Lima Tradisi Unik Negara Dunia Dalam Merayakan Hari Kemerdekaan

AnakRegular - Dalam merayakan dan menyambut hari kemerdekaan setiap negara mempunyai cara dan juga kegiatan khusus yang selalu dilakukan di hari kemerdekaan, dan inilah salah satunya

Perayaan hari kemerdekaan sudah menjadi suatu kewajiban yang dilakukan oleh para warga negara dalam menyambut dan memeriahkannya termasuk Indonesia. Ya, dikala hari kemerdekaan tiba, warga akan saling berlomba, menyiapkan beragam artibut dan membuat nuansa kemerdekaan di setiap sudut jalan, rumah, dan yang lainnya. Selain upacara kemerdekaan yang wajib di lakukan, beragam kegiatan lainnya seperti lomba menjadi satu yang unik setiap tahunnya.

Ya, di Indonesia sendiri ada banyak sekali perlombaan yang menghiasi hari kemerdekaan. Seperti lomba panjat pinang, makan kerupuk dan lainnya, walau dikatakan sangat kuno dan tidak evolusi, namun perlombaan tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun. Warga menikmati dan juga peserta bersorak gembira melakukannya.

Bisa dikatakan tradisi perayaan di Indonesia terbilang unik, karena tidak ada negara lain yang bisa melakukannya selain Indonesia. Meski begitu tradisi unik di hari kemerdekaan tidak hanya di lakukan oleh Indonesia saja, ternyata dibelahan negara lainnya ada juga beragam tradisi unik yang menjadi sajian khusus dan di tunggu kehadirannya dikala kemerdekaan tiba.

Lima Cara Unik Negara Dunia Dalam Merayakan Hari Kemerdekaan
Panjat Pinang jadi Salah Satu Tradisi Kemerdekaan unik di Indonesia
Apa saja, dan dimana saja tradisi tersebut berikut anakregular informasikan lima tradisi unik dalam merayakan hari kemerdekaan negara di berbagai belahan dunia. Silahkan disimak kawan :

Tradisi Panjat Pinang Pada Kemerdekaan Indonesia

AnakRegular - Yah tradisi paling populer dan mungkin selalu menjadi menu khusus di negeri tercinta Indonesia dikala kemerdekaan tiba, ya Panjat pinang namanya. Tradisi ini memang menjadi ajang kemeriahan yang selalu ada di setiap daerah Indonesia. Entah apa dan gimana namun yang pasti panjat pinang ini sangat seru dan penuh akan sarat makna.

Adapun sebuah filosofi yang menyatakan jika panjat pinang adalah gambaran Indonesia dimasa lalu, dimana semua rakyat dan juga para pahlawan saling bahu membahu melawan penjajah dan juga memerdekakan Indonesia. Yah pastinya setiap tahun panjang pinang ini selalu menjadi hiburan utama yang selalu di tunggu oleh bangsa Indonesia.

Pesta di Markam Damkar Dalam Kemerdekaan Prancis

AnakRegular - Sebuah kegiatan yang tak biasa dan juga sangat unik tentunya dilakukan oleh rakyat Prancis pada hari kemerdekaannya. 14 Juli yang menjadi tanggal bersejarah bagi negara mode ini dirayakan dengan suka cita, dimana dalam sejarahnya awalnya Prancis adalah negara kerajaan namun dengan revolusi tirani kerajaan pun berubah menjadi republik.

Salah satu tradisi yang mungkin menjadi cikal bakal tradisi lainnya yang dilakukan oleh negara lain adalah parade yang dilakukan oleh militer negara, Parade Militer Prancis pertama di lakukan di Champ-Elysees. Selain itu pada perayaan hari kemerdekaan ini rakyat Prancis punya tradisi unik yakni markas petugas pemadam kebakaran dibuka untuk umum sehingga warga bisa mengunjungi mereka untuk menari, minum-minum, dan berpesta.

Menari Tradisional di Pantai Saat Kemerdekaan Ghana

AnakRegular - Sedikit menyebrang ke negeri hitam Afrika, di salah satu negaranya terdapat salah satu tradisi unik dalam menyambut dan memeriahkan hari jadi negara. Tanggal 6 Maret adalah tanggal bersejarah bagi Ghana di Afrika, tanggal tersebut merupakan cikal bakal dan juga  menjadi sejarah dimana kala itu 6 Maret 1957 Ghana resmi lepas dari Inggris.

Bisa dikatakan Ghana termasuk dalam negara pertama dari Afrika yang meraih kemerdekaan dari bangsa Eropa. Saat ini kemerdekaan bersejarah dirayakan dengan kembang api, parade, dan pawai. Namun begitu, perayaan belum dirasa cukup tanpa adanya pertunjukkan musik dan tari di area pantai. Tradisi hip hop ala Afrika Barat juga turut memeriahkan suasana. Sebuah perlombaan khas di hari nasional mereka terletak di desa pemancingan Shama.

Lomba Baca Taurat Saat Kemerdekaan Israel

AnakRegular - Ya, sebagai negara yang kontroversi dan juga suka perang dalam mendapatkan wilayah, ternyata Israel dikenal sangat dalam akan kepercayaannya. Dengan mayoritas warganya yang merupakan keturunan nabi Musa AS, setiap setahun sekali warga Israel kerap kali berkumpul di Gunung Herzl untuk mengakhiri Hari Peringatan Yom Hazikaron dan memulai Hari perayaan Kemerdekaan Yom Ha'atzmaut. 

Pada acara itu ada 12 obor dinyalakan sebagai simbol jumlah suku Israel.  Rakyat merayakan hari kemerdekaan setelah lepas dari penguasa Inggris dengan berkumpul bersama keluarga, menggelar konser, dan doa.  Selain itu ada juga acara kompetisi menghapal isi Kitab Taurat yang digelar di Yerusalem. Pesertanya biasanya siswa sekolah di dalam dan luar negeri.

Main Layangan Bersama di Hari Kemerdekaan India

AnakRegular - Terakhir dari negeri terpadat kedua dunia, India memiliki cara unik dalam memeriahkan hari jadi negaranya. Ya, negara yang duahari lebih dulu merayakan kemerdekaan dari Indonesia namun dua tahun lebih lama dari Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya dengan sangat meriah. 

Sebagai negara merdeka yang lepas dari jajahan Inggris, setiap tahunnya miliaran rakyat memperingati hari bersejarah mereka di tiap tempat aktivitas, rumah, kantor, sekolah dengan warna bendera India. Keluarga di rumah juga merayakan dengan bersama menonton upacara bendera yang disiarkan langsung di Red Fort, New Delhi. Acara yang dilakukan masyarakat India juga tak kalah menarik, seperti penerbangan layang-layang sebagai simbol kemerdekaan.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.