Alasan Mengapa Tubuh Menjadi Kedinginan Sehabis Mandi Dengan Air Hangat

AnakRegular - Mandi dengan air hangat di kala udara dingin memang sangat menyenangkan, namun yang terjadi malah sebaliknya setelah mandi air hangat badan kerap kedinginan kembali.

Alasan Mengapa Tubuh Menjadi Kedinginan Sehabis Mandi Dengan Air Hangat

Mandi adalah suatu rutinitas yang biasa dilakukan oleh manusia dan hewan. Dikala tubuh sudah kotor atau sudah lelah karan aktivitas berat seharian biasaya dengan mandi dan berendam dalam air stamina tubuh seketika menjadi segar kembali. Karena itu tak heran jika mandi minimal dua kali dalam sehari menjadi rutinitas yang tak bisa di pisahkan.

Meski demikian tak semua orang punya kebiasaan mandi yang sama dengan yang lainnya. Terkadang orang yang satu suka mandi pagi dan sore sepulang kerja, adapun ada yang suka mandi di waktu sore saja. Adapula yang jarang mandi dengan alasan yang tak masuk akal, seperti dingin dan mager (malas gerak).

Apalagi jika menyangkut mandi pagi yang notabenya suhu udara kala itu masih sangat dingin dan selimut masih tak bisa dipisahkan dari balutan tubuh. Tentu salah satu cara untuk mau mandi di saat seperti itu adalah mandi dengan air hangat/air panas. 

Mungkin beruntung bagi Anda yang sudah punya fasilitas water heater dalam rumah yang mana bisa dengan cepat dan mudah untuk mandi dengan air hangat setiap saat. Lantas bagi kita yang biasa-biasa saja pasti akan memasak air dalam teko dulu kemudian setelah panas di masukkan kedalam ember atau tempat penampungan air untuk digunakan mandi.

Memang dalam kenyataannya mandi dengan air hangat bisa membuat badan terasa hangat dan mandi menjadi lebih menyenangkan. Namun ternyata hangat yang di hasilkan tidaklah bertahan lama, dan dalam faktanya setelah air hangat habis badan kita malah menjadi  kedinginan dari biasanya. Kenapa bisa begitu?

Jawabannya, ternyata soal penguapan. Yah setelah Anda keluar dari kamar mandi, air hangat yang masih melekat pada kulit Anda seketika akan menguap. Namun karena berubah menjadi gas, air membutuhkan panas, uap tersebut langsung menyerap energi panas dari sekitarnya.

Hal ini langsung menyebabkan temperatur tubuh langsung menurun. Bahkan tak hanya temperatur tubuh yang turun, energi panas dari kulit kita juga langsung diserap dan membuat kita makin kedinginan lagi!

Air sebenarnya akan selalu menguap. Alasan mengapa penguapan terjadi di luar kamar mandi, karena udara di luar kamar mandi tak selembap di dalam kamar mandi, yang membuat air tak bisa menguap. Hal ini juga didukung dengan air hangat yang menguap lebih cepat ketimbang air dengan temperatur biasa.

Jika udara dingin, penguapan macam ini memang sangat menyebalkan. Namun hal ini cukup membantu di cuaca panas menyengat. Penguapan sehabis mandi, menyebabkan proses keluarnya keringat, yang merupakan mekanisme pendinginan tubuh, makin berjalan dengan lancar.

Nah itulah kawan alasan mengapa setelah mandi air hangat tubuh malah menjadi lebih dingin dari biasanya. Semoga bermanfaat..


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.