Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Inilah sekiranya lima misteri hilangnya peradaban kuno di masa lalu yang konon katanya sangat terkenal dan maju di dunia

Sebagai tempat yang dipenuhi dengan misteri bumi yang kita tinggali ini tak lepas dari yang namanya teka-teki. Banyak tempat hingga berbagai bangsa yang sedari dulu sudah menampakkan diri sebagai bangsa yang maju nan modern. 

Dikatakan di dunia ini sebelum manusia bisa bersatu dan saling mengetahui ada beberapa bangsa atau lebih tepatnya suatu peradaban yang lebih dulu maju daripada peradaban lainnya. Lebih tepatnya ada beberapa peradaban di masa kuno yang telah memiliki sistem serta cara hidup yang hampir sama seperti kehidupan saat ini.

Dalam pelajaran sejarah, tentu kita selalu di jejali dengan pengetahun suku romawi dan mesir kuno yang konon katanya adalah suku atau peradaban paling maju di masa lalu. Namun sebenarnya sebelum dua suku besar tersebut nyatanya ada beberapa peradaban yang bisa dikatakan lebih maju lebih berkembang dan lebih terkenal di masanya.

Namun sayang peradaban-peradaban tersebut jarang di ceritakan di bangku sekolah dan sampai saat ini masih menjadi misteri bagi para ilmuwan. Nah berikut adalah lima cerita dari hilangnya peradaban kuno dunia yang dikenal sudah lebih maju dan berkembang dari peradaban Romawi dan Mesir Kuno.

Lima Misteri Hilangnya Peradaban Kuno Paling Maju dan Terkenal di Masa Lampau :


Hilangnya Peradaban Olmec - Suku Paling Kaya di Amerika

Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Peradaban masa lalu yang lenyap secara misterius di dunia bagian pertama datang dari salah satu suku tertua di Amerika. Suku tersebut adalah Suku Olmec. Tercatat dalam sejarah suku tersebut terbentuk tahun 1200 sebelum masehi di kawanan Meksiko. Bahkan dikatakan keberadaan suku omlec pun merupakan cikal bakal suku Maya dan Aztec yang terkenal sampai sekarang.

Pada masa kejayaannya dikatakan jika peradaban suku Olmec sudah mengenal kepercayaan dan sudah menyembah Dewa yang mereka percayai. Bahkan sebelum suku Maya ada, peradaban Omlec sudah melakukan sebuah tradisi persembahan manusia pada dewa yang mereka puja. 

Adapun dari beberapa peninggalan, dewa yang suku Olmec puja itu adalah dewa yang berbentuk naga, burung raksasa, monster ikan, dan dewa air.

Sebagai sebuah bangsa konon katanya suku Olmec sangat mahri dan terkenal akan karya ukiran. Hal ini bisa di buktikan dengan beberapa peninggalan dari patung kepala burung raksasa dan beberapa ukiran di batu giok. Bahkan ahli sejarah percaya, suku olmec merupakan suku terkaya yang ada pada masa beradaban Amerika Kuno.

Namun seiring berjalannya waktu, suku olmec perlahan mengalami kemunduran dan akhirnya hilang dari muka bumi. Dari hasil penelitian di perkirakan peradaban Olmec hilang/punah pada tahun 400 sebelum masehi. 

Adapun dari beberapa peninggalannya, suku olmec punya pusat pemerintahan yang berada di kota La Venta dan San Lorenzo. Sampai saat ini para ilmuwan belum bisa memastikan penyebab hilangnya peradaban paling kaya tersebut.

Ilmuwan hanya bisa memprediksi bila suku omlec kala itu punah karena perubahan iklim di tanah Amerika yang sangat ekstrim serta beberapa konflik saudara yang terjadi yang membuat suku tersebut perlahan hilang dari muka bumi.

Hilangnya Peradaban Gobekli Tepe - Peradaban Paling Tua di Turki

Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Mungkin dari Anda semua belum pernah mendengar nama peradaban yang satu ini. Mari kita bahas bersama, dikatakan jika Peradaban Gobekli Tepe merupakan salah satu peradaban paling tua di negara Turki. 

Sesuai namana peradaban ini sampai saat ini masih menjadi misteri. Dari catatan sejarah di tuliskan jika Gobekli Tepe sendiri merupakan sebuah tempat Kuil di zaman batu yang dibangun pada 9500-9000 sebelum masehi di pegunungan Anatolia Tenggara, Turki.

Para ilmuwan percaya jika Gobekli Tepe merupakan kuli tertua di bumi dan dibangun oleh bangsa Swederian. Bansa Swiderian sendiri merupakan bangsa pertama yang muncul pada tahun 10.900 sebelum masehi dan merupakan bangsa Eropa pertama yang hidup dengan cara berburu. 

Namun yang menjadi misteri sampai sekarang, para ilmuwan yang meneliti di sekitan Kuil tidak menemukan tanda-tanda kehidupan. Bahkan para ilmuwan tersebut memprediksi jika kuil tua tersebut seolah dikubur sengaja oleh orang-orang yang membangunnya. 

