Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Inilah lima pasa apung paling unik, paling indah dan tentunya paling terkenal di Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bersyukur kepada yang maha kuasa, karena kita terlahir di negara yang begitu kaya akan semuanya. Mulai dari kekayaan alam, kekayaan laut Indonesia punya. Bahkan lebih hebatnya lagi Indonesia memiliki begitu banyak suku, budaya dan bahasa yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang bisa menjadi sesuatu pembeda adalah Sungai Besar yang ada di Indonesia. Walau negara Indonesia terpecah menjadi beberapa pulau, nyatanya Indonesia tetap memiliki beberapa Sungai yang cukup terkenal. Sebagian sungai tersebut digunakan sebagai tempat untuk mengais rezeki penduduk setempat. Seperti yang dilakukan terhadap beberapa sungai berikut ini.

Dengan luas sungai yang sangat besar, sungai-sungai ini di sulap menjadi pasar apung yang unik dan mengundang penasaran untuk di kunjungi. Bukan hanya sebagai tempat untuk jual-beli kebutuhan sehari-hari, pasar apung kini juga telah menjadi salah satu destinasi wisata, utamanya untuk wisata kuliner. 

Berikut AnakRegular informasikan lima pasar terapung paling unik indah dan terkenal di Indoensia, silahkan disimak kawan :

Pasar Apung Nusantara, Jawa Timur

Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Pasar apung pertama paling unik sekaligus paling indah di Indonesia adalah Pasar Apung Nusantara di Jawa Timur. Dinamakan Pasar Apung Nusantara karena pasar ini berada diatas sungai buatan dengan menjajakan berbagai ragam kuliner dari berbagai penjuru nusantara seperti jawa, Lombok, Kalimantan, dan masih banyak lagi. Pasar apung ini buka setiap hari mulai dari pukul 12.00 sampai pukul 21.00 WIB.

Adapun suasana yang ditawarkan dari pasar asri ini adalah pengunjung bisa berkeliling di kawasan pasar dengan menyewa perahu yang disediakan. Bagi yang suka foto selfie, disarankan untuk datang di malam hari karena suasana serta keadaan pasar akan lebih sempurna. Hal ini dikarenakan nyala lampu, sungai buatan, serta bangunan tradisional yang ada di pasar ini akan tampak lebih indah di malam hari. Setidaknya di kawasan ini terdapat 80 stand makanan dan souvenir yang patut untuk dikunjungi.

Pasar Apung Lembang, Jawa Barat

Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Selain di Jawa Timur, pasa apung nan indah lainnya juga ada di Jawa Barat tepatnya Pasar Apung Lembang. Pasar ini menempati area seluas 7,2 hektar di wilayah Lembang, Bandung Utara Jawa Barat. Menariknya pasar apung ini di buat dengan konsep wisata yang memadukan tema bermain, belajar, dan kuliner.

Pasar ini buka setiap hari dan hiruk piruknya akan memuncak di akhir pekan, terutama pada saat pukul 08.00-21.00 pasar ini akan selalu ramai pengunjung. Di sini tiap pengunjung bisa bersantai bersama keluarga dan teman-teman di gazebo yang diletakkan berderet di tepi danau. 

Hal itu serasa semakin lengkap dengan keberadaan rumah-rumah asli dan kuno yang sengaja didatangkan dari Jawa Timur. Selain itu, ada pula rumah rileksasi yang mempunyai arsitektur Belanda, Thailand, dan Betawi. Kesemuanya itu dibuat dengan terapung di atas danau.

Pasar apung Ah Poong Jawa Barat

Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Masih di Jawa Barat, nyatanya ada pasar apung lainnya yang memiliki konsep leboh modern, pasar tersebut bernama pasar ah Poong. Pasar ini tepatnya ada di tepi Sungai Cikeas. Berbeda dengan pasar terapung yang lain, Ah poong lebih cenderung menggunakan konsep modern. Di sini dapat dijumpai restoran terapung lengkap dengan makanan mancanegaranya, selain juga dengan perahu-perahu yang menjajakan aneka dagangan.

Awal mulanya, ide pendirian pasar apung ini berasal dari Bondan Winarno yang bekerja sama dengan manajemen Eat and Eat. Konsepnya memadukan restoran terbuka dan pasar apung dengan perahu-perahu di Sungai Cikeas. Perahu yang dipakai pun sedikit berbeda daripada umumnya karena menggunakan perahu dari Vietnam yang dikenal lebih aman. Pengunjung pun bisa mengarungi Sungai CIkeas dengan menyewa perahu yang ada.

Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara

Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Di Desa Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara juga terdapat pasar terapung buatan. Pasar terapung dibuat oleh pemerintah setempat dan diresmikan oleh Bupati Langkat, Yunus Saragih, di tanggal 9 Februari 2009. Pasar Terapung Langkat mengambil konsep yang mirip dengan pasar yang ada di Kalimantan, yakni pasar di atas sungai. Pasar ini sengaja dibuat untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang merupakan hasil andalan dari Kabupaten Langkat.

Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Apung Paling Unik dan Terkenal di Indonesia

AnakRegular | Dan inilah pasar terapung terakhir dan paling terkenal di Indonesia dan sudah menjadi suatu simbol kenangan genarasi 90-an. Yah bagi generasi 90-an, tentu tidak asing dengan iklan televisi seorang nenek yang mengacungkan jempol di atas perahu dengan latar pasar apung. 

Ya, lokasi tersebut berada di Pasar Muara Kuin. Pasar ini berada di Kota Banjarmasin, tepatnya di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Di sini, para pedagang dan pembeli bertransaksi di atas perahu atau yang diistilahkan orang Banjar sebagai jukung.

Di sini diperjualbelikan berbagai buah-buahan, sayuran, makanan, ikan, tanaman, hingga peralatan rumah tangga. Bukan cuma itu, restoran terapung atau tempat makan dalam kapal juga ada di sini. Jika ingin melihat aktifitas Pasar Muara Kuin, para pengunjung harus datang pada pukul 05.00 Wita. Sebab selepas subuh, Pasar Muara Kuin sudah mulai ramai dan menjadi sepi begitu pukul 07.00 Wita datang.

Nah, itulah kawan sekiranya lima pasar apung paling terkenal di dunia. Silahkan di catat dan segera kunjungi pasar-pasar tersebut. Semoga bermanfaat kawan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.