Kelebihan Negara China Yang Harus di Tiru Indonesia

AnakRegular | Inilah Lima Kemampuan dan Kelebihan Dari negara China yang sudah seharusnya ditiru dan dilakukan juga Oleh Indonesia.

Pepatah pendidikan selalu mengatakan "tutntutlah ilmu sampai ke negeri China". Tak salah memang dengan ungkapan tersebut, walau negara China dikenal dengan perilaku kontroversinya namun segala ilmu ternyata ada di China. Mulai dari pengobatan hingga sejarah pedagangan Dunia China berada di dalamnya.

Berawal dari bangsa yang tidak tahu apa-apa, bahkan dalam sejarahnya China merupakan negara jajahan dari Jepang. Namun kini negara yang menganut paham republik sosialis ini telah menjelma menjadi negara maju yang ditakuti dunia. Saat ini China berada di depan dalam berbagai kategori.

Para ahli pun memprediksi jika di masa depan nanti mereka bakal mampu mendominasi dunia. Nah, berkaca dari fakta ini, sepertinya sangat tidak masalah Jika kita sebagai bangsa Indonesia bisa belajar kepada China dalam beberapa hal. Bukan artian kita mengemis Ilmu ke bangsa China dan menjadikan China sebagai panutan, melainkan kita bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan China dalam membangun negaranya.


Kelebihan Negara China Yang Harus di Tiru Indonesia
Hukuman Tegas Bagi Koruptor Yang dilakukan Pemerintah China
Sifat Orang China Yang Super Giat

AnakRegular | Kelebihan dari China pertama yang harus selalu di tiru oleh rakyat Indonesia adalah sifat giatnya. Hampir semua dilakukan sampai sesuatu tujuan berhasil di capai. Seperti yang kita tahu masyrakat China memiliki tabiat yang benar-benar giat dan patut diacungi jempol. Orang Tiongkok punya prinsip yang kuat soal berjuang. Mereka juga tidak pernah setengah-setengah dalam segala hal urusan, apalagi menyangkut kehidupannya.

Masyarakat China sangatlah ambisius ketika ingin mencapai suatu tujuan. Entah itu karis, harta, atau hanya sekedar prestasi akademisi. Satu lagi, rakyat China juga sangat gila dan doyan menabung. Mereka akan selalu memaksa dirinya untuk menyisihkan penghasilan yang mereka dapatkan, tak peduli seberapa kecil hasil dari usaha yang telah mereka lakukan. 

Nah yang seperti ini lah yang patut kita tiru dan praktekkan juga di kehidupan sehari-hari.

Pembangunan Negara yang terus Menerus dan Tergolong sangat Gila

AnakRegular | Beralih ke pembangunan dan ekonomi negara, China merupakan negara maju yang tak pernah lepas dari namanya pembangunan. Yah bisa di lihat pembangunan insfrastruktur di negara Ini sangatlah Gila. Hal tersebut patut di tiru oleh Indonesia. Kita tahu hanya dalam hitungan belasan tahun saja negara yang dijuluki tirai bambu ini sudah menjadi negara maju tercepat di dunia. 

Percaya atau tidak, orang sana kalau membangun itu bisa sangat cepat. Pernah ada berita heboh soal ini. Jadi, ada sebuah kontraktor yang mampu membangun gedung berlantai 57 hanya dalam waktu 19 hari saja. Ini tentu saja gila mengingat normalnya pasti memakan waktu berbulan-bulan. Indonesia bangun apa-apa lambat. Padahal soal urgensi, kita mungkin lebih mendesak daripada orang-orang Tiongkok.

Industri Lokal Selalu Di Kedepankan

AnakRegular | Kelebihan lain yang patut di tiru oleh Indonesia adalah Industri lokal nya yang selalu dikedepankan. Industri di China tidak hanya fokus dilakukan di pabrik-pabrik saja. Melainkan ada juga Industri rumahan yang telah di dukung dan dibiayai penuh oleh pemerintahnya. 

