Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular.com - Sebagai tempat yang bersejarah dan seharusnya di jaga dan di lindungi kini malah hancur tak tersisa karena gejolak perang yang meraja lela, enam situs bersejarah ini kini tinggal sejarah saja!

Salah satu peninggalan sejarah yang telah menjadi saksi dan menjadi bukti nyata jika sejarah memang benar-benar terjadi di masa lalu adanya bangunan bangunan yang merupakan peninggalan suatu peradaban. Di dunia ini banyak sekali bangunan yang merupakan peninggalan suatu peradaban yang konon katanya sangat istimewa dan berbeda dengan yang lainnya.

Beberapa bangunan bahkan masuk dalam kategori warisan dunia dah harus dijaga dan dilestarikan. Namun apa daya karena gejolak perang serta konflik sipil yang terus terjadi membuat beberapa situs warisan dunia kini hilang tak tersisa. Beberapa bangunan yang seharusnya di jaga dan bisa dinikmati oleh anak dan anak cucu kini hilang dan hanya terlihat sebagai lautan buing-buing saja.

Berikut adalah enam situs warisan dunia nan bersejarah yang hilang dan hancur karena perang :


Jembatan Stari Most di Bosnia - Herzegovina

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Situs terkenal yang kini sudah hilang nilai sejarahnya namun telah di perbaiki dan menjadi lebih modern adalah Stari Most. Sebuah jembatan yang punya nilai sejarah dan sudah menjadi salah satu ikon tempat wisata paling populer di negar Bonia. Jembatan Stari Most sendiri merupakan hasil buah tangan dari seorang arsitek terkenal bernama Mimar Sinan, dan menjadi salah satu peninggalan Balkan paling bersejarah.

Namun pada tahun 9 November 1993 jembatan yang kini telah berusia 427 tahun ini pernah mengalami kehancuran yang sangat mengerikan. Kala itu perang antara Kroasia dan Bosnia nyatanya telah menghancurkan semua yang ada termasuk jembatan bersejarah ini. Namun setelah perang usia, jembatan yang punya nilai sejarah ini mulai diperbaikiki kembali.

Situs Sejarah Beirut lama Parisnya Timur Tengah di Lebanon

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Beirut lama konon katanya pernah mendapatkan julukan sebagai parisnya dari Timur Tengah. Namun karena konflik dan perang di Lebanon kota yang satu ini seiring waktu hilang keindahannya. Perang telah menghilangkan semua yang ada dan menghancurkan muka indah kota Beirut. Hampir selama 15 perang terus berlanjut membuat beirut lama kini hilang dan hanya tinggal buing-buing saja.

Semua bangunan yang terkenal dengan gaya arsitektus Ottoman di Beirut lama hancur tak bersisa. Dari 1200 bangunan sejarah yang ada di Beirut Lama kini hanya tersisa 400 bangunan saja. Selain perang sipil faktor lain yang menjadi penyebab hancurnya Beirut lama adalah perkembangan zaman yang tak sejurus dengan nilai keindahan, kelestarian di daerah Beirut seiring berjalannya waktu malah terus rusak dan tak pernah di lirik pemerintah.

Masjid Al-Askari Situs Sejarah Kaum Syiah Irak

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Irak memang dikenal sebagai salah satu negara yang punya pengaruh besar bagi perkembangan Islam. Namun karena perang dan konflik lainnya negara ini seolah sudah berada diambang kehancuran. Banyak tempat dan situs bersejarah di negara ini yang hancur karena perang. Salah satunya adalah Masjid Al-Askari yang merupakan masjid penting bagi kaum syiah di Irak sana.

Masjid tersebut punya ciri khas dan berbeda dengan masjid lainnya yakni punya kubah emas yang mencolok. Dalam sejarahnya masjid ini juga pernah menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Namun kebesarannya kini hanya tinggal kenangan saja. Masjid Al-Askari dalam satu dekade kebelakang telah menjadi sasaran bom perang.

Dua serangan yang terjadi pada tahun 2006 dan 2007 nyaris meratakan bangunan masjid dengan tanah. Pada tahun 2007, upaya restorasi dilakukan oleh pemerintah Irak dan Turki. Sempat terjadi kendala dalam proses pemugaran, namun kubah emas Al-Askari akhirnya berhasil dipulihkan pada tahun 2009. Pada tahun 2014, giliran ISIS yang melancarkan serangan bom ke masjid tersebut. Selain korban jiwa, ledakan bom tak sampai menghancurkan bangunan masjid.

