Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat di Negara Minoritas

AnakRegukar | Inilah Lima Muslim pertama Yang berhasil Menjadi Pejabat dan Pemimpin di Pemerintahan Negara Minoritas

Sudah menjadi hal yang umum sebuah negara akan selalu mengutamakan sosok mayoritas baik dari segi keturunan atau dari segi agama untuk menjadi orang yang bisa memimpin sebuah daerah. Hal tersebut dilakukan agar pemimpin yang lahir dari mayoritas bisa menjadi pemimpin yang bisa membawa sebuah perubahan dan bisa dengan mudah mendapatkan dukungan dari warga negaranya.

Untuk itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh golongan minoritas untuk ikut nimbrung dalam ranah pemerintahan. Apalagi bagi muslim yang tinggal dan tumbuh besar di negeri minoritas tentu kesempatan untuk ikut berjuang di bidang pemerintahan akan sangat sulit dilakukan. Jangankan pemerintahan untuk hidup nyaman di negeri minoritas pun sangat sulit dilakukan oleh para muslim dunia.

Apalagi adanya fenomena islamphobia yang saat ini sudah menjadi suatu ketakutan tersendiri bagi kaum non muslim terhadap muslim di dunia. Muslim dicap sebagai golongan yang telah menimbulkan banyak bencana dan penderitaan, padahal tidak semuanya benar dan belum tentu muslim yang melakukannya. Namun meski begitu tidak semua kaum mayoritas membenci minoritas.

Adalah lima sosok muslim berikut ini yang telah berhasil menjadi orang penting dan mendapatkan banyak dukungan dari kaum mayoritas untuk menjadi pemimpin di mana minoritas selalu di tindas. Berlatar belakang agama para muslim ini berhasil menjadi orang terpilih untuk menjabat sebagai pemimpin suatu daerah di negara yang notabenya adalah minoritas muslim. Siapa saja mereka berikut ulasan singkatnya :

Ahmed Abutaleb Jadi Walikota Muslim Pertama di Rotterdam Belanda

Muslim Pertama Yang Jadi Pemimpin di Negara Minoritas

AnakRegular | Sosok muslim pertama yang terpilih menjadi pemimpin di negara minoritas adalah Ahmed Abutaleb. Ia merupakan seorang imigram dari negara islam dan sudah menetap di negara kincir angin sejak 1976. Sebagai imigran tentu tak banyak yang bisa ia lakukan, untuk menyambung hidup di negara minoritas ia bekerja sebagai seorang wartawan, lau kemudia pindah profesi menjadi pegawai negeri sipil di Kota Rotterdam. Lantas pada tahun 2007 silam ia resmi menjadi anggota dari Partai Buruh di Belanda.

Sebagai seorang muslim yang taat, setahun kemudian setelah ia bergabung dengan Partai Buruh, Ahmed Abutaleb terpilih menjadi walikota di kota Rotterdam. Di pilih karena Belanda ingin punya sosok muslim yang bisa mengutamakan dan juga untuk meningkatkan tingkat ekonomi dan integrasi imigran. Ahmed Abutaleb juga merupakan sosok muslim pertama yang berhasil menjadi pemimpin di sebuah kota di Negeri Kincir Angin yang notabenya sangat tidak terbuka pada sosok minoritas.

Hadia Tajik Muslim Wanita Yang dipilih Menjadi Menteri Kebudayaan di Norwegia

Muslim Pertama Yang Jadi Pemimpin di Negara Minoritas

AnakRegular | Selanjutnya ada kisah dari sosok muslim wanita bernama Hadia Tajik. Di usia yang sudan 29 tahun ia dipilih oleh perdana menteri Norwegia Jens Stoltenberg untuk mengisi kursi kementerian kebudayaan di Norwegia. Sebuah kebanggan dan juga sebuah prestasi, karena Hadia Tajik merupakan sosok muslim wanita pertama dan yang termudah yang pernah masuk jajaran kabinet di Negara Norwegia yang notabenya adalah moniritas muslim.

Adapun keputusan Perdana Menteri Norwegia mengangkak sosok muslim naik ke jajaran pemerintahan tak lain karena ingin membuat Norwegia menjadi negara yang damai, serta bisa saling menghormati antar umat beragama di negara tersebut.

