Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia

loading...
loading...
AnakRegular | Inilah Empat Cara Kamuflase Militer Paling Aneh Saat Sedang Melakukan Peperangan di Dunia

Dalam dunia militer kamuflase atau penyamaran merupakan salah satu strategi yang harus selalu di lakukan oleh setiap angkatan militer. Entah itu penyamaran dalam bentuk mata-mata atau penyamaran dalam bentuk tampilan dalam artian menyesuaikan dengan medan tempur yang dipakai. Di era sekarang ini dimana teknologi semakin canggih penyamaran atau kamuflase bisa dilakukan dengan cara yang sempurna.

Beda halnya dengan zaman dulu, dimana teknologi militer belum ditemukan penyamaran atau kamuflase dilakukan dengan cara yang terbilang aneh. Bahkan banyak orang yang mengatakan jika kamuflase pasukan militer di jaman dulu sangatlah memalukan. Akan tetapi sebagian dari kamuflase aneh tersebut ternyata berhasil mengelabuhi musuh dan tak sedikit berakhir dengan kemenangan.

Seperti yang dilakukan oleh para angkatan militer berikut ini, dengan kamuflase anehnya mereka berhasil memenangkan peperangan yang di jalaninya, tak sedikit juga para pemimpin musuh yang tewas karena kamuflase aneh para pasukan militer tersebut.

Berikut anakregular informasikan empat strategi kamuflase pasukan militer paling aneh namun sangat efisien yang pernah dilakukan dalam sejarah :

#1. Kamuflase Kapal Perang Menjadi Sebuah Pulau


AnakRegular | Sejak era penjajahan perang merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh pihak penjajah dan pribumi. Salah satu kisah dimana saat Penjajah Belanda kalah dan Indonesia mulai di duduki oleh Jepang, banyak pasukan dari Belanda yang kabur menyelamatkan diri.

Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia

Dalam aksi penyelamatan tersebut, pasukan belanda menggunakan kapal laut yang tak sedikit juga harus hancur karena terkena serangan dari pesawat udara milik tentara Jepang. Namun untuk menyiasati hal tersebut para pasukan Belanda mengubah Kapal yang mereka tumpangi menjadi tampak seperti sebuah pulau di tengah laut.

Cara ini dipraktikkan pada kapal dengan nama Abraham Crijnseen. Kapal ini diberi potongan pohon-pohon dari vegetasi pulau. Pohon ini ditata sedemikian rupa hingga akhirnya menyerupai pulau di tengah lautan. Pesawat Jepang yang kerap melakukan patroli akhirnya terkecoh dan menganggap kapal sepanjang 55 meter itu sebagai pulau sungguhan.

#2. Kamuflase Membuat Pohon Palsu Untuk Pengamatan Pada Perang Dunia 1


AnakRegular | Kamuflase aneh pun pernah dilakukan oleh tentara Jerman di Era perang dunia pertama. Kala itu tentara Jerman membuat sebuah gebrakan baru dalam dunia militer. Mereka membuat sebuah pohon palsu dengan maskud untuk mengelabuhi musuh.

Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia

Pohon buatan tersebut dibangun sangat tinggi dan didalam batangnya ada sebuah ruangan sempit yang digunakan untuk melakukan pengamatan para penembak jitu tentara Jerman.

Apa yang dilakukan oleh Jerman ini akhirnya dicontoh oleh para tentara dari Inggris dan Prancis. Mereka juga membuat sebuah pohon palsu yang dilukis secara realistis. Pohon ini kalau kalau dilihat dari kejauhan seperti asli meski sebenarnya palsu dan di dalamnya banyak sekali tentara yang sudah siaga.

#3. Kamuflase Menjadi Nelayan Lokal Anah Oleh Australia


AnakRegular | Selanjutnya kisah kamuflase aneh dan lucu juga dilakukan oleh tentara Australia yang hendak akan pergi ke Singapura lewat Indonesia yang kala itu sudah dikuasai oleh Jepang. Yah kala itu tentara Australia menyamar seperti orang Malaysia dengan mengecat rambutnya menjadi hitam.

Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia

Namun lucunya, mereka sangat bodoh, walau rambut sudah hitam bagian wajah dan postur tubuh mereka masih mengisyaratkan bahwa mereka adalah bangsa kulit putih yang menjadi ciri khas Australia.

Para tentara Jepang sebenarnya sudah mencurigai mereka. Namun, dengan gaya yang dimirip-miripkan dengan nelayan lokal mereka tetap mengendarai kapalnya. Akhirnya kapal mereka tiba di Singapura setelah sebelumnya banyak sekali bom dipasang di kapal milik Jepang yang saat itu mulai menguasai kawasan Asia Tenggara.

#4. Kamuflase Zebra Kapal Perang di Lautan Era Perang dunia Pertama


AnakRegular | Saat perang dunia pertama mencuat. Kawasan Laut Baltik menjadi medan pertempuran yang sangat mematikan. Di kawasan ini, kapal dagang dari Inggris dihancurkan habis-habisan oleh kapal selam U-Boats milik Jerman. 

Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia

Untuk menurunkan jumlah serangan kapal, seorang seniman bernama Norman Wilkinson memiliki ide untuk melukis permukaan kapal dengan motif garis hitam putih.

Motif ini dianggap sangat efektif untuk membuat U-Boat di dalam lautan kebingungan. Akhirnya tembakan yang dilakukan akan sering meleset hingga kapal akan bisa berjalan dengan tenang di lautan. Metode kamuflase ini memang berhasil. Namun, keefektifitasannya masih belum diketahui.

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Empat Kamuflase Pasukan Militer Paling Aneh di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..