Enam Hewan Ini Punya Umur Paling Panjang di Dunia, Abadi Salah Satunya!

AnakRegular - Inilah Enam Hewan di Lautan dan Daratan yang dikatakan dan dinobatkan sebagai hewan dengan umur paling panjang di dunia dan salah satunya dikatakan Abadi oleh para peneliti

Tidak ada yang abadi di dunia ini, semua akan mengalami kematian di kemudian hari, dan itu pasti akan terjadi. Tidak ada yang bisa menolak dan tidak ada pula yang mengembalikannya kembali. Semua yang pernah ada di bumi pasti akan hilang di kemudian hari. Semua makhluk hidup yang ada pada suatu saat nanti pasti akan kembali kepadanya.

Dari banyaknya penelitian yang sudah dilakukan dikatakan jika bumi yang kita pijak ternyata telah di tinggali setidaknya oleh 8,7 juta spesies makhluk hidup (Hewan, manusia, dan tumbuhan) Sebagian ada yang sudah punah, sebagian lagi sedang menunggu kepunahan nya, terkecuali manusia yang semakin tahun malah bertambah saja.

Dan dari banyaknya spesies tersebut ternyata hanya sedikit yang mempunyai usia yang panjang. Kebanyakan dari makhluk tersebut hanya memiliki batas usia sampai angka-angka tertentu saja, tak pernah ada yang bisa hidup lebih lama di dunia ini. Terkecuali bagi hewan-hewan berikut ini, dikatakan hewan dibawah ini memiliki umur yang sangat panjang dan diakui sebagai makhluk yang abadi yang ada di dunia.

Hewan apa saja, berikut ulasan singkatnya :

Enam Hewan Ini Punya Umur Paling Panjang di Dunia, Abadi Salah Satunya!

Hewan Darat dan Laut Berumur Panjang Paling Abadi Didunia :


Ubur-Ubur Turritopsis - Tidak Diketahui (Abadi Mungkin)

AnakRegular - Hewan yang satu ini dikatakan merupakan hewan yang berumur panjang, Ilmuan mengatakan jika hewan yang satu ini dapat terhindar adari maut. Turritopsis dohrnii namanya, hewan ini hidup bahagia di laut Mediterania. 

Meskipun abadi, ubur-ubur ini masih rentan terhadap serangan predator lain mengingat ukuran kecilnya (hanya 4,5 milimeter). Hewan ini menggunakan tentakelnya yang bisa mencapai 90 buah untuk memangsa telur ikan dan plankton.

Koral Hitam Umur Paling Tua 2000 tahun

AnakRegular - Makhluk hidup yang satu ini dikatakan merupakan spesies terumbu karang yang masuk dalam daftar hewan terancam punah. Dari hasil penelitian hewan ini mampu hidup panjang jika tidak mengalami musibah, dalam batasan normal Koral Hitam bisa hidup sampai 2000 tahun, waw banget bukan! Adapun ekosistem yang ideal dari Koral hitam adalah laut tripis dan beberapa kawasan di laut Selandia Baru.

Di tahun 2009, ilmuwan melaporkan penemuan Koral Hitam jenis Leiopathes yang berumur 4.265 tahun saat melakukan ekspedisi laut dalam di Hawaii. Dalam laporan itu, Koral Hitam Leiopathes itu disebut tumbuh 4-35 mikro meter per tahun.

Kerang Islandia Hidup Tertua 507 Tahun

AnakRegular - Sebuah penelitian dilakukan di tahun 2006 silam di negara Islandia. Dari penelitian tersebut Ilmuan menemukan spesias kerang dengan umur yang sangat wah dan lama banget. Ilmuan kala itu menemukan kerang spesies Arctica Islandica yang diklaim sudah berumur 507 tahun.

Kerang ini oleh ilmuwan diberi nama 'Ming'. Nama ini diambil dari era Dinasti Ming di China yang muncul bersamaan dengan lahirnya si kerang. Menariknya, saat memulai penelitian kerang Islandia di tahun 1980an, ilmuwan tidak sadar bila kerang ini umurnya tembus 100 tahun. Untuk mengetahui umur si kerang, ilmuwan meneliti banyaknya garis-garis guratan di cangkangnya.

Hiu Greenland Usia Tertua 400 tahun

AnakRegular - Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Copenhagen mempublikasikan penemuan yang sangat menguncangkan, dikatakan dari penelitian tersebut ditemukan Hiu Greenland jantan berusia 400 tahun dan betina berusia 392 tahun di kawasan samudera Atlantic bagian Utara. 

Hiu ini lantas disebut sebagai hewan vertebrata (bertulang belakang) dengan umur terlama. Hiu Greenland adalah pemangsa yang makanan utamanya terdiri dari ikan-ikan kecil, udang, bahkan tidak jarang mereka memangsa sesama (kanibalisme).

Paus Bowhea - Usia Paling Tua 200 Tahun

Anakregular - Sebagai salah satu hewan terbesar di dunia Paus Bowhead yang biasa ditemukan di Laut Kutub Utara dan Greenland ini dikatakan dapat hidup hingga 200 tahun lamanya. Dengan ini Paus Bowhead dinobatkan sebagai mamalia air pertama yang memiliki umur terlama di dunia.

Ilmuwan bahkan mencatat bila paus Bowhead bisa hidup hingga ratusan tahun tanpa terkena penyakit. Satu-satunya penyebab eksternal paus ini mati adalah diburu manusia dan paus Orca. Selain umur panjang, paus Bowhead juga terkenal karena mempunyai mulut terbesar di dunia meski ukurannya hanya setengah dari paus Biru.

Kura-Kura Galapagos Umur Tertua 152 Tahun

AnakRegular - Terakhir hewan yang memiliki umur paling panjang dan bisa dikatakan abadi datang dari daratan. Yah hewan tersebut adalah Kura-Kuran Galapagos yang dalam sejarahnya ditemukan oleh bangsa Spanyo di tahun 1535. Dikatakan jika hewan berumah sendiri ini mampu hidup hingga 152 tahun lamanya.

Dengan usia yang panjang tersebut kura-kura ini bisa tumbuh dengan panjang 1,5 meter dan bobot sampai 225 kg lebih. Ironisnya, kura-kura raksasa Galapagos terakhir di Galapagos National Park mati di usia 100 tahun. Kura-kura bernama George itu sebelumnya sudah hidup sendiri hingga dilaporkan mati tanggal 26 Juni 2012 lalu.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.