Lima Iklan Paling Rasis Di Dunia Salah Satunya Rendahkan Indonesia

AnakRegular | Inilah lima iklan paling rasis di dunia yang dianggap salah karena merendahkan seseorang dan juga negara

Iklan merupakan sarana promosi paling efektif untuk memperkenalkan sesuatu produk atau perusahaan yang baru dibangun. Iklan bisa menjadi magnet yang sangat berpengaruh jika dikemas dengan cara yang hebat. Ada banyak jenis iklan yang bisa di buat mulai dari iklan video hingga iklan baliho yang biasa ditempatkan di tempat-tempat strategis. 

Iklan yang menarik tentu akan berbuah hasil yang sangat memuaskan. Namun bagi yang tak sabaran ada beberapa pengiklan yang justru memakai cara salah untuk bisa mengalahkan pesaing bisnisnya. Tak jarang beberapa pengiklan membuat iklan yang isinya menjatuhkan pesaing di pasaran. Selain saling menjatuhkan ada juga beberapa pengiklan entah di sengaja atau tidak, membuat sebuah iklan bernuanasa 'rasis'. Dalam artian ada kelompok tertentu yang dibuat rendah dalam iklan yang mereka buat.

Salah satunya adalah iklan dari Malaysia di tahun 2015 silam dimana ada sebuah iklan di Malaysia yang sangat merendahkan Indonesia. Iklan yang dibuat oleh sebuah perusahaan Malaysia bernama Robo Vac kala itu membuat promo alat bantu rumah tangga dengan menyinggung pekerja domestik Indonesia di Malaysia. Iklan yang bertuliskan "Pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk RoboVac" sontak membuat Indonesia geram pada Malaysia.

Selain iklan Rasis Malaysia kepada Indonesia, ternyata iklan berbau rasis ternyata sering terjadi, paling kental adalah menyinggung warna kulit, hitam dan putih. Berikut anakregular informasikan lima iklan paling rasis di dunia :

Baca juga : Iklan Sayembara jomblo mencari jodoh paling heboh di dunia

Iklan Rasis Yang Menghina Suatu Kaum dan Negara di Dunia


Iklan sabun cuci paling rasis di dunia

AnakRegular | Adalah media ternama di China Shanghaiist yang memberitakan tentang sebuah 'iklan rasis' yang mana di dalam iklan tersebut tampak seorang wanita cantik bertubuh seksi menggoda pria kulit hitam ketika akan mencuci baju di depan mesin cuci.

Apa yang terjadi, lewat ajakan bercumbu si pria pun tertarik dan mulai melakukan apa yang si wanita inginkan. Dalam iklan tersebut si wanita malah memberikan sebungkus kecil sabun cuci lalu memasukkan pria kulit hitam tersebut kedalam mesin cuci. Wanita tersebut kemudian menunggu beberapa saat sambil menduduki mesin cuci itu supaya pria kulit hitam tersebut tidak bisa keluar.

Sabun cuci merek Qiaobi yang dipakai wanita itu dikatakan mampu menghilangkan noda apa pun, termasuk membuat orang kulit hitam menjadi berkulit putih. Hasilnya, usai pria tersebut 'dicuci' sesosok pria putih muncul dari dalam mesin dan terlihat cerah mempesona. Sungguh rasis sekali bukan.

Berikut Video Rasisnya :


Iklan rasis maskapai penerbangan di Jepang

AnakRegular | Kesan rasis dan tidak pantai tayang pun tersemat pada sebuah iklan yang dikeluarkan oleh sebuah maskapai penerbangan Jepang bernama All Nippon Airways (ANA). Penerbangan tersebut dihujat habis habisan oleh netizen karena mengeluarkan iklan yang menyindir orang barat. Atas iklan rasis tersebut banyak telepon dari konsumen terutama espatriat meminta mereka menghentikan iklan tersebut.

Lima Iklan Paling Rasis Di Dunia Salah Satunya Rendahkan Indonesia

Iklan yang dibuat oleh penerbangan tersebut sebenarnya memperkenalkan rute baru mereka ke Kota Vancouver, Kanada, dan Ibu Kota Hanoi, Vietnam. Rekaman memperlihatkan dua orang lelaki berseragam pramugara ANA membahas betapa menariknya maskapai dengan dua rute barunya. Saat hendak berpelukan, salah satunya menolak dengan mengatakan itu tradisi orang Jepang. "Mari kita ganti citra orang-orang Jepang," ujar yang lain.

Keduanya segera berubah menjadi sepasang lelaki bule lengkap dengan rambut pirang dan hidung palsu sangat mancung. Ini memancing reaksi para pengguna maskapai di jejaring sosial. Puluhan diantaranya bahkan membatalkan untuk mendaftar kartu keanggotaan klub maskapai.