Industri rumahan ini pun tidak hanya selalu membuat pernak-pernik kerajinan atau makanan, tapi juga benda-benda lain seperti barang elektronik pun kerap kali dibuat oleh industri rumahan. Walau tidak dijamin keamanannya, namun siapa sangka benda elektronik yang dibuat oleh industri rumahan, memiliki hasil yang tak kalah hebat dari buatan pabrik aslinya.

Hal ini bermanfaat ganda bagi perusahaan dan bagi masyarakat sendiri. Perusahaan bisa menekan angka produksi sangat rendah sehingga berdampak harga barang yang murah. Bagi masyarakat, mereka akan selalu bisa menghasilkan uang. Jadi, tak harus pergi keluar untuk mendapatkan uang, di rumah pun hal tersebut bisa dilakukan.

Kemampuan Menjipkan Yang Patut di Tiru Indonesia

AnakRegular | Menjiplak atau membuat duplikasi yang sama persis dengan barang terkenal tanpa seizin dari yang punya merupakan hal yang sangat dilarang. Namun bagi China aturan dan hukum internasional mungkin tidak berlaku bagi mereka, pasalnya kemampuan membuat barang KW dari nama terkenal seolah menjadi biasa dilakukan oleh mereka.

Nah kelebihan itulah yang sepatuhnya kita tiru, memang tidak harus sama dengan apa yang dilakukan oleh China, namun kita sebagai bangsa Indonesia bisa melakukan hal yang sama, tentu nya dengan cara yang baik-baik juga. 

Kemampuan meniru tersebut jugalah yang menunjukkan jika rakyat adalah fast learner atau pembelajar cepat. Bayangkan, bisa membuat sebuah benda dengan bentuk yang sama persis, tentulah mereka bisa belajar dengan sangat cepat hingga akhirnya membuat hal yang sama. Tak hanya itu, kemampuan meniru yang hebat ini jadi bukti mereka super kreatif.

Hukuman Tegas Bagi Mereka Yang Korupsi

AnakRegular | Nah inilah mungkin yang harus pasti dan wajib dilakukan juga oleh Indonesia, mengkuhum dengan tegas tanpa ampun bagi para Korupsi. Seperti yang kita tahu, di masa lalu sebelum China terkenal seperti sekarang ini, ekonomi China sangatlah buruk, apalagi banyak para pejabatnya yang terkenal sangat rakus akan uang rakyat. Namun setelah  Mao Zedong datang, ekonomi China mun mulai berubah, ia merupakan sosok pioner yang sangat membenci dan akan menghukum tegas para pejabat yang Korupsi.

Apa yang diprakarsai oleh Mao, hingga hari ini diteruskan. Buktinya adalah berita-berita soal banyaknya orang-orang Tiongkok yang digantung ketika terbukti melakukan aksi korupsi disebarkan secara terbuka tanpa harus di tutupi. Pemerintah mereka memang sangat serius dengan korupsi dan tak segan menggantung siapa pun termasuk sang presiden sendiri. Bandingkan kondisi ini dengan Indonesia. Korupsi masih jadi momok dan koruptor yang ditangkap justru diistimewakan.

Hal seperti itulah yang patut dilakukan juga oleh Pemerintah Indonesia. Tidak ada kata maaf tidak ada kata enak dan juga tidak ada kata keturunan yang bahagia bagi mereka yang terbukti melakukan korupsi terhadap uang negara. Jangan sampai para koruptor bisa hidup enak, dan masih bisa tersenyum tanpa dosa saat dinyatakan bersalah.

Nah itulah sekiranya lima kelebihan dari Negara China yang sepatutnya kita contoh dan lakukan juga di Indonesia. Memang China terkenal dengan segala bentuk kontroversialnya, namun dari kontroversi tersebut mereka bisa melakukan perubahan. Hal tersebut pun bisa dilakukan Indonesia!
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.