Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Inilah lima pohon perkasa di dunia yang selamat dan tetap berdiri tegak sampai sekarang dan menjadi saksi dari suatu peristiwa mengerikan di masa lalu

Bisa dikatakan salah satu makhluk hidup yang bisa bertahan hidup lebih lama di bumi ini adalah pohon. Pohon yang merupakan salah satu bentuk tumbuhan di bumi ini bisa hidup lebih lama dari manusia, bahkan bisa hidup lebih dari 7 generasi manusia. Sudah banyak sekali pohon-pohon di dunia ini yang telah berusia ratusan tahun.

Tak heran jika umur pohon-pohon kerap kali mencapai ratusan tahun, hal ini wajar karena tidak seperti makhluk lainnya, pohon setiap pertumbuhan terus mengalami peningkatan dan tak sedikit semakin tua umurnya semakin kokok pohon tersebut. Dan dalam berbagai peristiwa sekaligun beberapa pohon kerap bisa selamat dan masih bisa tegak berdiri walau sudah di ombang ambing oleh bencana.

Seperti beberapa pohon berikut ini, tumbuh dan berdiri tegak di tengah kota dan pernah mengalami bencana mematikan, semisal bencana alam dan juga serangan bom ditanah konflik pohon-pohon ini tetap selamat dan masih bisa hidup sampai sekarang. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap pohon-pohon ini sebagai saksi sebuah peristiwa.

Kini pohon-pohon ini di keramatkan, dan bahkan di lindungi oleh dewan kota. Keberadaannya telah menjadi sebuah identitas dari kota yang ia tinggali. Penasaran, apa dan bagaimana kisah ceritanya, silahkan simak kawan :


Pohon Hibaku Jimoku Saksi Sejarah Bom Atom di Jepang

Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Pohon Hibaku Jimoku sejatinya masih menjadi saksi nyata dari kisah kelam Jepang di masa lampau, tepat dikala Jepang menjadi negara penantang di perang dunia kedua hancur luluh lantah oleh dua serangan bom atom di kota industri terbesar di sana Hiroshima dan Nagasaki. Bom tersebut pulalah yang menyebabkan Jepang menyerah telak tanpa Syarat kepada Amerika.

Apalagi dampak bom yang di luncurkan oleh pihak sekutu tersebut telah memusnahkan segala bentuk kehidupan, hampir tidak ada korban yang selamat, adapun ada yang selamat kini sudah tidak ada lagi. Namun satu keajaiban, ternyata oh ternyata tidak semua bentuk kehidupan hilang di dua kota tersebut, walau nyawa manusia tidak ada yang selamat namun nyatanya kehidupan tumbuhan berkata lain.

Tepat pada musim semi setelah Hirosima Hancur, di kota tersebut tumbuh tunas-tunas tanaman baru. Rupanya tak sedikit pohon yang ada disana selamat dari serangan bom mematikan tersebut. Karena itulah penduduk Jepang memberi nama pohon yang selamat dengan nama Hibaku Jimoku yang dalam artinya melambangkan harapan baru di tengah kehancuran.

Sampai saat ini, 170 batang Hibaku Jimoku masih tumbuh subur di sejumlah titik di Hiroshima dan Nagasaki. Masing-masing pohon ditempeli papan nama. Sementara bibitnya telah disebarluaskan hingga ke seluruh dunia.

Pohon De Booming Die Alles Zag Saksi Bisu Tragedi Kecelakaan Pesawat di Belanda

Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Ditahun 1992 tepatnya di kawasan Bijlmermeer, Amsterdam Belanda telah terjadi kecelakaan pesawat yang menyebabkan sebagian penumpang tewas seketika. Kala itu sebuah pesawat kargo Boeing 747 menabrak sebuah apartemen di kawasan Amsterdam Belanda.

Insiden tersebut telah merenggut 43 orang, dan yang lainnya luka-luka. Namun uniknya walau apartemen hancur diterjang oleh pesawat, sebuah pohon yang berada di dekat area jatuhnya pesawat malah tetap berdiri tegak. Pohon tersebut tidak mengalami kerusakan, hingga pada akhirnya pohon yang bernama De Booming Die Alles Zag dijadikan altar untuk belasungkawa.