Keith Ellison Mualaf pertama Yang Jadi Anggota Kongres di AS

Muslim Pertama Yang Jadi Pemimpin di Negara Minoritas

AnakRegular | Menjadi seorang muslim di Amerika tentu sangatlah susah, apalagi untuk sekarang ini adanya fenomena islamphobia tentu membuat kehidupan muslim di Amerita semakin tak mengenakan saja. Meski begitu hidayah bisa datang ke siapa saja dan dimana saja, islam nyatanya telah memberikan secercah cahaya kepada sosok Keith Ellison yang dalam perjalanan politiknya masuk dalam sejarah demokrasi di Amerika Serikat. Keith Ellison merupakan sosok muslim pertama yang terpilih jadi anggota kongres AS mewakili negara bagian Minnoseta.

Keith Ellison sendiri bukanlah seorang muslim sejak lahir, ia menjadi seorang mualaf pada usia 19 tahun. Elisson pertama kalim muncul sebagai kandidat untuk jabatan publik di tahun 1998. Saat itu ia mencalonkan diri menjadi anggota dewan legislatif di negara bagian Minnesota yang merupakan tempat dimana ia tinggal.

Namun saat itu pula ia gagal terpilih, kemudia tanpa rasa trauma ia kembali maju menjadi anggota dewan legislatif Minnesota pada Pileg 2002 silam. Hasilnya pun bisa ditebak, ia berhasil terpilih menjadi legislator untuk distrik 58D minnesota. Dan keberhasilannya terus berlanjut dimana pada dua tahun berikutnya ia terpilih menjadi anggota legislatif di negara bagian Minnesota.

Rumana Ahmad Wanita Muslim Pertama Yang Jadi Penasihat Obama

Muslim Pertama Yang Jadi Pemimpin di Negara Minoritas

AnakRegular | Sangat sulit sekali bagi muslim untuk bisa ikut berpartisipasi dalam dunia politik sebuah negara minoritas apalagi negara sekelas Amerika. Tentu kesempatan itu tidak akan mudah di dapatkan, namun untuk sosok muslim yang satu ini adalah sebuah pengecualian. Adalah Rumana Ahmad wanita muslim berhijab ini berhasil menjadi wanita muslim pertama yang bisa menjadi salah satu penasihat Orang pertama di Amerika di bidang keamanan nasional.

Rumana Ahmad berhasil mendapatkan posisi wakit dari Ben Rhodes sebagai penasihat keamanan Nasional AS. Ia sendiri merupakan satu dari enam muslim perempuan yan berkeja di Gedung putih, namun jika melihat posisinya ia menjadi yang teratas dari kelima lainnya.

Rumana Ahmad merupakan warga amerika yang terlahir dari orang tua Bangladesh dan Amerika. Ia mengaku bekerja untuk pemerintahan sebenarnya bukan keinginan dirinya, namun semenjak Obama melakukan kampanye sebelum menjadi presiden keinginan bekerja di gedung pemerintahan pun mulai keluar dari hatinya, dan pada akhirnya ia pun berhasil menjadi salah satu penasihat penting bagi sosok presiden yang memiliki pengaruh sangat besar bagi dunia.

Sadiq Khan Muslim Pertama Yang Jadi Walikota London

Muslim Pertama Yang Jadi Pemimpin di Negara Minoritas

AnakRegular | London merupakan kota terbesar dengan sejarah paling panjang di dunia. Kota ini merupakan tempat dimana semua orang tertuju kepadanya. Sebagai ibu kota dari negara tertua di dunia, tentu London menjadi sangat diawasi keamanannya. Namun baru baru ini ada sosok muslim yang berhasil menjadi orang terpilih untuk mengemban posisi walikota di London.

Di kala islamphobia sedang menjadi jadi sosok Sadiq Khan malah berhasil terpilih jadi walikota london, ia berhasil meraup 57 persen dukungan dan mengalahkan saingan terdekatnya bernam Zac Goldsmith yang notabenya adalah warga Inggris asli yang sangat benci akan islam.

Sadiq Khan adalah seorang politus muslim keturunan dari imigran Pakistan. Dalam pidato kemenangannya ia berujar sangat berterima kasih kapada semua warga London yang telah memperinya kepercayaan untuk memimpin dan menjadi orang yang bisa membawa London ke arah yang lebih baik. Ia pun bersyukur sebesar-besarnya karena ia tak menyangka sosok yang tumbuh besar dari imigran kelas bawah ini bisa menjadi walikota di kota sekelas London. 

Dengan kemenangan ini pula, Sadiq Khan menjadi sosok muslim pertama di Eropa yang memiliki jabatan paling tinggi di ranah politik.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.