Tips Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi Saat Puasa

AnakRegular | Inilah Enam Tips Menjaga Tubuh Agar Terhindar Dari Dehidrasi Saat Sedang Berpuasa

Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi saat berpuasa harus menjadi perhatian setiap kaum muslim seluruh dunia. Apalagi puasa tahun ini ramadhan di Indonesia jatuh bertepatan dengan musim kemarau, dimana cuaca panas lebih dominan.

Berpuasa di cuaca yang panas tentu tidak mudah, rasa haus lebih mudah menyerang. Belum lagi cairan tubuh banyak terkuras saat beraktivitas di saat puasa. Sehingga tubuh pun menjadi lebih mudah dehidrasi.

Berikut ini ada beberapa kiat yang dapat dilakukan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Sehingga ibadah puasa yang dijalani pun menjadi lancar.

Tips Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi Saat Puasa

Tips Menjaga Kesehatan Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi Saat Sedang Berpuasa :


Minum Banyak Air Mineral

Air putih atau air mineral adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda karena minuman ini tinggi akan kandungan gula dan kalori.

Minuman jenis ini hanya akan membuat Anda kenyang namun tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda saat berbuka puasa tidak baik bagi kesehatan lambung Anda yang sudah seharian berpuasa.

Minum Delapan Gelas Sehari

Minum delapan gelas air dalam sehari harus tetap Anda lakukan walaupun di bulan Ramadan. Tapi tentu saja Anda tidak boleh langsung mengkonsumsi air delapan gelas sekaligus saat berbuka atau pun sahur.

Meminum air dalam jumlah yang banyak sekaligus akan membuat ginjal Anda bekerja ekstra dan ini tidak baik bagi kesehatan ginjal Anda. Anda harus bisa mengaturnya dengan baik, misalnya saja dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan sisanya saat sahur.

Konsumsi Sayur dan Buah Yang Kaya Kandungan Air

Di bulan Ramadan ini Anda juga harus memperhatikan asupan makanan Anda. Jika Anda penggemar makanan yang pedas, sebaiknya di bulan puasa ini Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang pedas. Karena makanan yang pedas akan membuat Anda lebih cepat haus saat berpuasa dan tidak baik bagi kesehatan pencernaan Anda.

Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare dan lain sebagainya. Selain itu, kurangi penggunaan garam pada masakan yang Anda buat.

Konsumsi garam berlebih justru akan membuat kebutuhan cairan tubuh Anda meningkat. Sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air.

Misalnya saja seperti buah semangka yang kaya kandungan air serta serat. Lalu Anda juga bisa mengkonsumsi air kelapa yang tidak hanya kaya air, tapi dalam air kelapa juga terdapat kandungan karbohidrat dan elektrolit yang bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selama berpuasa.

Infused Water

Jika Anda mencari hal yang baru dan menarik dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda maka infused water adalah jawaban yang tepat. Minuman herbal yang berasal dari potongan buah-buahan segar ini bisa menyegarkan Anda setelah berpuasa seharian.

Cara membuat infused water ini pun mudah, resepnya banyak tersedia di internet. Bahan-bahan untuk membuat infused water pun mudah diperoleh.

Menghindari Panas Matahari

Di musim kemarau ini sinar matahari begitu menyengat pada siang hari. Panasnya sinar matahari ini membuat tubuh kepanasan, kegerahan, dan cairan tubuh pun banyak yang terkuras.

Anda pun menjadi mudah merasa haus saat berpuasa. Oleh karenanya hindari panas matahari secara langsung. Anda bisa menggunakan pelindung seperti topi dan payung saat beraktivitas di luar ruangan.

Kemudian Anda juga sebaiknya memilih pakaian yang bahannya nyaman digunakan saat cuaca panas.

Mengurangi Aktivitas Olahraga

Olahraga memang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk di bulan puasa sekalipun. Akan tetapi, Anda sebaiknya memilih aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama. 

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.