Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

AnakRegular | Inilah lima gereja paling angker dan berhantu di berbagai negara dunia

Gereja sejatinya merupakan salah satu tempat ibadah yang digunakan oleh umat kritiani seluruh dunia. Orang kristiani seluruh dunia selalu memanjatkan doa kepada Tuhannya di Gereja ini. Tak heran jika Gereja merupakan tempat yang begitu sakral. Sama seperti tempat ibadah lainnya tempat ini dianggap suci dan merupakan rumah Tuhan bagi setiap agama.

Namun apa jadinya jika sebuah tempat ibadah khususnya gereja menjelma menjadi tempat yang begitu menyeramkan? Bukan menjadi tempat ibadah umat kristiani, beberapa Gereja malah menjadi sarang para hantu yang bergentayangan. Tentu hal tersebut sangatlah aneh bukan. Seperti yang terjadi pada gereja-gereja dibawah ini, bukannya menjadi tempat ibadah gereja ini malah menjadi tempat yang sunyi dan sepi karena banyak orang yang enggan untuk berdoa dan dekat dengan Tuhannya di gereja tersebut.

Berikut anakregular informasikan lima gereja paling berhantu di dunia, silahkan disimak :

Gereja St. Andrew's Episcopal Paling Berhantu di Amerika

Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

AnakRegular | Gereja berhantu pertama datang dari sebuah gereja bernama St. Andrew's Episcopal. Gereja ini berada di Amerika Serikat tepatnya di NewYork. Gereja St. Andrew's Episcopal diyakini sebagai salah satu gereja paling angker karena banyak sosok hantu di dalam gereja tersebut. Masyarakat sekitar bahkan mengatakan sudah tidak heran jika ada suara tanpa ada orang dari dalam gereja terebut. Apalagi gereja tersebut bersebelahan secara langsung dengan pemakaman di belakangnya.

Anehnya, Gereja ini memang diyakini berhantu secara 'bercanda' oleh masyarakat sekitar, karena bentuk Gerejanya yang terlihat seram. Hal ini membuat pesta Halloween selalu diadakan di Gereja tersebut. Namun lama kelamaan, ternyata masyarakat sadar kalau keseraman tersebut adalah hal yang nyata. Masyarakat tak pernah melihat langsung sebuah penampakan, namun mereka selalu mendengar suara-suara tanpa sumber yang membuat mereka ketakutan.

Kisah-kisah nyata yang dituturkan oleh para pengunjung Gereja tersebut adalah terdengarnya suara langkah kaki, organ yang secara nyata bermain dengan sendirinya, serta lukisan yang tiba-tiba jatuh dari gantungan. Tidak heran, Gereja ini memang dikelilingi pemakaman, baik pemakaman umum dan pemakaman hewan peliharaan yang ada di belakang area gereja dengan gaya Gothic tersebut.

Gereja Chapel of the Cross Paling Angker di Missisipi

Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

AnakRegular | Seperti berbagai Gereja horror yang banyak digambarkan di film-film Hollywood, Chapel of the Cross terletak di dekat pemakaman. Hal ini membuat gambaran dari Gereja yang berarsitektur Gothic ini makin angker dan menakutkan. Namun, jauh dari kesan angker, sebenarnya Gereja ini dibangun oleh seorang pengusaha kaya raya dan berpengaruh di kota Madison, yakni keluarga Johnstone. Bahkan, Gereja ini didirikan di lahan pemukiman khusus keluarga mereka. Namun sebuah kisah nyata yang tragis membuat tempat yang seharusnya adalah tempat ibadah ini jadi angker.

Di tahun 1850 an, salah satu putri keluarga Johstone, Helen Johnstone, seharusnya menikahi seorang pemuda lokal yang dihormati di area mereka. Namun nahasnya, sang mempelai secara tragis terbunuh dalam peperangan yang ada di New Orleans, tepat sebelum pernikahan berlangsung. Mayat sang mempelai dibawa pulang ke Madison dan dikebumikan di pelataran Gereja. Sejak saat itu, Helen selalu dirundung duka dengan menghampiri makan calon suaminya itu setiap hari hingga ajal menjemputnya di 1916. Sejak saat itu, saksi mata bermunculan dengan membuat kesaksian bahwa dia melihat sosok hantu Helen di Gereja maupun pelatarannya.

Selain itu, beberapa pengunjung Gereja melaporkan bahwa selalu terdengar lonceng dan suara-suara dari dalam Gereja di pagi hari, tanpa ada satu pun orang di dalamnya. Dalam sebuah penelitian, dua orang mahasiswa dari Belhaven College sedang mengobservasi Gereja tersebut dan melihat sebuah wajah di jendela Gereja, sembari ada suara musik organ yang terdengar.

Yang paling nyata, seringkali terdapat noda darah yang selalu muncul di lantai Gereja meski sudah dibersihkan berkali-kali. Meski demikian, Gereja ini masih aktif hingga sekarang untuk ibadah dan pelayanan.