Meski begitu para ilmuwan tetap penasaran dengan kuil yang sudah berumur 11.000 tahun tersebut, terlebih para ilmuwan penasaran dengan apa yang disembah oleh suku Swederian di kuil Gobekli Tepe kala itu.

Hilangnya Peradaban Maya - Paling Maju dan Terkenal di Amerika

Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Tentu dari Anda semua sudah sangat familiar dengan suku yang satu ini. Suku Maya pertama kali muncul pada 1800 tahun sebelum masehi atau 3816 tahun yang lalu. 

Bangsa ini ada setelah peradaban Omlec tiada. Dikatakan suku maya pada masanya hidup bahagia dengan cara bertani dan menjadikan kawasan semenanjung Yucatan di Guatemala, Belize, Meksiko, dan Honduras sebagai tempat tinggalnya.

Namun sayang pada tahun 1517 suku maya hilang secara misterius. Kala itu bangsa Spanyol yang berlayar ke tanah mereka dan berniat menghancurkan peradaban yang terkenal akan ritual kematiannya. Akan tetapi bangsa Spanyol kala itu sudah tidak melihat lagi bangsa Maya ketika sudah menginjakkan kaki di tanah Amerika.

Dari hasil penelitian dikatakan bangsa Maya mencapai masa keemasannya pada tahun 900 masehi. Akan tetapi setelah itu satu persatu kota besar yang menjadi saksi keperkasaan suku maya itu secara misterius mulai di tinggalkan. 

Kota-kota besar seperti Chichen Itza, Uxmal, dan Mayapan diketahui tetap ada hingga tahun 1500 Masehi. Namun sekali lagi, saat bangsa Spanyol datang di tahun 1517, semua kota Maya sudah tertutup rimbunnya hutan.

Misteri Hilangnya Peradaban Rapa Nui - Suku Yang Terkenal Akan Moai-nya

Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Peradaban Rapa Nui adalah sebuah suku atau penghuni atau bangsa asli yang mendiami pulau Paskah yang terkenal itu. Terkenal akan apa? Pulau Paskah yang berada di Chili Amerika itu sangat terkenal dengan patung batu raksasa yang orang biasa sebut patung Moai. 

Patung raksasa tersebut dikatakan adalah peninggalan dari Peradaban Rapa Nui yang kini sudah menghilang.

Saat bangsa Eropa pertama datang ke pulau paskah tersebut di tahun 1722, mereka hanya menemukan sekitar 3000 penduduk saja. Padahal di pulau tersebut jumlah patung raksasa sangatlah banyak, dan pertanyaannya kemana jumlah penduduk lainnya setelah membangun banyak patung tersebut?

Hilangnya penduduk dari Peradaban Rapa Nui tentu menjadi perhatian banyak ilmuwan. Bahkan saat ini banyak para ilmuwan yang berspekulasi jika bangsa Rapa Nui terlalu berlebihan mengeksploitasi alam di pulau paskah yang mereka tinggali.

Alhasil sumber daya alam kala itu menjadi menipis, dan banyak penduduk yang melakukan transmigrasi besar-besaran karena tidak bisa hidup lebih lama di pulau paskah. Namun satu yang pasti hilangnya Peradaban Rapa Nui sampai saat ini masih menjadi misteri.

Hilangnya Peradaban Lembah Indus - Suku Termaju di Pakistan

Lima Misteri Hilangnya Perabadan Kuno Paling Maju di Dunia

AnakRegular - Terakhir perabadaban terkenal yang hilang secara misterius dan jadi misteri sampai sekarang datang dari tanah Pakistan bernama peradaban lembah indus. Dari catatan sejarah peradaban ini sudah ada sejak 3300 tahun sebelum masehi dan dikenal sebagai bangsa yang sudah sangat maju. 

Dikatakan jika penduduk di peradaban tersebut sudah mengenal sistem pengelolaan mutakhir. Adapun beberapa peninggalan dari peradaban kuno tersebut bisa di lihat di beberapa kawasan Pakistan terutama di sekitaran sungai Gangga India hingga lebih dekat ke Laut Arab.

Dari hasil penelitian para ilmuwan dikatakan peradaban lembah indus sudah punya ilmu pengetahuan sendiri yang lebih maju. Penduduk lembah tersebut dikenal sangat ulung dalam pembangunan kota yang sangat terstruktur dan terorganisasi. 

Sayangnya, berdasarkan jurnal ilmiah yang dipublikasikan tahun 2012,peradabanIndus tiba-tiba menghilang sekitar 1600 tahun sebelum masehi. 

Pemukiman maju lembah Indus berubah menjadi kota mati setelah ditinggal pengghuninya. Teori yang diajukan ilmuwan adalah perubahan iklim di mana musim hujan berkurang, memicu terjadinya kekeringan dan memaksa penduduk pindah. Tetapi, teori ini belum terbukti sampai saat ini.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.