Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

AnakRegular | Inilah Lima Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia yang berawal dari Garasi Rumah

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan di era digital sekarang ini adalah bisnis online dalam artian semua aktivitas dari bisnis tersebut dilakukan secara online. Yah kita pasti mengenal beragam perusahaan ternama seperti Google dan Amazon, keduanya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya dunia Online. Keduanya juga merupakan cikal bakal perubahan dan kemunculan perusahaan yang lainnya.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesan dari kedua perusahaan diatas ternyata satu yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan tersebut adalah garasi rumah. Yah kedua perusahaan tersebut memang tidak langsung mengudara layaknya perusahaan kebanyakan sekarang ini. Berawal dari hobi dan juga para penciptanya yang masih seorang bocah kala itu menjadikan perusahaan ternama tersebut sebagai sebuah hobi belaka tersebut.

Belum ada maksud untuk membuat perusahaan tersebut menjadi terkenal di dunia. Bahkan mereka yang kala itu masih seorang mahasiswa berniat untuk menjual hasil kerja keras mereka dan mulai menekuni kuliah yang seharusnya mereka selesaikan. Namun siapa sangka karena beberapa alasan dan juga penolakan serta banyak yang meremehkan perusahaan mereka pun justru menjadi yang terdepan dan bahkan menjadi yang terkenal sekarang ini.

Penasaran? Berikut anakRegular iformasikan lima perusahaan terknologi terbesar di dunia yang berawal dari garasi rumah:

Perusahaan Ternama yang dibangun di Garasi Rumah : 


Perusahaan BukaLapak Dirintis di Bagasi Kecil

Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

AnakRegular | Siapa yang tidak kenal dengan situs yang satu ini, BukaLapak merupakan salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia. Situs ini dibuat oleh seorang pemuda asal jawa timur bernama Achmad Zakcy bersama dua teman kuliahnya pada tahun 2010 silam. Namun siapa sangka dibalik kesuksesannya sekarang ini, ternyata BukaLapak dibuat pertama kalinya di sebuah garasi kecil di bilangan Haji Nawi, Jakarta.

Awalnya Zacky membuat BukaLapak untuk tujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia. Adanya BukaLapak diharapkan dapat menjadi wadah bagi para palaku UKM dengan menggunakan media online segabai bagian dari bisnis mereka.

Hampir tidak ada yang menyangka dengan kesuksesan BukaLapak ini, dari awal dibangun banyak rekan dan juga orang yang meremehkan situs yang satu ini. Namun dengan segala keteguhan akhirnya BukaLapak yang awalnya nol pengungjung untuk saat ini telah dikunjungi lebih dari 1 juta orang setiap hari. Hebatnya lagi saat ini di BukaLapak sudah ada lebih dari 200K pelapak yang menjajakan barang yang akan di jual.

Orang bijak berkata, 'Memulai lebih mudah dibanding mempertahankan'. Sayangnya, sekarang justru banyak orang-orang yang untuk memulai saja tidak tahu dari mana jalannya, tak terkecuali dalam hal menjadi seorang pengusaha. Menilik dari pengalaman para pengusaha di atas, cara mendirikan perusahaan ternyata ya mudah saja, yaitu lakukan.

Namun, dalam melakukan pendirian tersebut ternyata pelajaran penting yang dapat dipetik dari pengalaman para pengusaha di atas adalah alasan mereka mendirikan perusahaan. Mereka mendirikan bisnis, bukan dengan tujuan menciptakan perusahaan bernama Amazon, Apple atau Google, tetapi mereka memulainya secara nyata dan diupayakan sungguh-sungguh dengan membuat sebuah toko buku online, perangkat komputer atau algoritma pencarian demi menciptakan solusi bagi masalah yang terjadi di masyarakat.