Gereja Church of St. Mary The Virgin Paling Seram di Inggris

Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

ANakRegular | Gereja St. Mary The Virgin, sebuah Gereja parish di desa Clophill, Bedfordshire ini, terkenal akan keangkerannya. Dipercaya sudah berumur lebih dari 400 tahun, Gereja ini ditinggalkan karena banyak hal. Mulai dari tidak mengarah ke Yerusalem seperti yang diajarkan Kristen Ortodoks, serta rumor bahwa Gereja tersebut dibangun di atas tanah koloni lepra.

Akhirnya, Gereja tersebut direnovasi di sekitar tahun 1840an. Gereja era Victoria ini hanya memiliki sedikit jemaat, dan jadi makin sedikit karena rumor mengerikan yang muncul. Di tahun 1963, Gereja ini menjadi headline di berbagai surat kabar, karena dilaporkan terdapat ritual pemujaan setan di Gereja tersebut, Secara spesifik juga disebutkan bahwa ritual tersebut menggunakan mayat dari enam wanita untuk ritual pemanggilan arwah, di mana setiap kerangka mereka diharuskan untuk disimpan di Gereja.

Setelah kejadian ini, investigasi paranormal selalu dilakukan di Gereja ini, dan berbagai kasus pemanggilan setan selalu dilaporkan terjadi. Sampai akhirnya, Gereja ini tak lagi digunakan.

Gereja St. Nicholas Church paling Berhantu di Inggris 

Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

AnakRegular | Dari penampakannya saja sudah tidak heran kalau Gereja ini nampak mengerikan. Belum lagi kota tempat di mana Gereja ini berdiri, Pluckley, punya reputasi sebagai desa berhantu yang terkenal seantero Inggris raya. Sebuah desa di Pluckley, Kent, adalah rumah bagi 'Watercress Woman,' hantu yang dipercaya bergentayangan di Pinnock Bridge. Menurut kepercayaan lokal, setidaknya ada 12 hantu terkenal yang mendiami Pluckley.

Gereja ini sendiri dipercaya sebagai rumah dari 'hantu cantik bernama Lady Derung dan Lady in Red, yang merupakan hantu yang dipercaya sedang mencari bayi mereka yang hilang di sekitar pelataran Gereja. Selain itu, sesosok hantu yang selalu bergentayangan di Gereja tersebut untuk mencari kekasihnya yang hilang juga sering menghantui warga sekitar.

Di dalam buku berjudul "The Secret Lives of Ghosts," Paul Gater yang banyak menulis buku tentang pengalamannya bersama hantu, menulis bahwa dia pernah melihat cahaya yang muncul dari jendela gereja, padahal tak ada siapapun di dalam.

Gereja St. Louis Cathedral paling megah namun sangat Angker di Amerika

Lima Gereja Berhantu Paling Seram di Dunia

AnakRegular | Tanpa perlu menilik tempat angkernya, New Orleans, yang merupakan sebuah kota di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat ini, sudah jadi rumah dari banyak mitos dan legenda seram. Kota yang dibangun oleh kolonialisme Perancis ini, memiliki sebuah Katedral yang yang di era 1850 an masih belum selesai dibangun. menurut kisah lokal, Gereja ini turut dibangun oleh sosok ghaib.

Warga lokal mengenal sosok hantu penghuni Katedral ini dengan nama Pere Dagobert, yang merupakan seorang Pastur di era abad ke 18 silam. Dagobert terkenal dengan keramahannya, terutama kemauannya untuk merawat orang miskin dan yang sakit parah. Di era 1760 an, para jemaat dari Katedral ini memutuskan untuk memberontak di pemerintah kolonial baru di kota tersebut, yakni bangsa Spanyol. Warga New Orleans saat itu yang kebanyakan adalah orang Perancis dan Kreol, sukses menekan kolonialisme Spanyol di sana, namun kekuasaan tetap dipegang oleh Spanyol.

Marah, gubernur New Orleans saat itu, yang merupakan seorang Irlandia-Spanyol, Alejandro O'reilly, memutuskan untuk mengeksekusi para pemberontak. Tak cuma dieksekusi, mayat-mayat pemberontak ini tak boleh dikubur, sang gubernur lalim hanya boleh membiarkan mayat pemberontak tersebut tergeletak hingga membusuk di Katedral. Dagobert lah yang memakamkannya di pemakanan St. Peter, dan menempatkan mayat-mayat yang dieksekusi tersebut di liang lahat tanpa nama.

Diyakini arwah Dagobert tetap menjaga Katedral megah tersebut hingga kini, dan tidak mengganggu siapapun yang mengunjungi Katedral tersebut. Selain itu, suksesor dari Dagobert yang bernama Pastur Pere Antoine juga diyakini menjadi penghuni Katedral tersebut.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.