Fakta Menarik Mengenai Berat Badan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Kita Ketahui

AnakRegular - Inilah beberapa fakta dan pengetahuan yang harus Anda tahu sekilas tentang berat badan bayi baru lahir yang seringkali bikin salah kaprah!

Tumbuh kembang bayi mulai dari lahir hingga beranjak tumbuh dewasa merupakan salah satu indikator dalam mengukur kesehatan bayi secara keseluruhan. Seringkali berat badan untuk bayi baru lahir selalu menjadi perdebatan.

Dikala bayi lahir dalam berat badan sangat ringan sering dikatakan bayi tersebut mengalami suatu kecacatan, dan jika lahir dengan berat badan jumbo juga dikatakan hal aneh-aneh juga. Nah perlu Anda ketahui khususnya wanita untuk takaran berat badan yang normal ternyata dapat menentukan perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang pernah melakukan persalinan di rumah sakit sering kali dokter dan perawat secara berkala mengukur berat bayi, bersamaan dengan ukuran kepala. Oleh karenanya penting sekali untuk para orang tua mengetahui tumbuh kembang bayi melalui berat badan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang berat badan bayi, berikut adalah beberapa penjelasan fakta dan juga ukuran takaran berat-berat badan bayi berdasarkan karakteristiknya.

Fakta Menarik Mengenai Berat Badan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Kita Ketahui

Fakta Dibalik Berat badan Bayi Baru lahir : Silahkan disimak


Berat Bayi Normal - 7,5 Pon atau 3,3 Kg

AnakRegular - Untuk ukuran berat badan bayi yang normal dikatakan sebesar 7,5 pon atau setara dengan 3,3 kilogram. Akan tetapi perlu diketahui juga, ambang batas berat bayi bisa dikatakan normal ialah berkisar antara 5,5 hingga 10 pon (2,4 kg hingga 4,5 kg). Dan biasanya berat badan bayi yang baru lahir selalu di pengaruhi oleh pola makan dan berat badan sang ibu juga.

Ibu yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki bayi yang lebih berat dibandingkan dengan ibu dengan berat badan normal. Akan tetapi, ibu yang tipe ini akan lebih bagus karena si bayi didalam kandungan akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang ketimbang ibu yang berlebih berat badan normal cenderung asupan gizi bagi bayi lebih kecil.

Berat Badan Ringan (Prematur)

AnakRegular - Sering kali kita juga mendengar perkataan jika berat bayi baru lahir ada yang sangat ringan sekali. Dalam dunia medis keadaan tersebut bisa dikatakan dengan istilah bayi prematur, alasannya bayi yang lahir sebelum waktunya dan ketika lahir terlihat sangatlah kecil. 

Dari dunia medis dikatakan ada banyak sekali alasan yang menjadi latarbelakang kenapa bayi bisa terlahir prematur dengan kondisi berat badan yang sangat ringan sekali. Salah satunya dikatakan berat badan bayi yang ringan dapat disebabkan oleh adanya kemungkinan sang bayi mewarisi penyakit turunan dari orang tuanya.

Fakta Berat Badan Kerap Berubah

AnakRegular - Bagi bayi yang normal dengan berat badan yang ideal bisa dikatakan bayi tersebut akan mendapatkan masa pertumbuhan yang menyehatkan. Akan tetapi perlu diketahui, berat badan normal ternyata akan menurun sekitar 10 persen dalam waktu seminggu setelah bayi dilahirkan. 

Meski begitu, orang tua tidak perlu khawatir karena bayi dapat dengan mudah menambah kembali berat badannya jika mendapatkan asupan Asi yang cukup dari sang ibunya tentunya.

Fakta Masalah Plasenta Sang Ibu

AnakRegular  - Bayi yang memiliki masalah plasenta akan memiliki aliran darah yang lebih rendah saat dalam kandungan. Hal ini menyebabkan terjadinya hambatan dalam pertumbuhan bayi. Pasalnya, bayi dalam kandungan tersebut tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk diserap.

Fakta atau Mitor Gender Menentukan berat Badan Bayi

AnakRegular - Sering kita dengar perbedaan gender pada bayi konon katanya dapat menentukan berat badan bayi saat dilahirkan. Dikatakan bayi perempuan biasanya memiliki berat badan lebih ringan daripada lawan jenisnya kala dilahirkan. Meski begitu tak semuanya benar kawan, perbedaan yang ada tidak begitu mencolok dan hanya terlihat saat baru dilahirkan saja!

Fakta Antara Ukuran Tubuh Ortu dan Berat Bayi

AnakRegular - Dikatakan ternyata ukutan tubuh kedua orang tua ayah dan ibu ternyata dapat mempengaruhi seberapa besar berat badan bayi saat dilahirkan. Menurut medis orang tua yang memiliki berat badan lebih besar dan tubuh lebih tinggi akan memiliki bayi dengan berat lebih besar diatas rata-rata.

Begitu sebaliknya dikatakan jika orang tua dengan berat badan ringan apalagi bertubuh kecil dikatakan akan memiliki bayi dengan berat badan yang lebih keceil dari rata-rata. Apakah segitunya?

Kesehatan Itu Berepengaruh Pada Berat Bayi

AnakRegular - Ibu yang sehat pasti akan melahirkan anak yang sehat juga begitu pula sebaliknya. Dikatakan jika seorang ibu muda lagi mengandung memiliki tekanan darah tinggi atau masalah jantung, maka resiko melahirkan bayi dengan berat badan ringan sekali cenderung lebih besar.

Apalag jika ibu mengandung tersebut ternyata sedang merokok atau suka minum minumal alkohol bukan tak mungkin bisa memberikan dampak buruk bagi bayi yang akan dilahirkan. So hindari kegitan yang tidak menyehatkan untuk mendapatkan dan menjaga anak keturunan Anda tetap sehat terjaga kawan.

Fakta Berat Badan Bayi Kembar Saat Dilahirkan

AnakRegular - Bukan tak mungkin jika bayi kembar memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan yang berbeda dan lebih ringan dibandingkan rata-rata. Pertanyaannya apakah amankah kelahiran bayi kembar tersebut? Melahirkan beberapa kali dalam satu kandungan alias bayi kembar ternyata dapat menimbulkan masalah karena tidak ada ruang yang cukup dalam uterus.

Hal ini yang terkadang menjadi penyebab bayi kembar dilahirkan lebih cepat dari waktunya dengan ukuran berat yang lebih kecil.

Faktor Gizi Bagi bayi dalam kandungan dan Setelah Lahir

AnakRegular - Gizi yang baik merupakan syarat bertumbuhnya bayi dengan sehat. Jika ibu tidak mendapatkan asupan gizi yang baik selama mengandung, bayi yang dikandung akan ikut terpengaruh. Pengaruh ini tidak hanya terlihat pada berat badan sang bayi tetapi juga pertumbuhan bayi di masa depan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.