Empat Kota Tanpa Malam dan Bulan Alias Siang Seharian Paling Unik di Dunia

AnakRegular.com | Dikota-kota ini siang akan terjadi sepanjang hari, hampir tidak ada malam dan bulan yang menemani karenanya sepanjang hari 24 jam lamanya matahari terus terbit dan menyinari kota-kota ini

Tak bisa dipungkiri jika bumi bagian utara memang mengalami perubahan iklim yang berbeda dengan bagian lainnya. Dibagian utara khususnya bagian Amerika Utara dan Eropa Utara kerap mengalami empat musim setiap tahunnya. Berbeda dengan kita di tanah Indonesia yang mengalami dua musim dalam satu tahun dan itu pun sudah tidak menentu lagi pembagiannya.

Selain itu di kawasan Eropa dan Amerika bagian utara tersebut kerap terjadi fenomena alam yang sangat unik bernama midnight sun atau fenomena matahari terus menerangi dan berada diatas langit selama 24 jam lamanya. Fenomena yang terjadi pada musim panas tersebut membuat beberapa kota di kawasan Utara ini tidak mengalami gelapnya malam seperti kota di Indonesia.

Hampir selama musim panas berlanjut matahari terus berada diatas langit terus menerangi kota. Hal tersebut membuat kota tak perlu memakai lampu di malam hari karena di waktu seharunya malam dan gelam suasana masih terang benderang. Adapun untuk mengisi hari hari tanpa malam tersebut penduduk sekitar kerap melakukan berbagai kegiatan dan festival yang hanya dilakukan di kala musim panas tiba saja. 

Seperti apa dan bagaimana kisah serunya, silahkan simak ulasan singkat tentang kota tanpa malam alias siang selamanya paling unik di dunia :

Kota Kota Unik Tanpa Malam Alias Siang Selamanya Paling Indah di Dunia


Kota Yukon & Nunavut Tanpa Malam di Kanada

Empat Kota Tanpa Malam dan Bulan Alias Siang Seharian Paling Unik di Dunia

AnakRegular - Yukon & Nunavut adalah dua kota yang konon katanya selalu mengalami siang kepanjangan di Kanda. Di dua kota ini fenomena matahari bersinar selama 24 jam atau seharian penuh terjadi pada bulan juni hingga Agustus. Di tiga bulan tersebut kota ini tidak mengalami gelap karena malam, dikala jam malam tiba matahari masih menyala menyidari dua kota ini.

Adapun fenomena alam tersebut kerap dimanfaatkan penduduk sekitar untuk melakukan beragam festival salah satunya Festival Golden Heart yang dalam pergelarannya mengundnag 180 stand makanan, fashion dan seni yang beragam. 

Selain itu, para penduduk juga kerap memanfaatkan hari tanpa malam tersebut untuk melakukan aktivitas memancing seharian atau sekedar melakukan olahraga seperti lari dan maraton.  

Adapun salah satu acara olahraga besar yang dilakukan adalah lari maraton yang diadakan untuk menyambut kedatangan midnight sun atau malam bersama matahari di kota tersebut.

Kota Ivalo Finlandia Kota Tanpa Malam Paling Indah di Bumi Eropa

Empat Kota Tanpa Malam dan Bulan Alias Siang Seharian Paling Unik di Dunia

AnakRegular - Ivalo adalah salat satu kota indah dan selalu menjadi favorit para pelancong seluruh dunia. Hampir setiap tahunnya ribuan atau bahkan jutaan wisatawan datang ke kota ini. Di dua musim berbeda kota Ivalo akan menyuguhkan pemandangan yang tak biasa dan hanya bisa didapatkan di kota itu saja.

Salah satunya ketika musim dingin tiba, hampir semua tempat di kota Ivalo akan membeku dan setiap malamnya kan muncul fenomena aurora borealis yang sangat menakjubkan. Nah momen dimana aurora muncul itulah dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk melihat bintang serta fenomena langka lainnya.

Adapun ketika musim panas tiba, kota Ivalo seakan menjadi kota panas di dunia, di kota ini selama musim panas tak pernah mengalami namanya gelapnya malam. Ketika jam malam seharusnya tiba matahari di kota ini masih setiap tinggal diatas langit. Tak heran mau siang dan malam di kota ini tetap terang benderang dan panas layaknya siang hari.

Adanya matahari selama 24 jam tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk melakukan aktivitas tanpa kenal waktu serta dimanfaatkan oleh para traveler untuk menikmati keindahan alam tanpa waktu yang ditentukan. Siang selama 24 jam seolah menjadi surga yang hanya bisa didapatkan di kota tersebut saja!

Kota Tanpa Malam di Hammerfest, Kawasan Utara Norwegia

Empat Kota Tanpa Malam dan Bulan Alias Siang Seharian Paling Unik di Dunia

AnakRegular - Norwegia merupakan salah satu negara di Eropa yang mengalami siang tanpa malam di dunia. Negara yang berada di bagian utara Eropa ini memang mengalami fenomena alam yang tak biasa. Hampir di sebagian kota di negara ini akan mengalami fenomena siang tanpa malam atau midnight sun di bulan-bulan tertentu.

Di salah satu kota misalnya Hammerfest akan mengalami fenomena matahari bersinar selama 24 jam lamanya pada bulan Mei hingga akhir bulan Juli. Ketika jam malam seharusnya tiba di kota ini tetap terang dan tak pernah gelap gulita. 

Malah dikota ini juga suhu seharian penuh akan sangat panas sekali, dan membuat banyak orang tak bisa melakukan aktivitas dengan semana mestinya. Adapun jika ingin tidur penduduk disana harus wajib menyalakan AC agar suhu ruangan nyaman dan tenang.

Kota Barrow Tanpa Bulan dan malam di Musim Panas - Amerika

Empat Kota Tanpa Malam dan Bulan Alias Siang Seharian Paling Unik di Dunia

AnakRegular - Terakhir kota yang mengalami fenomena siang seharian dan tanpa malam menemani atau fenomena midnight sun terjadi di kota Barrow Alaska dan termasuk bagian dari Amerika Serikat. Dikatakan kota yang berada paling utara di bagian Alaska ini mengalami midnight sun selama 90 hari atau selama musim panas berjalan. Matahari terus bersinar dan tak pernah tenggelam selama 90 hari tersebut.

Hal tersebut kerap membuat pendatang baru sulit untuk melakukan rutinitas terutama tidur yang biasa dilakukan dikala malam telah tiba. Namun bagi penghuni lama yang sudah terbiasa, fenomena siang seharian dijadikan sesuatu yang biasa saja, malah mereka bisa melakukan kegiatan seperti biasanya, tidur 8 jam dikala matahari terus menerangi pun mereka tetap nyenyak dan tak measa kepanasan.

Karenanya dikala musim panas tiba, penduduk asli di kota Barrow akan melapisi rumah mereka dengan aluminium foil. Hal ini dilakukan mereka bisa tidur dan tidak terdistraksi dengan cahaya yang masuk melalui kaca di jendela atau ventilasi.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.