatinkan.

Beragam cara sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan yang terjadi. Namun apa daya kemacetan malah menjadi-jadi. Adapun salah satu cara mengurai kemacetan paling eksrim yang dilakukan oleh pemerintah China adalah adanya pelarangan mobil dengan plat nomer dua ngka akhir yang berbeda.

Menurut laporan situs China Daily, kebijakan ini dinilai mampu menurunkan volume kemacetan setiap harinya. Kemacetan di Beijing menjadi sumber kerugian tersendiri. Sebanyak 7,972 yuan terbuang percuma dari tiap orang karena macet. Transportasi adalah solusi terbaik, kereta cepat dan jalur bawah tanah adalah pilihan yang terus coba dipenuhi kapasitasnya.

Macet di Singapura Hilang Karena Pajak Mobil Pribadi Sangat Gila

AnakRegular | Mungkin kebijakan yang dilakukan oleh Singapura bisa di tiru oleh Indonesia. Yah Singapura merupakan negara sangat maju di dunia, negara kecil yang berada di antara Malaysia dan Indonesia ini dikenal sangat tegas dalam membuat sebuah aturan. Salah satunya adalah aturan pajak kendaraan, di negara singa kecil ini pajak kendaraan pribadi sangatlah mahal, bahkan untuk mendapatkan izin membeli mobil pun sangat sulit dilakukan.

Padahal jika menilik dari kesejahteraannya Singapura tergolong sangat mampu untuk membeli beberapa mobil. Namun satu yang pasti pajak yang harus dibayar bisa melebihi pendapatan dari pemiliknya, karena itu rakyat Singapura lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk segala aktivitas setiap harinya. Tak heran jika di Singapura jarang sekali di temukan kemacetan yang menjadi jadi.

Yang ada sekarang, malah Singapura terlihat sangat sepi dan kota terlihat sangat bersih tanpa ada pemandangan macet di jalanan. Adapun Pajak yang dimaksud, adalah biaya sertifikat (setara BPKB) dan pajak tahunan, yang jauh lebih mahal dari harga jual mobil. Contohnya mobil impor Jepang yang bila dirupiahkan setara Rp 150 juta. Total pajak yang harus dibayarkan adalah empat kali lipat dari harga beli mobil tersebut, mengerikan bukan!

Meksiko Larang 5,5 Juta Mobil Beroperasi Guna Mengurai Macet

AnakRegular | Meksiko merupakan negara besar di Amerika Tengah, negara ini juga termasuk negara dengan angka kemacetan paling parah di dunia. Beragam upaya sudah dilakukan oleh pemerintahnya, namun tidak ada hasil yang sesuai dengan rencana. Adapun salah satu penyelesaian yang sudah dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemacetan adalah menerapkan langkah pembatasan penggunaan mobil pribadi yang rencananya akan berlaku hingga Juni 2016 nanti. 

Alhasil ada sekitar 5,5 juta kendaraan khususnya mobil dari berbagai ukuran yang akhirnya  tidak dapat beroperasi. Ternyata cara ini tidak hanya karena alasan kepadatan mobil di jalan raya saja, melainkan akibat tingkat polusi yang telah melewati ambang batas kewajaran. Lebih 20 juta orang terkena dampak buruknya sepanjang Maret-April lalu.

Lantaran dianggap efektif, kebijakan ekstrem ini dianggap tingkat emisi di ibu kota Meksiko turun cukup drastis. Menurut Dinas Lingkungan Megapolitan, asap knalpot, di samping zat kimia, minyak, industri farmasi, semen, dan perusahaan listrik dapat mengurangi emisi sebanyak 40 persen.

Dubai Larang Supir Manusia Untuk Mengurangi Kemacetan

AnakRegular | Nah kalau yang satu ini mungkin adalah yang paling ekstrim dan juga paling manjur jika diberlakukan mulai sekarang. Yah Dubai merupakan negara paling tajir di dunia, apapun bisa dilakukan oleh Dubai, mulai membuat robot membuat pulau dan bahkan membeli sebuah negara pun bisa dilakukan oleh negara yang terkenal dengan minyak ini.

Meski begitu, negara maju ini tak bisa lepas dari fenomena macet dijalanan. Untuk mengurai kemacetan rencananya pemerintah akan memberlakukan sebuah aturan baru dimana pada tahun 2020 nanti manusia khususnya masyarakat Dubai dilarang untuk mengemudikan mobil, gantinya mereka digantikan oleh robot yang tentunya akan taat kepada sistem yang telah dibuat.

Pemerintah Dubai akan mencoba alternatif solusi kemacetan dengan mobil tanpa pengemudi. Mengembangkan teknologi, mobil tersebut dapat memuat hingga 10 orang. Tidak sebatas kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti bus atau taksi akan dibuat serupa tanpa pengemudi. Bekerjasama dengan Google, peluncuran masih dipersiapkan hingga siap di tahun 2030, jadi bersiaplah tunggu kejutannya.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.