Empat Fakta Indahnya Islam di Korea Utara

AnakRegular | Inilah Empat fakta Betapa Islam begitu di Hormati di Korea Utara

Dalam beragam jenis pemberitaan selalu dikatakan jika Korea Utara adalah cerminan dari sebuah negara yang tidak berkemanusiaan. Hampir setiap berita yang kita cerna terhadap korea utara selalu berakhiran dengan kabar miring dan negatif. Dikatakan jika negara yang bersaudara dengan Korea Selatan ini dikenal sangat tertutup dan juga ketak akan aturan pemerintahannya.

Apalagi terhadap urusan keyakinan dan agama pemerintah Korea Utara memiliki cara sendiri untuk mengaturnya. Segala artibut yang berhubungan dengan agama yang tidak diakui di Korea Utara dikatakan sangat dilarang. 

Jangankan untuk mendirikan tempat ibadah, menunjukkan diri dengan tanda pengenal agama tertentu saja bisa fatal akibatnya. Meskipun begitu, menurut kabar lainnya dikatakan ada beberapa agama yang masih bisa diberikan izin oleh pemerintahnya.

Karena tuntutan dari pemerintah, rata-rata penduduk Korea Utara adalah penganut Juche, meskipun demikian bukan berarti agama lain tak bisa di anut oleh kalangan masyarakat disana. Ternyata dalam perkembangannya beberapa agama populer dunia seperti islam juga mendapatkan tempat termasuk Islam. 

Hal ini jadi sesuatu yang mungkin tak pernah disangka banyak orang. Bahkan Islam di sini tak hanya diakui, tapi diperbolehkan sebebas-bebasnya untuk dijalankan, namun dengan satu dua pengecualian. 

Korea Utara dan Islam mungkin bukan padanan yang pas, tapi faktanya Islam berkembang di sana meskipun sangat lambat. Nah, berikut adalah fakta-fakta unik tentang Islam di negaranya Kim Jong Un tersebut.

Empat Fakta Luar Biasa Kehidupan Islam di Korea Utara :

Kebebasan Beragama Yang di Dukung Pemerintah

Empat Fakta Indahnya Islam di Korea Utara

AnakRegular | Pernah suatu berita mengatakan jika Korut mewajibkan semua penduduknya menyembang Kim Jong Un sebagai seorang Tuhan dan raja. Hal tersebut tercermin dari bagaimana kebijakan pemerintah korut yang ternyata sangat membebani semua masyarakatnya. 

Namun suatu fakta mengatakan jika ternyata pemerintah Korea Utara sebenarnya membebaskan semua orang dibawah naungan mereka untuk memilih agama yang mereka yakini.

Apalagi berbicara tentang kebebasan beragama, Kim Jong Un sendiri selaku penguasa pernah mengungkapkan hal tersebut. Dikutip dari sebuah halaman resmi pemerintah Korut, Kim mengatakan, “Upaya untuk merusak Korut dengan fitnah adalah tindakan tidak masuk akal dengan menyebut di Korea Utara tidak ada kebebasan beragama. Itu benar-benar tidak masuk akal. 

Sepenuhnya, kami menjamin kebebasan berkeyakinan setiap warga negara.” Kim Jong Un memberikan statement ini setelah Departemen Luar Negeri AS mengatakan jika Korut tidak menjamin kebebasan beragama di negaranya.

Keberadaan Islam yang diterima Pemerintah Korea Utara 

AnakRegular | Sebagai negara komunis, Korea Utara sudah lama memberlakukan aturan yang ketat soal agama. Tapi, pada kenyataannya, Islam seolah mendapatkan lampu hijau di sini. Terbukti dengan data agama yang menyematkan nama Islam di sana. Jumlahnya sendiri sangatlah kecil, bahkan tak sampai satu persen.

Menurut data yang ada tentang penganut Islam di sana, dipastikan nol persen warga Korea Utara memeluk Islam. Jadi, sama sekali tidak seorang pun masyarakat asli yang menjadi Muslim. Agama ini sendiri dibawa oleh diplomat-diplomat serta duta besar di sana. Meskipun jadi minoritas, tapi tak ada tekanan bagi para orang asing untuk menjalankan syariat Islam.

Perayaan Keislaman di Korea Utara Legal dan di Akui Pemerintah

AnakRegular | Sebuah fenomena entah benar atau tidak, ternyata dugaan kita selama ini terhadap Korea Utara yang dikatakan sangat kejam dan tidak berkemanusiaan ternyata salah. 

Dalam sebuah pemberitaan dikatakan jika negara Korea Utara ternyata selalu menjungjung tinggi toleransi antar umat beragama. Salah satunya pemerintah disana selalu memberikan ijin kepada setiap perayaan-perayaan agama, termasuk perayaan Islam.

Salah satunya yang sudah sering dilakukan oleh kedutaan RI ketika melakukan berbagai macam kegiatan dan juga acara keislaman. Seperti acara Nuzurul Quran sampai dengan acara paling akbar Idul Fitri. 

Dalam prakteknya pemerintah Korut tidak melarang dan menanggapi perayaan tersebut dengan baik. Hal tersebut bisa menjadi bukti jika Korea Utara sebenarnya tidak seperti yang selama ini kita bayangkan.

Korea Utara Punya Masjid Besar dan Megah

Empat Fakta Indahnya Islam di Korea Utara

AnakRegular | Sebagai negara tertutup dan sosialis Korea Utara melarang semua kegiatan pembangunan yang tidak disetujui oleh pemerintah. Dalam hal ini bangunan seperti tempat ibadah pun sangat di persulit. 

Namun siapa sangka dibalik sulitnya membangun sebuah tempat ibadah, ternyata di Kore Utara sendiri sudah berdiri megah sebuah masjid yang indah.

Masjid ini terletak di salah satu sudut kota Pyongyang. Bentuknya sendiri sangat apik dengan lafal Allah dibagian puncak menaranya. Dalam pembangunannya masjid ini tidak dibangun oleh pemerintah melainkan oleh kedutaan besar Iran. 

Masjid ini bisa dibilang sebagai pusat agama islam di Korea Utara. Uniknya, turis Muslim yang ingin sholat pun dipersilakan untuk datang ke masjid ini.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.