Empat Toleransi Agama Paling Harmonis Selama Bulan Puasa di Dunia

AnakRegular | Inilah Empat kisah toleransi Umat beragama paling harmonis di Dunia selama bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat suci dan sakral bagi umat islam seluruh dunia. Bulan ini dikatakan sebagai bulan yang penuh berkah dan Ampunan. Bulan Ramadhan oleh umat islam selalu di isi dengan berbagai kegiatan ibadah dan ibadah wajib bernama Puasa selama satu bulan penuh lamanya. Hampir banyak cerita dan juga banyak perubahan yang dilakukan oleh umat muslim seluruh dunia selama bulan Ramadhan ini.

Sebagai bentuk penghormatan dan juga toleransi antar umat lintas Agama, beberapa keyakinan lain pun ada yang ikut melakukan dan juga menyambut hangat datangnya bulan yang suci ini. Beragam kegiatan dihelat oleh mereka yang berbeda keyakinan sebagai tanda bukti saling menghormati. Bahkan tak sedikit ada yang kagum dan ikut melaksanakan puasa di bulan Ramadhan ini.

Salah satu contohnya adalah kegiatan buka bersama yang dilakukan oleh walikota London yang baru bersama kelompok kristen di sebuah gereja di London. Para Non muslim ini saling menghormati dan juga saling membantu serta memberikan beragam ucapan kepada muslim yang sedang melakukan ibadah puasa. Berikut anakregular rangkum empat kegiatan toleransi paling harmonis selama bulan puasa di dunia :

Sadiq Khan Walikota London Gelar Buka Bersama di Gereja

Empat Toleransi Agama Paling Harmonis Selama Bulan Puasa di Dunia

AnakRegular | Namanya memang telah menjadi perbincangan, dan Sadiq Khan adalah muslim pertama di dunia yang bisa menjadi seorang pemimpin di negara non muslim di dunia. Karena itu tak heran ia pun banyak di harapkan oleh muslim seluruh dunia. Sebagai toleransi dan juga saling menghormati umat beda beragama, walikota yang satu ini menggelar buka bersama bersama komunitas lintas agama di London.

Pada akhir pekan lalu, Khan di ketahui menghadiri buka puasa bersama yang bertempat di Gereja Anglikan ST James Distrik Piccadily. Premier.org melaporkan, gereja itu untuk pertama kalinya menampung umat Islam berbuka puasa selama tiga abad berdiri. Lebih dari 200 orang hadir dalam acara itu. Selain tuan rumah yang beragama Nasrani dan umat muslim, komunitas Yahudi London juga hadir.

Khan mengapresiasi acara ini sebagai bukti umat lintas agama di London saling menghormati. Dia mendorong setiap komunitas agama maupun pengelola tempat ibadah saling mengundang satu sama lain saban kali ada peristiwa keagamaan penting.

"Sebagai wali kota, salah satu prioritas awal saya adalah interaksi dan integrasi setiap warga dari pelbagai latar belakang. Buka puasa seperti ini merupakan salah satu jalannya," kata Khan.

Toleransi  Kristen di Israel Bantu Bangunkan Sahur Warga Muslim

Empat Toleransi Agama Paling Harmonis Selama Bulan Puasa di Dunia

AnakRegular | Kisah toleransi harmonis lainnya juga dilakukan oleh seorang kristen taat bernama Michael Ayoub, ia adalah seorang Kristen Arab-Israel yang selalu membantu kaum muslim untuk melaksanakan sahur di Arce, Isarel. Dalam pengakuannya ia sudah bertahun-tahun melakukan kegiatan tersebut, membangunkan kaum muslim yang ada di sekeliling rumahnya untuk melaksanakan sahur di Bulan Ramadhan.

Dalam melakukan aksinya, Ayoub berjalan mengitari lingkungannya seorang diri di tengah kegelapan dengan menabuh drumnya saat membangunkan kaum muslim untuk melaksanakan sahur.

Rumah Ibadah Yahudi di Inggris Gelar Buka Puasa Untuk Muslim

AnakRegular | Sebuah sinagog di Inggris bisa menjadi salah satu contoh toleransi baik antar manusia. Bersama-sama dengan kelompok muslim, komunitas Yahudi mengadakan buka puasa bersama di rumah ibadah mereka.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, sinagog berada di Ibu Kota London ini memang dimaksud panitia merefleksikan perdamaian dan kerukunan lintas agama terutama muslim dan Yahudi. "Semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi contoh cahaya bagi saudara-saudara di Timur Tengah," ujar Musrafa Field, direktur Forum Agama London.

Rabi Maurice Michaels menegaskan dia dan komunitas muslim Inggris tak ingin apa yang terjadi di Timur Tengah berdampak bagi hubungan kedua agama. Mereka saling berbagi informasi mengenai ritual ibadah masing-masing agama. Baik Yahudi maupun Islam mengenal puasa dengan praktik beda. Keduanya lebih mencari kesamaan ketimbang perbedaan mereka.

Panitia pun sepakat tak membahas apa pun soal konflik Israel-Palestina lantaran bisa memicu sentimen negatif bakal memperburuk hubungan Islam-Yahudi.

Kagum Akan Islam Umat Hindu Ikut Berpuasa

AnakRegular | Hindu adalah salah satu agama mayoritas yang ada di India, namun tak sedikit juga masyarakat India yang telah berpaling keyakinan dan meyakini Islam sebagai kepercayaannya.

Dan satu yang unik dari budaya disana, ternyata toleransi antar umat beragama antar Hindu dan Islam sungguhlah harmonis. Hal ini bisa di lihat dari bagaimana perlakukan umat hindu yang kagum dan ikut berpuasa di bulan Ramadhan. 

Salah satu warga Hindu, Sunil Shrivastava mengatakan, sangat terinspirasi dengan sosok taat dalam diri temannya dalam menjalankan puasa. Itulah yang membuat dirinya sangat antusias mempelajari Islam.

"Saya terinspirasi oleh pengabdian dari salah satu teman Muslim saya, beliau adalah umat yang taat. Setidaknya saya ingin bersolidaritas dengan cara berpuasa sehari. Namun setelah berpuasa saya merasa baik, sehingga saya berpuasa secara teratur selama Ramadan," kata Sunil kepada onislam.net.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.