Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Anakregular.com | Diprediksi oleh para ilmuwan lima makhluk buatan dibawah ini akan menggantikan keberadaan manusia dimasa depan

Bisa dikatakan manusia adalah makhluk yang sangat pintar dan paling sempurna yang diciptakan oleh sang pencipta. Seolah tak pernah senang dengan semua yang telah diberikan Tuhan kepadanya, manusia saat ini terus berpikir dan mencoba mengembangkan ketidakmungkinan untuk segera terjadi di masa yang akan datang.

Dengan bantuan teknologi serta pemikiran manusia yang terus berkembang, bukan tak mungkin apa yang awalnya di anggap mustahil kini dapat benar-benar terjadi. Teknologi merubah segalanya, dan berkat teknologi pula lah keberadaan manusia semakin tersisihkan. Koq bisa?

Yah, manusia yang menciptakan teknologi di masa depan akan menjadi babu nya teknologi. Teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh manusia bukan tak mungkin akan menjadi bumerang bagi manusia itu sendiri. Seperti dalam banyak film fiksi yang menceritakan masa depan, dimana produk teknologi semisal robot dan lain sebagainya bisa menjadi sebuah bencana bagi manusia.

Dan banyak para ilmuwan yang karena itulah mengatakan jika dimasa depan kelak keberadaan manusia akan tergantikan oleh produk buatan mereka sendiri. Robot, Cyborg, Hewan cerdas, kecerdasan buatan, dan lain sebagainya bukan tak mungkin akan mendominasi kehidupan dan membuat manusia tersisihkan keberadaannya.

Nah berikut adalah prediksi-prediksi masa depan yang mengatakan jika setidaknya ada lima makhluk buatan yang akan menjadi penghuni/pengganti manusia di masa depan. Apa saja dan bagaimana silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

Lima makhluk buatan pengganti manusia dan menjadi penghuni bumi di masa depan :


Perkembangan 'Cyborg' yang Tak Mungkin Suatu Saat Nanti Jadi Pengganti Manusia di Bumi

Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Bisa dikatakan jika 'Cyborg' merupakan produk teknologi yang dikembangkan oleh pemikiran manusia. Awalnya 'Cyborg' di buat untuk mempermudah kaum difabel merasakan keindahan hidup yang dirasakan oleh manusia normal lainnya. Namun kini perkembangan 'Cyborg' tidak hanya sebatas itu saja. Keberadaan Cyborg tak hanya untuk kaum difabel melainkan untuk semua orang.
Baca juga : Wanita Robot Paling Cantik di Dunia
Kini seiring adanya keterbukaan Cyborg bisa digunakan oleh siapa saja, orang yang normal pun asal punya duit banyak bisa memodifikasi tubuhnya dengan perlengkapan robot. Nah satu yang dikhawatirkan jika cyborg digunakan untuk hal tak manfaat bukan tak mungkin di masa depan kelak, manusia normal akan kehilangan tempat, dan cyborg mulai menguasai dunia. Kayak dunia fiksi saja yah!

Kenapa manusia menciptakan cyborg?

Awalnya "penyatuan" manusia dengan komponen robot hanya dilakukan untuk mereka yang menyandang keterbatasan (Difabel). Dengan komponen robot semisal tangan, atau kaki buatan yang telah di program dengan saraf dan indra si difabel diharapkan teknologi cyborg bisa menjadi pelengkap dari kekurangan kaum difabel.

Namun menurut salah satu profesor Yuval Noah Harari dari Hebrew University di Yerussalem, keingintahuan manusia dan rasa tak puas manusia bisa menjadikan cyborg sebagai salah satu penyebab hilangnya rasa kemanusiaan dimasa depan. Doi memprediksi manusia cyborg akan menjadi sempurna dan mungkin akan digandrungi banyak orang dalam kurun waktu 200 tahun kedepan. Baguskah? Atau Mengerikan kah?

Manusia transgenik (Manusia Buatan dengan Segala Kelebihannya)

Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Manusia transgenik bisa diartikan sebagai makhluk buatan manusia berbentuk manusia namun dengan cara kimia. Dikatakan manusia transgenik nantinya akan lahir tanpa ada sebuah kekurangan, apalagi para peneliti mengklaim jika manusia transgenik bisa menjadi makhluk yang sangat cerdas dan berguna di masa depan.

Gagasan Transgenik saat ini sedang di anggap serius dan mulai dikembangkan. Beberapa percobaan telah dilakukan salah satunya percobaan pada tikus. Dan hasilnya pun sudah bisa dikatakan berhasil, kini berkat teknologi transgenik para peneliti bisa menghasilkan tikus yang bisa menyala dalam gelap dengan bantuan gen ikan glofish yang sebelumnya di suntikkan ke induk tikus.
Baca juga : Deretan Teknologi Canggih Yang Terinspirasi dari Hewan
Para ilmuwan juga berkilah teknologi transgenik bisa digunakan untuk membangkitkan lagi binatang-binatang yang telah punah. Apakah itu bagus atau berbahaya? Kabarnya selain membangkitkan hewan yang sudah punah entah berantah, teknologi transgenik juga rencananya akan diaplikasikan ke manusia agar kelak manusia yang lahir ke dunia tidak memiliki kekurangan fisik dan malah akan punya kelebihan fisik yang maksimal.

Apakah akan ada ribuan manusia esper di masa depan?

Adanya teknologi transgenik yang diaplikasikan pada manusia, bukan tak mungkin dimasa depan kelak keberadaan manusia super (esper) akan semakin menjadi-jadi saja. 

