Lima Pulau Kecil Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Dunia

AnakRegular | Inilah lima pulau kecil dengan penduduk paling padat dan terbanyak di dunia

Daratan merupakan wilayah yang menjadi tempat hidup bagi banyak mahkluk hidup di bumi. Banyak pulau di berbagai benua yang menjadi tempat tinggal bagi makhluk hidup terutama tempat tinggal manusia. Seperti yang kita tahu jumlah manusia setiap tahunnya teruslah bertambah banyak.

Kita tahu negara China atau biasa dikenal Tiongkok masih berdiri kokoh di urutan pertama sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Hampir 18 persen jumlah penduduk dunia berada di negara ini. Namun jika berbicara tentang kepadatan penduduk mungkin beberapa pulau di bawah ini bisa menjadi jawaban yang lebih pas ketimbang negara China.

Yah dengan luas wilayah yang tak seberapa, pulau-pulau kecil dibawah ini telah menjadi rumah bangi banyak orang. Walau dikatakan sebagai tempat yang rawan akan bencana, namun orang-orang tetap teguh dan setia menempati pulau-pulau kecil ini. Penasaran? 

Berikut anakregular informasikan lima pulau kecil dengan penduduknya paling padat di dunia. Silahkan disimak :

Baca juga : Tempat Wisata Tersembunyi paling indah di dunia

Inilah Lima Pulau Kecil di dunia dengan jumlah penduduk terbanyak didunia :


Pulau Ebeye Luas 360K Meter Persegi di Huni 15 Ribu Jiwa

Lima Pulau Kecil Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Dunia

AnakRegular | Sekilas pulau kecil ini tampak sangat indah, namun dibalik keindahan tersebut ternyata membuat pulau ini tak memiliki ekosistem. Yah pulau kecil yang terletak di Atol Kwajalein kepulauan Marshal ini merupakan pulau kecil terpadat di dunia.

Pulau ini telah emnjadi pusat budaya Marshal dalam rantai Ralik Kepulauan. Dengan luas wilayah yang hanya 360 ribu meter persegi ini, pulau Ebeye di huni oleh sekitar 15 ribu jiwa, sungguh jumlah yang sangat tidak sebanding dengan luas wilayahnya.

Lebih dari separuh penduduknya berusia di bawah 18 tahun. Sebagian kecil penduduk Ebeye merupakan pengungsi  atau keluarga pengungsi dari efek tes 15 megaton Bravo Puri nuklir di Atol Bikini pada tanggal 1 Maret 1954.

Pulau Male yang di huni 100 ribu jiwa

Lima Pulau Kecil Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Dunia

AnakRegular | Pulau Male merupakan sebuah pulau kecil yag terletak di sebelah selatan negara Maladewa. Pulau ini merupakan ibukota sekaligus kota paling padat di Republik Maladewa. Pulau Male merupakan surga bagi sepertiga penduduk di Maladewa, tak heran jika arus urbanisasi di pulau ini setiap tahunnya terus meningkat.

Bayangkan saja, pada tahun 1987 pulau ini hanya di huni oleh 20 ribu jiwa namun sejak 2006 silam pulau kecil nan indah ini sudah di huni lebih dari 100 ribu jiwa. Sungguh peningkatan yang sangat signifikan.

Untuk mengatasi penyempitan lahan karena arus urbanisasi yang tinggi tersebut, pemerintah Maladewa telah melakukan reklamasi di berbagai pesisir dengan cara membuat pantai baru dengan cara menimbun pasir agar wilayah daratan di Pulau Male semakin luas.

Sebagian besar penduduk Maladewa baik pribumi maupun penduduk asing menetap secara temporer di pulau Male, karena pulau ini telah menjadi satu-satunya pintu masuk menjadi warga negara. Dan pulau ini telah dijadikan sebagia pusat administrasi dan  birokrasi pemerintah setempat.

Pulau Fadiouth Senegal

AnakRegular | Joal – Fadiouth adalah sebuah desa di ujung Pantai Patite Sinegal sebelah tenggara Dakar. Joal terletak di daratan. Sementara Fadiouth merupakan sebuah pulau karang, dimana untuk menuju ke pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan dari daratan Joal. Desa ini tidak memiliki alat transportasi perahu bermotor.  

Mata pencaharian penduduk setempat umumnya sebagai nelayan dan petani.
Karena pulau ini terletak di delta sungai besar, para petani mengambil keuntungan dari banjir dangkal sungai setempat untuk menanam padi. Pulau ini diuni oleh sekitar 39 ribu penduduk berdasarkan sensus tahun 2007.

Pulau Manhattan Pulau Kecil Terpadat di Amerika Serikat

Lima Pulau Kecil Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Dunia

AnakRegular | Manhattan adalah sebuah pulau kecil nan indah dengan kemajuan teknologi yang sangat canggih di Amerika Serikat. Pulau ini terletak di muara Sungai Hudson. Pulau kecil ini di huni setidaknya 1,58 juta jiwa dengan rasio kepadatan penduduk mencapai 36.924 orang perkilometer perseginya. 

Manhattan adalah yang ketiga terbesar dari lima borough di New York dalam populasi, tetapi mempunyai wilayah paling sempit. Manhattan adalah pusat komersial, keuangan, dan budaya utama Amerika Serikat.

Dihubungkan dengan Wall Street di Lower Manhattan, New York City fungsi sebagai ibukota keuangan dunia, dengan PDB diperkirakan lebih dari 1,2 triliun US $ dan merupakan rumah dari kedua New York Stock Exchange dan NASDAQ.

Banyak Station radio besar,Stasoun televisi, dan telekomunikasi perusahaan di Amerika Serikat yang berbasis di sini, serta banyak berita, majalah, buku, dan media lainnya mempunyai pusat penerbit di sini. Pulau ini juga merupakan lokasi Markas Besar PBB.

Pulau Santa Cruz del Islote Pulau Kecil dengan 1200 penduduk di dalamnya

Lima Pulau Kecil Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Dunia

AnakRegular | Secara kasat mata pulau Santa Cruz del Islote tidak termasuk dalam jajaran pulau terkenal di dunia. Pulau ini bisa dikatakan sebagai pulau terkecil yang telah menjadi rumah bagi banyak orang. Yah pulau yang berada di kepulauan Karibia ini memiliki setidaknya 90 rumah yang digunakan oleh 700 orang di pulau tersebut.

Namun satu yang unik dari pulau tersebut adalah jumlah penduduknya yang akan meningkat drastis dikala anak muda dan putra-putri penduduk pulau Santa Cruz del Islote pulang kampung. Jika di total pulau kecil ini telah menjadi rumah tak layak bagi 1200 penduduk.

Sebagai pulau yang kecil Santa Cruz del Islote ternyata di kelilingi oleh perairan yang sangat indah. Namun karena penduduknya yang padat dan gemuk pulau ini tidak memiliki pantai, kolam renang, dan bahkan hotel didalamnya.

Baca juga : Pasar Apung paling unik di Indonesia

Apalagi untuk menguburkan orang yang meninggal di pulau tersebut, mereka akan meminta bantuan dan meminta izin pada pulau terdekat untuk meminta lahan kosong untuk menguburkan mayat orang meninggal. Lapangan untuk publik di Santa Cruz hanya ada satu dan itupun seukuran setengah lapangan tenis.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.