Hewlett-Packard Perusahaan Komputer Ternama Dunia

AnakRegular | Dunia digital sekarang ini tak lepas dari yang namanya komputer, seiring berjalannya waktu perkembangan komputer pun semakin beragam. Kini banyak jenis dan bentuk komputer yang telah dipasarkan. Namun salah satu perusahaan PC ternama adalah HP (Hewlett-Packard). Yah komputer ini setiap tahunnya silih berganti mengeluarkan produk terbarunya.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesannya, ternyata perusahaan HP yang dimiliki oleh Bill Hewlett dan Dave Packard ini di dirikan di sebuah garasi kecil miliki Packard di kota Paolo Alto, California Amerika Serikat pada tahun 1939. 

Dengan modal yang sangat kecil yakni UDS 538 keduanya menekuni perusahaan tersebut. Produk pertama dari perusahaan yang dibuat oleh dua pemuda diatas adalah osilator audio dan pembeli pertamanya adalah Waltd Disney. Walt Disney membeli delapan osilator untuk mengembangkan sistem suara film Fantasia.

Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

Saat ini, garasi tempat lahirnya perusahaan ini telah menjadi sebuah museum privat. Garasi ini juga dikenal sebagai 'tempat lahirnya Silicon Valley', sebuah julukan sebab daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor dan teknologi informasi serta industri kreatif.

Google Perusahaan Monopoli Internet Terdepan di Dunia

Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

AnakRegular | Siapa yang tidak bisa lepas dari situs yang satu ini, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital ini merupakan raja dan penguasa internet saat ini. Banyak orang yang bergantung dari perusahaan ini, dan banyak pula orang yang sudah menjadi kaya raya berkat kinerja google.

Adalah mahasiswa lulusan Universitas Standford bernama Larry Page dan Sergey Brin yang menjadi cikal bakal berdirinya Google sekarang ini. Sama seperti perusahaan diatas awalnya perusahaan ini pun dibangun di sebuah garasi rumah milik temannya bernama Susan Wojcicki yang berada di kota Menlo Park, California Amerika Serikat.

Hampir tidak ada yang menduga jika perusahaan besutan dua mahasiswa ini bakal sukses di kemudian hari. Bahkan salah satu perusahaan yang di tawari oleh dua pemuda tersebut menolak untuk membeli perusahaan google. 

Namun siapa sangka pada 19 Agustus 2004, Google melakukan penawaran saham perdananya (IPO). Dengan IPO ini, Google memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai lebih dari USD 1,67 miliar. Pada Januari 2014, nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini sudah berkembang menjadi USD 397 miliar atau setara dengan Rp 5.347 triliun.

Apple Peninggalan Steve Jobs Yang Merubah Dunia

Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

AnakRegular | Pada 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak, masing-masing berusia 21 tahun dan 26 tahun, mendirikan Apple Computers dengan menjual 50 unit Apple I Computer buatan Wozniak. Perangkat tersebut dijual dengan harga USD 500 per unit kepada peritel lokal di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Karena pada saat itu, duo Steve ini belum memiliki pabrik pembuat komponen elektronik sendiri, mereka masih perlu memesan komponen-komponennya dari distributor. Walaupun masih memiliki kekurangan modal disana-sini, dengan mengandalkan keahlian merakit komputer dan kemampuan menjual yang mumpuni, Steve Jobs dan timnya berhasil membuat 50 komputer tersebut dalam 30 hari dari garasinya di Cupertino.

Amazon Perusahaan Ritel dan Jual Beli Terbesar di Dunia

Perusahaan Teknologi Yang Tercipta Dari Garasi Rumah

AnakRegular | Awalnya Jeff Bezos (CEO Amazon) mendirikan Amazon pada tahu 1994 sebagai sebuah toko buku online. Pada saat itu, perusahaan tersebut sepenuhnya dibuat dan dijalankan dari garasi rumahnya di Kota Bellevue, Washington.

Bezos menjual buku pertamanya di Juli 1995 dan berhasil menggelar penjualan saham perdana, atau Initial Public Offering (IPO), dua tahun kemudian pada tahun 1997. Namun siapa sangka Amazon yang awalnya dikhususkan untuk menjual buku saja kini menjelma menjadi salah satu perusahaan jual beli online terbesar di dunia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.