Empat Negara Yang Melarang Keras Muslimnya Berpuasa

AnakRegular | Inilah empat negara di Asia yang dikenal sangat kejam akan muslim dan melarang umat islam untuk berpuasa

Puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tidak ada alasan untuk tidak puasa dikala usia sudah dewasa puasa harus dan wajib di laksanakan. Dan layaknya seperti sebuah kewajiban, mau apa pun yang terjadi, konsekuensinya adalah tetap dilakukan. Bagi kita Muslim Indonesia, puasa adalah hal yang sama sekali gampang. Maksudnya, tidak ada yang akan menghalang-halangi kita untuk melakukan melakukan Puasa. Mirisnya, kondisi ini tidak didapatkan oleh umat Islam di belahan bumi yang lain.

Mungkin karena menjadi minoritas atau memang karena terjadi gesekan budaya yang bertolak belakang, kehidupan muslim di beberapa negara justru sangatlah memprihatinkan. Kebebasan mereka sangatlah dibatasi, bahkan keyakinan mereka pun di obrak abrik oleh pemerintah yang memang sangat membenci keberadaan islam di negaranya. Salah satunya adalah pelarangan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

Sebagai kaum minoritas, warga muslim dipaksa untuk tidak berpuasa dengan berbagai alasan tertentu. Tak cukup dengan itu, bahkan ada pula yang melakukan pelarangan tersebut dengan jalan kekerasan. Tentu hal ini sangat tidak dibenarkan karena melaksanakan kewajiban agama adalah hak yang tak boleh dilanggar. Nah, berikut adalah kasus-kasus pelarangan berpuasa yang pernah menimpa umat Islam di dunia.

India Larang Penduduknya Yang Muslim Untuk Berpuasa

Empat Negara Yang Melarang Keras Muslimnya Berpuasa

AnakRegular | India merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Mayoritas penduduk di India adalah beragama Hindu, namun tak sedikit juga ada yang beragama islam. Bisa dikatakan juga jumlah penduduk India yang beragama islam sama banyaknya dengan jumlah satu negara di Eropa. Namun ironisnya kebebasan masyarakat di India ternyata sangat menyedihkan.

Yah konflik agama serta belum adanya rasa toleransi, kerapkali membuat warga muslim islam di India selalu mendapatkan tindakan diskriminasi. Hal ini bisa di lihat dari perilaku bisu dan juga tidak ada upaya untuk memberikan solusi kepada kaum muslim di India. Banyak konflik besar di India yang berlandasan gesekan agama antara islam dengan agama mayoritas. Tak sedikit dari konflik tersebut yang mengakibatkan tewasnya banyak orang tak berdosa.

Sebagai minoritas, Muslim India memang sering mengalami hal-hal buruk. Termasuk larangan berpuasa di bulan Ramadhan. Ada sebuah cerita tentang seorang pekerja Muslim yang dipaksa oleh seorang anggota parlemen untuk tidak berpuasa. Tak hanya sekedar omongan, si anggota parlemen ini bahkan memasukkan roti ke mulut si pekerja tersebut. Peristiwa ini jadi berita heboh kala itu, sayangnya, Pemerintah India terkesan hanya diam saja.

Pemerintah Myanmar Larang Muslim Rohingya Berpuasa

Empat Negara Yang Melarang Keras Muslimnya Berpuasa

AnakRegular | Mungkin kisah yang satu ini semua orang sudah tahu, bagaimana mengerikannya kehidupan muslim Rohingya yang harus menerima kenyataan akan keputusan pemerintah yang telah membatasi mereka untuk beribadah sesuai keyakinannya. Muslim Rohingya memang sangat di benci dan bahkan pemerintah Myanmar pun tak segan membunuh warga Rohingya Muslim tanpa banyak alasan. Ironis sekali.

Puncaknya adalah aksi pembantaian berdarah yang membuat Muslim Rohingya harus buru-buru keluar Myanmar dengan perahu-perahu dan hidup sebagai pengungsi.

Sebelum tragedi berdarah itu, diketahui pemerintah Myanmar memang sudah sangat keras terhadap Muslim Rohingya. Mereka melakukan berbagai ketidakadilan, termasuk salah satunya adalah larangan berpuasa. Tak hanya itu, pemerintah juga menutup masjid-masjid sebagai pusat ibadah masyarakat. Aksi ini sendiri tak pernah ter-blow up media sehingga terkesan semuanya baik-baik saja.

Kamboja Juga Larang Warga Muslimnya Untuk Berpuasa

Empat Negara Yang Melarang Keras Muslimnya Berpuasa

AnakRegular | Sama hal nya dengan nasib Rohingya di Myanmar, muslim yang berada di negara Kamboja pun sangatlah menyedihkan. Kehidupan mereka tak lepas dari aturan pemerintah yang sangat tak seimbang. Kebebasan beragama mereka ternyata dicekal, bahkan muslim di Kamboja dilarang untuk melakukan segala aktivitas ibadah yang berbau islami, salah satunya berpuasa.

Larangan dan juga diskriminasi terhadap muslim Kamboja mulai terjadi saat Khmer Merah menguasai negara Kamboja. Para Muslim ketika itu dipaksa untuk tidak melaksanakan puasa Ramadhan, atau mendapatkan konsekuensi berupa hukuman yang kejam.

Tak hanya itu, Khmer Merah juga pernah diketahui memaksa orang-orang Muslim untuk memakan babi yang notabene sangat dilarang oleh agama. Hal ini tak pernah terungkap sebelumnya. Hingga akhirnya sebuah sidang pengadilan setahun lalu membongkar semua kengerian yang dilakukan partai komunis tersebut.

Tiongkok Larang Muslim Uighur di Negaranya Untuk Berpuasa

Empat Negara Yang Melarang Keras Muslimnya Berpuasa

AnakRegular | Siapa yang tak tahu dengan negara yang satu ini, yah negara no satu di dunia dari segi jumlah penduduknya dan perilaku copy paste nya ini ternyata sangat kejam terhadap kaum minoritas. Yah negara yang menganut paham komunis ini sangatlah kejam dan tidak bisa adil kepada semua masyarakatnya. Adalah nasib muslim Uighur yang harus menerima kenyataan akan sakitnya hidup di tanah komunis.

Bagaimana tidak, negara komunis ini diketahui memberlakukan aturan yang tak masuk akal kepada umat Muslim di sana, khususnya di Xinjiang. Ya, pemerintah melarang dengan keras yang namanya puasa Ramadhan serta mewajibkan semua kedai makanan dibuka.

Dilarang seperti ini, Muslim Xinjiang yang disebut pula dengan Uighur itu pun meradang. Mereka melakukan protes namun tak pernah dianggap serius. Alasan pemerintah Tiongkok mengeluarkan regulasi ini sendiri konyol. Mereka mengatakan dengan dilarangnya kegiatan peribadatan akan bisa menekan potensi ekstrimisme.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.