Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

AnakRegular - Bangga sekali dengan Indonesia karena lima Senjata Tradisional nya sudah di akui dunia

Berbicara tentang budaya dan juga keanekaragaman di tanah nusantara bisa di bilang Indonesia menjadi rajanya. Yah Indonesia tanah kelahiran kita merupakan negara paling kaya di dunia, negara dengan keindahan alamnya negara dengan keragaman budayanya dan negara dengan keramahan penduduknya. Dari utara tanah Sabang hingga Timur tanah Merauke negeri ini di isi oleh keanekaragaman yang tak terhitung jumlahnya.

Salah satu budaya sekaligus peninggalan nenek moyang dan masih bertahan hingga sekarang adalah senjata tradisional nya. Dari catatan sejarah Indonesia sedari dulu sudah memiliki senjata unik yang menjadi kebanggaan berbagai suku bangga di tanah nusantara. Tak hanya sebagai senjata melainkan sebagai identitas suatu suku di mata suku lainnya.

Yah Indonesia, memang memiliki banyak senjata yang menjadi Andalan di setiap daerahnya. Namun dari banyaknya senjata tersebut ternyata ada beberapa senjata yang sampai saat ini diakui paling hebat dan terkenal ke seluruh dunia. Dengan bentuk dan juga nilai historis dari senjata-senjata tradisional tersebut, dunia pun mengakui kehebatan dari senjata-senjata tradisional di tanah Bhineka.

Senjata apa saja? Berikut anakregular informasikan lima senjata tradisional Indonesia yang diakui kehebatannya di dunia :

Rencong Dari Aceh Kemudian Terkenal di Dunia

Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

AnakRegular - Senjata tradisional pertama Indonesia yang mendunia datang dari daerah paling utara Indonesia yakni Aceh. Daerah yang memiliki aturan dan hukum khusus ini punya salah satu alat atau senjata tradisional yang sudah di akui dunia, senjata tersebut bernama Rencong.

Rencong bagi rakyat aceh bukan hanya sekedar alat atau senjata saja, melainkan sebagai simbol dan kebanggaan dari pemiliknya. Menurut sejarah, senjata rencong sudah ada dan dipakai oleh orang aceh sejak Sultan Ali Mughayat Syah atau orang mengenal sebagai raja pertama di tanah Aceh. Dalam tulisan sejarah tercatat jika sang raja tidak pernah melepaskan senjata Rencong dari pinggangnya.

Sama seperti senjata khas lainnya, Rencong punya bentuk yang unik. senjata ini memiliki belati panjang yang lurus serta gagang yang berbelok di bagian pangkalnya. Uniknya lagi, sisi-sisi Rencong selalu diukir dengan ayat-ayat Al Quran. Rencong sendiri dipakai oleh masyarakat Aceh sebagai senjata perang, entah melawan Belanda atau pun Portugis.

Mandau Senjata Terbang Terbaik di Suku Dayak

Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

AnakRegular - Menyebrang ke timur pulau yakni pulau Kalimantan ada sebuah senjata yang konon katanya bisa terbang dan sangat di takuti hingga kini. Yah senjata tradisional Indonesia bernama Mandau memang telah menjelma menjadi senjata yang sangat mengerikan. Pamor dari kehebatan senjata yang satu ini sudah menyebar ke seluruh dunia.

Mandau sendiri merupakan senjata tajam khas daerah dan dimiliki oleh suku Dayak di pedalaman Kalimantan Indonesia. Senjata yang berbentuk pisau ini sudah sedari dulu digunakan oleh bangsa dayak. Dalam sejarahnya dicatatkan suku dayak biasa menggunakan Mandau saat sedang berperang, termasuk dalam upaya mengusir bangsa asing yang ingin menjajah tanah kelahirannya.

Jika dilihat dari bentuknya, senjata mandau bisa disamakan dengan belati namun memiliki panjang yang lebih dan satu sisi nya sangat tajam sekali. Hal unik lainnya soal Mandau adalah ia juga dikenal akan pamor mistisnya. Ya, dikatakan pedang satu ini bisa terbang sendiri untuk mencari korbannya.

Kujang dari tanah Siliwangi Kemduian Dunia

Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

AnakRegular - Bagi orang sunda yang bermukin di Jawa khususnya jawa barat tentu tidak asing dengan benda yang satu ini. Yah kujang namanya, senjata tradisional yang menjadi kebanggaan Jawa Barat ini sudah ada sejak abad 8 silam. Dalam arti historisnya kujang disebutkan tidak hanya dipakai sebagai senjata saja. Namun kujang di gunakan sebagai refleksi diri bagaimana orang Sunda khususnya di Jawa Barat yang berani melindungi kebenaran.

Dilihat dari bentuknya, Kujang adalah senjata yang sangat unik. Ia melengkung ke depan dengan sisi percabangan kecil. Dulu senjata ini dipakai untuk perang dan juga berladang. Namun, semakin berjalannya waktu penggunaan Kujang pun makin jarang. Kini, senjata satu ini hanyalah sebagai cindera mata saja.

Badik Jadi Bukti Sejarah Pengusiran Belanda di tanah Makassar

Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

AnakRegular - Dalam sejarah Indonesia, bagian timur di tanah nusantara merupakan bagian pertama yang telah di serang dan di duduki oleh orang Eropa dan kemudian di jajah dengan sadisnya. Namun dalam catatan sejarah orang timur tidak serta merta langsung menyerah dan menerima kekejaman bangsa asing dalam mencuri kekayaan tanah kelahirannya. Ada perlawanan dan ada peperangan dimana senjata badik menjadi saksi sejarahnya.

Badik, keberadaannya tak hanya sebagai senjata, namun juga pride alias kebanggaan si pemiliknya. Tak hanya itu, badik juga dipercaya oleh orang-orang sana memiliki tuah, entah membawa kebahagiaan atau sebaliknya. Badik sendiri dikenal di luar lantaran sudah digunakan oleh orang-orang Bugis sejak ratusan tahun lalu.

Kerambit Kebanggaan Tanah Minang yang Telah Mendunia

Bangga! Inilah Lima Senjata Asli Indonesia Yang Mendunia

Anakregular - Terakhir senjata asli Indonesia yang telah diakui dunia karena kehebatan dan nilai histori didalamnya adalah Kerambit. Banyak orang yang tidak tahu dengan senjata yang satu ini. Kerambit adalah salah satu senjata dari banyaknya senjata tradisional Indonesia yang menduia, senjata ini berasal dari tanah Minang dan sudah menjadi identitas bagi masyarakat disana.

Kerambit mulai terkenal di dunia diawali dari populernya Pencak Silat. Ya, senjata ini adalah salah satu ornamen penting dalam seni bela diri tersebut. Dari sini kemudian Kerambit dikenal banyak orang. Bangganya lagi, hari ini begitu banyak yang memakainya, bahkan termasuk para tentara AS. Sayangnya, senjata ini di negeri sendiri kurang begitu populer.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.