Dikatakan manusia super akan memiliki kepekaan yang luar biasa terhadap suara atau gelombang tertentu, serta bisa memproduksi nutrisi makanan sendiri melalui fotosintesis. Serta bisa meningkatkan kemampuan otot dan kecerdasan tertentu dalam otak.

Namun untuk mencobanya merupakan hal yang mengerikan. Kita belum tahu resiko apa yang akan terjadi jika uji cobanya gagal. Namun jika berhasil, tentu manusia biasa tak akan sanggup beradaptasi dengan dunia baru yang dipenuhi oleh spesies transgenik ini.

Infomorph (Kecerdasan Pikiran) Sebagai Penghuni Dunia dimasa Depan

Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Pemikiran Infomorph pertama kali dicetuskan oleh seorang penulis di tahun 1991 bernama Charles Platt. Sang penulis dalam sebuah tulisannya mengungkapkan sebuah gagasan unik untuk menyalin pikiran manusia kedalam sebuah komputer. Olehnya proses penyalinan tersebut dinamakan Infomorph.

Di tahun 1996, seorang teoritis kecerdasan buatan asal Rusia bernama Alexander Chrisenko meminjan nama Infomorph untuk sebuah percobaan penelitiannya.

Meski tak seberapa menghasilkan bentuk secara fisik, ia berteori bahwa jika hal ini terjadi, kecerdasan pikiran akan bisa meluas dengan mudah, tanpa butuh fisik berupa tubuh biologis. Jika hal ini berkembang, lama kelamaan manusia akan tertinggal dengan ini.

Hal ini dikarenakan dengan mengunggah pengalaman dan pemikiran manusia ke komputer, komputer akan memiliki 'backup' dari otak manusia. 

Hal ini merupakan transfer biologis ke elektronik yang tentu akan menghasilkan 'makhluk' yang lebih cerdas, tidak bisa sakit, mapan secara ekonomi karena mengerti caranya, serta lebih bahagia karena kesedihan bisa dihapus. Bahkan kematian pun tak akan pernah ada. 

Kecerdasan Buatan Manusia Dalam Mesin di Masa Depan

Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Kini kecerdasan buatan sudah jadi topik yang sangat umum di sains. Gagasan untuk membuat sebuah mesin yang bisa mengerjakan tugas sebaik kecerdasan manusia, sudah merupakan hal yang diidamkan masyarakat modern.

Namun ternyata kecerdasan buatan memiliki beberapa tingkatan. Antara lain kecerdasan buatan yang kuat dan lemah. Kecerdasan buatan yang lemah terinspirasi dari otak manusia namun tidak mencari tujuan untuk menyamainya. 
Tipe kecerdasan ini secara statistik memiliki pendekatan untuk sekedar memudahkan kehidupan sehari-hari seperti memberi arah peta ketika tersesat dan mengalahkan manusia untuk main catur.

Berbeda dengan kecerdasan buatan yang kuat, yang memang didesain untuk menyamai kecerdasan manusia. Kecerdasan buatan ini bisa mempelajari sebab-akibat, perencanaan, penerimaan informasi baru dalam bentuk belajar, melihat dan mencerna informasi, bahkan berbicara dalam sebuah bahasa dalam konteks. 

Sayangnya, progres dalam teknologi ini sangat cepat, dan jika sudah berhasil tentu akan membuat masyarakat kita dipenuhi dengan kecerdasan buatan serupa.

Banyak yang takut kejadian seperti di film "Terminator" di mana kecerdasan buatan akan menguasai manusia akan terjadi. Salah satu yang paling vokal adalah Elon Musk. Meski demikian, kajian keilmuan kita akan tumbuh seiring waktu dan tak mungkin hal semacam ini terjadi. Kecuali manusia punah dan kecerdasan buatan yang 'tak biasa mati' adalah satu-satunya yang akan menguasai Bumi ini.

Binatang dengan otak yang lebih maju

Lima Makhluk Buatan Diprediksi Akan Menggantikan Manusia di Masa Depan

Terakhir makhluk hidup dimasa depan yang bisa menggantikan keberadaan manusia sebagai penghuni bumi yang datar ini adalah Binatang dengan otak yang setara manusia. Hal ini tak lepas dari para ilmuwan yang saat ini terus berjuang untuk mengembangkan/menumbuhkan spesies binatang yang kelak akan mempunyai pikiran setara dengan manusia. 

Banyak pencetus teori seperti George Dvorsky, yang menyatakan bahwa jika manusia sudah memiliki teknologi untuk menaikkan intelejensia makhluk non manusia, hal tersebut layak dilakukan.  Ia berpikir bahwa monopoli manusia atas apa yang Tuhan berikan pada semua makhluk hidup tidaklah adil. Sudah sepantasnya secara moral, semua makhluk hidup harus merasakan nikmat yang sama untuk hidup di atas Bumi ini.

Namun yang tidak setuju akan hal ini juga tidak sedikit. Seorang ilmuwan bernama Alex Knapp berteori bahwa akan ada resiko yang besar jika kita ingin menaikkan intelejensia suatu spesies tertentu.  Mulai dari uji coba yang tentu akan menyakiti mereka, 'kelainan' yang terjadi jika mereka jadi kegagalan uji coba, dan belum tentu berhasilnya manusia beradaptasi dengan perilaku mereka jika hal ini berhasil.

Meski demikian, hal ini bisa saja terjadi dan suatu saat kaum binatanglah yang menjadi penghuni bumi menggantikan manusia dan akan menguasai dunia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.