Juru bicara ANA mengatakan mereka sangat menyesal telah membuat banyak pihak tersinggung. "Kami juga mendapat kritik dari banyak pelanggan asing. Kami segera menggantinya," ujar juru bicara tidak menyebutkan namanya itu.

Iklan Rasis TKI Malaysia yang Lecehkan Indonesia

Lima Iklan Paling Rasis Di Dunia Salah Satunya Rendahkan Indonesia

AnakRegular | Hal rasis pun masih dialami oleh negara tercinta Indonesia, sebagai negara kaya dan juga luas wilayahnya ternyata membuat sebagian negara tetangga iri kepada Indonesia. Adalah Malaysia yang secara terang-terangan membuat malu dan melecehkan nama Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui sebuah iklan RoboVac yang bisa dikatakan sangat kontroversi.

Iklan 'rasis' tersebut pertama kali ditemukan oleh pengguna facebook bernama Okina Fitriani beberapa pekan lalu. Ia merupakan WNI yang bermukin di Malaysia. Okina mengaku melihat iklan tersebut dan mulai resah karena iklan yang ada dihadapannya tersebut sangat merendahkan Indonesia negara kelahirannya. 

Iklan tersebut dipajang di area Mal Encorp Strand, Petaling Jaya, Selangor. Karena temuan tersebut Okina pun langsung memberitahukan iklan tersebut kepada kenalannya di KBRI Malaysia. 

Dari temuan petugas, perusahaan ini tak berusaha keluar modal untuk beriklan di banyak tempat. Banner yang bikin heboh kemarin bertuliskan "Leading RoboVac Specialist, Fire Your Indonesian Maid NOW!". Bila diterjemahkan bebas menjadi "pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk RoboVac."

Iklan Rasis Kosmetik Kecantikan di Thailand

AnakRegular | Kecantikan merupakan salah satu ladang bisnis yang sangat menjanjikan, cantik siapa yang tidak mau. Pasti semuanya mau bukan, hal tersebutlah yang menjadi idaman dan juga andalan para produsen kecantikan yang secara terus menerus tanpa lelah mempromosikan kecantikannya tersebut. Namun dibalik persaingan yang tidak sehat beberapa produsen pun ada yang melakukan promosi kecantikan dengan cara yang sangat rasis.

Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu produsen alat kecantikan di Thailand. Iklan pil pencerah kulit merek Snowz yang mengusung slogan 'putih membuat Anda jadi pemenang' ini menuai protes di media sosial. Dalam video tampak Cris Horwang, aktris dan model kondang Thailand menjelaskan kenapa kesuksesan karirnya sangat bergantung pada kulit putih.

"Jika saya berhenti merawat tubuh dan kulit putih saya, kulit putih yang telah saya investasikan selama ini akan hilang," kata sang aktris.

Video kemudian menunjukkan Horwang tertutup makeup serba hitam dan memandang iri kepada seorang wanita dengan kulit putih di sebelahnya.

"Seorang pendatang baru akan menggantikan saya dan mengubah saya menjadi bintang gelap, "katanya lagi.

Iklan itu menyebabkan kemarahan publik di media sosial. Banyak yang beranggapan kalau iklan itu rasis dan mempromosikan konsepsi tentang kecantikan yang sempit. Dilansir Metro, perusahaan kecantikan Seoul Secret, produsen Snowz dituntut untuk meminta maaf dan menarik iklan kontroversial yang diunggah ke halaman Facebook tersebut.

Berikut Video Iklan nya :


Dianggap rasis, iklan Dunkin' Donuts tuai kecaman

AnakRegular | Masih dari Thailand sebuah iklan rasis dari dunkin donuts Thailand telah menuai kecaman dari berbagai pihak karena dianggap rasis. Koq bisa? Iklan donuts tersebut menampilkan seorang wanta berkulit hitam dan memakai lipstik warna pink menyala sambil membawa donat. 

Lima Iklan Paling Rasis Di Dunia Salah Satunya Rendahkan Indonesia

Donat itu adalah produk terbaru Dunkin' Donuts yang bernama Charcoal Donut atau donat arang. Yang menjadi permasalahan gambar wanita itu mengingatkan pada stereotip warga kulit hitam pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Human Right Watch terkejut melihat gambar tersebut dan menganggap jika Dunkin' Donuts rasis.

Baca juga : Iklan papan reklame paling kontroversi di dunia

"Dunkin Donuts harus segera menarik iklan ini, meminta maaf pada publik dan memastikan hal ini tidak terjadi lagi," kata Phil Robertson,wakil direktur Human Rights Watch Asia, seperti dikutip Nydailynews (30/8).

Iklan tersebut bisa memancing kemarahan jika ditayangkan di Amerika Serikat. Terlebih perusahaan Dunkin' Donuts berasal dari Amerika juga.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.