Hampir setiap tahunnya, untuk memperingati insiden kecelakaan, warga Belanda selalu meletakkan karangan bunga dan ucapan bela sungkawa dib bawah pohon untuk mengenang para korban yang tewas kala itu. Dan sampai sekarang pohon tersebut masih tetap berdiri dan mendapatkan perlakuan khusus dari dewan kota.

Pohon American Elm Saksi Bisu Dari Insiden Bom Oklahoma

Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Insiden mengerikan pernah terjadi pada tahun 19 April 1995 di Amerika Serikat. Tepatnya tragedi bom yang telah menghancurkan gedung pemerintahan Federal yang beroperasi di pusat kota Oklahoma City, Amerika Serikat. Dalam peristiwa mengerikan itu, dilaporkan 168 orang tewas dan 700 orang mengalami luka-luka.

Dan diantara beberapa korban yang selamat ada sebuah pohon elm yang siketahui sudah berusia ratusan tahun dan selamat tetap tegak berdiri setelah insiden mengerikan tersebut. Letaknya yang berada di lahan parkir gedung sebelum di bom merupakan tempat favorit para karyawan gedung untuk memarkir mobil dan beristirahat sejenak.

Setelah kejadian, pohon tersebut nyaris ditebang untuk kepentingan forensik. Para petugas bermaksud mengumpulkan bukti berupa serpihan-serpihan objek yang tergantung di dahan dan menancap di batang pohon. Namun warga setempat menghalangi penebangan.

Sekarang pohon elm berikut area sekitarnya dijadikan monumen. Sebuah prasasti dibangun di dekat pohon dengan kata-kata yang berbunyi, "Semangat kota ini dan bangsa ini tidak akan kalah, iman kita mengakar dan menopang kita."

Pohon Miracle Pine, Saksi Dari Kisah Tsunami Mengerikan di Jepang

Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Tahun 2011 silam, Jepang pernah dilanda sebuah bencana yang tidak ingin orang lihat. Kala itu tsunami hebat telah meluluhlantahkan sebagian besar wilayah Jepang. Kejadian tersebut juga disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi. Hampir tidak ada yang tersisa, korban jiwa pun tak tehitung jumlahnya.

Salah satu kawasan yang mendapat dampak cukup besar akan peristiwa tersebut adalah Tohoku, hampir semua hutan di Rikuzentakata, Iwate Prefecture lenyap dalam semalam. Dari 70.000 pohon yang ada di sana, hanya satu batang yang tetap berdiri tegak.

Pohon yang lantas diberi nama Miracle Pine itu teta hidup selama 18 bulan, namun keadaannya semakin memprihatinkan karena tanah tempatnya tumbuh memiliki kadar garam yang terlalu tinggi. Sebelumnya, pohon yang berusia 173 tahun itu sudah menyaksikan tiga gelombang tsunami besar.

Setelah mati, Miracle Pine ditebang dan diawetkan. Sekarang pohon itu masih berdiri tegak sebagai monumen pengingat bencana tsunami Tohoku. Batangnya diperkuat dengan kerangka karbon. Sementara daun dan cabangnya diganti dengan plastik.

Pohon Survivor Tree Jadi Saksi Bisu Tragedi 11 September 2011 Amerika Serikat

Tetap Berdiri Tegak, Lima Pohon Ini Menjadi Saksi Bisu Peristiwa Mengerikan Dunia

AnakRegular - Pohon pir callery (pyrus calleryana) ini merupakan satu di antara enam pohon di sekitar kompleks gedung kembar World Trade Center yang tetap hidup setelah serang teroris 11 September 2001. Setelah kejadian, pohon tersebut berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Batangnya hangus dan hanya memiliki satu ranting yang masih hidup.

Setelah peristiwa 9/11, pohon setinggi 8 kaki yang ditanam pada tahun 1970-an itu dirawat hingga pulih seperti sedia kala. Pohon tersebut dinamai Survivor Tree dan dipindahkan ke National 9/11 Memorial di Manhattan.

Sejak tahun 2013, bibit Survivor Tree disalurkan kepada warga Amerika Serikat yang menjadi korban bencana alam dan serangan teroris. Antara lain korban penembakan massal Newtown, badai di Joplin, serangan bom Boston dan tanah longsor di Oso.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.