Tips Merawat Power Bank Agar Awet Dan Tak Cepat Rusak (Drop)

loading...
loading...
AnakRegular - Untuk Saat ini hubungan antara power bank, smartphone dan pokemon go memang tak bisa di pisahkan ketiganya saling membutuhkan dan playernya akan marah-marah ketika smartphone mati di kala ada pokemon legend di depannya.

Saat ini dunia teknologi tak bisa lepas dari namanya daya. Daya sendiri berarti listrik yang menghasilkan energi. Hampir semua produk teknologi mulai dari televisi, komputer hingga smartphone semuanya membutuhkan daya. Karenanya tanpa ada daya di dalamnya maka barang-barang tersebut tidak bisa digunakan.

Umumnya beberapa produk teknologi selalu dibekali dengan daya yang standar dalam artian tidak ada yang abadi ataupun tahan lama, apalagi jika digunakan dengan cara memaksa tentu daya yang ada akan cepat habisnya. Walau beberapa produk teknologi misal smartphone masa kini sudah dibekali daya yang luarbiasa tentu tetap saja jika digunakan dengan cara paksa alias semua tersinkron tentu daya yang ada akan cepat habisnya.

Karena itulah untuk mengatasi masalah itu, muncul beberapa produk baru yang dikhususkan untuk penambah daya tambahan. Sebut saja Power Bank, alat ini biasa digunakan Anda, Anda dan Anda semua saat smartphone Anda mulai sekarat. Yah penyimpanan daya yang ditawarkan oleh power bank ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri. Namun meski begitu power bank bukan satu-satunya solusi, karena apa sebagus apapun power bank tentu akan ada masa dimana barang tersebut akan rusak.

Karena itulah diperlukan ketelitian dan juga cara perawatan yang baik dikala Anda menggunakan power bank. Jangan sampai powerbank yang Anda beli belum lama sudah drop alias rusak dan tak bisa digunakan kembali. Apalagi bagi Anda pemburu pokemon asupan suplai daya bagi smartphone Anda adalah sesuatu yang harus selalu Anda perhatikan.

Tips Merawat Power Bank Agar Awet Dan Tak Cepat Rusak (Drop)


Charge power bank dengan daya listrik yang sesuai

Misalnya 5 volt/2 ampere (5V/2A). Pengisian daya di bawah itu bisa merusak bateri dalam power bank, bahkan pada beberapa kasus meledak.

Charge power bank di suhu ruangan normal (25 derajat Celcius)

Suhu panas bisa berdampak negatif bagi power bank, memperpendek umurnya.

Jangan buat power bank 'kerja keras'

Contohnya adalah menggunakan power bank sambil mengisi dayanya atau memainkan aplikasi berat (misalnya game). Hal ini membuat power bank harus bekerja ekstra. Panas berlebih yang muncul saat bekerja dua kali lipat ini dapat merusak baterai power bank.

Jaga power bank agar selalu kering

Kondisi lembab sekalipun bisa berbahaya bagi power bank karena bisa muncul uap air yang menyebabkan bagian dalam power bank berkarat.

Isi daya sesekali bila lama tak dipakai

Apabila kamu berencana untuk tidak memakai power bank dalam waktu lama (lebih dari satu bulan), ada baiknya untuk mengisi dayanya sesekali. Satu kali dalam sebulan cukup agar kapasitasnya tidak berkurang karena jarang dipakai.

Jangan isi ulang power bank terlalu lama

Kita pasti sering membiarkan power bank dicharge semalaman, terlebih power bank yang memiliki kapasitas besar di atas 10.000mAh. Akan tetapi cara ini lebih baik dihindari. Sebab mencharge semalaman meski si power bank sudah penuh bisa memicu overheat dan kerusakan internal.

Jangan sampai terjatuh

Ini mungkin tantangan terbesar bagi pemilik power bank. Bagi banyak orang, power bank terjatuh sudah menjadi hal biasa. Namun jatuh dari ketinggian lebih dari satu meter kerap menimbulkan kerusakan internal power bank. Tak salah bila kini banyak silicon case beredar untuk melindungi power bank.

Nah, itulah sekiranya tujuh tips merawat Power Bank Agar tetap awet dan tak cepat rusak. Silahkan praktekkan kawan!

Loading...
loading...