Situs Nan Bersejarah Palmyra Oasis Nya Timur Tengah Suriah

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Perang dan konflik saudara serta gerakan terorisme yang merajalela di Timur Tengah nyatanya telah membuat semua yang ada disana hancur seketika. Banyak warga sipil tak berdosa menjadi korban dari kejamnya pihak yang tak bertanggung jawab. Bahkan banyak tempat yang punya nilai sejarah kini hilang tak bersisa.

Bangunan yang termasuk salah satu situs bersejarah di Suriah salah satunya bernama Palmyra kini telah hilang dan sudah tak bisa dinikmati lagi. Padahal oleh PBB Palmyra adalah salah satu tempat yang dinyatakan sebagai warisan dunia dan harus di lindungi bahkan oleh Unesco Palmyra dikatakan sebagai oasisnya dari gurun pasir di Suriah.

Dikabarkan reruntuhan yang ada di Palmyra merupakan peninggalan bangsa Aramaic dan menyimpan nilai sejarah yang tinggi dan gaya arsitektur yang konon katanya sudah sangat maju pada zamannya. Terlebih salah satu bangunan kuil di Palmyra menampilkan gaya arsitektur Greco Romawi dan persia.

Namun kota ini sempat jatuh ke tangan ISIS selama setahun dan telah kehilangan nyaris seluruh sisa kejayaannya. Sebagian besar artefak, bangunan kuno, dan peninggalan sejarah lainnya telah dihancurkan oleh pasukan ISIS dalam upaya pembersihan anti ikonoklastik. Sementara sebagian patung kuno diduga telah diedarkan di pasar gelap Eropa.

Situs Sejarah Patung Buddha Lembah Bamiyan Afganistan

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Sebagai salah satu agama paling tua di Dunia, Budha pernah ada dan besar di negara Afagistan. Di lembah bamiyan salah satunya terdapat peninggalan sejarah dari agama budha berupa patung besar dan kini sudah menjadi salah satu warisan dunia. Namun kini peninggalan tersebut telah hancur dan salah satu patung besar nya hilang entah kemana.

Dalam sejarangnya patung yang merupakan hasil pahatan pada masa 507 dan 554 itu merupakan patung raksasa yang pernah dibuat oleh bangsa Budha dan telah menjadi penhias di ceruk tebing di Lembah Bamiyan. Namun keindahan dan kemegahan di Lembah Bamiyan kini hanya tinggal cerita lama saja.

Taliban berniat memusnahkan segala peninggalan sejarah non-Islam. PBB sempat mengajukan permohonan agar mereka tidak menghancurkan patung Buddha Bamiyan yang memiliki nilai sejarah penting. Namun permintaan itu dijawab dengan penghancuran total. Pada bulan Maret 2001, pasukan Taliban menghancurkan kedua patung dengan bom. Mereka mengebor lubang di struktur patung, menanamkan dinamit dan meledakkannya.

Situs nan Bersejarah Cyrene Untuk Sejarah Yunani Kunoa di Lybia

Enam Situs Bersejarah Yang Hancur Lebur Tak Bersisa Karena Perang

AnakRegular - Terakhir salah satu tempat bersejarah yang kini telah hilang dan anak cucu kita tidak bisa menikmati dan mengetahui nilai sejarahnya adalah Cyrene. Cyrene sendiri dalam catatan sejarah merupakan salah satu konta penting pada masa kejayaan Yunani Kuno dan Romawi. 

Kota Cyrene di dirikan pada tahun 630 sebelum masehi, di dalamnya ada banyak aneka bangunan tua dengan arsitektur yang sangat mengagumkan dan merupakan salah satu kompleks nekropolis yang sangat rumit. Bahkan orang yunani percaya Cyrene juga merupakan salah satu tempat yang di tinggali oleh beberapa dewa.

Di kota ini ada banyak kuil untuk dewa salah satunya Apollo Zeus, dan Demeter. Tak heran kalau kompleks bangunan bersejarah ini dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1982.

Sayangnya, kota Cyrene dibulldozer pada masa-masa awal Revolusi Libya. Banyak puing bangunan yang rusak dan tak bisa dipulihkan kembali. Lebih miris lagi, warga sekitar menghancurkan sisa-sisa nekropolis Cyrene pada tahun 2013 untuk pembangunan jalan menuju kawasan pemukiman. Ratusan kubah dan artefak dibuang begitu saja di parit.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.