Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Anakregular.com | Inilah beberapa negara muslim yang pernah mengangkat dan dipimpin oleh non muslim, hasilnya adem ayem dan tak rasis

Sebagai sebuah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim dan juga menjadikan islam sebagai agama utama sudah barang tentu memilih sosok muslim sebagai seorang pemimpin adalah pilihan pertama. Begitu pula sebaliknya, negara non muslim pun akan melakukan hal yang demikian ketika memilih pemimpin untuk negaranya.

Namun katanya sebagai negara demokrasi semuanya harus adil dan merata. Orang non muslim katanya juga boleh eksis dan ikut nimbrung dalam kepentingan pemerintahan. Karenanya walau negara dengan mayoritas muslim, penduduk non muslim pun berhak menjadi salah satu kelompok penting dalam negara tersebut.

Namun masalahnya adalah, cara bagaimana orang non muslim tersebut merebut hati yang muslim untuk memilihnya? Apakah melakukan dengan cara sara atau dengan cara yang baik-baik? Tentunya Anda bisa menilai sendiri bukan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu calon gubernur Jakarta Ahok yang dalam kampanye nya telah melakukan salah satu tindakan yang dirasa telah melecehkan agama islam.

Nah berhubung masalah Ahok dan umat Muslim Indonesia yang sedang tak harmonis berikut anakregular sedikit berbagi Informasi tentang negara muslim yang pernah memilih dan dipimpin oleh non muslim, dan hasilnya sungguh luar biasa tidak ada polemik tidak ada rasisme dan hidup ayem selalu.

Lima negara Muslim yang pernah di pimpin non muslim di dunia 


Leopold Sedar Senghor Penyair Kristen Jadi Presiden Pertama Senegal

Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Senegal merupakan salah satu negara di Afrika yang hampir 95% persen dari jumlah penduduknya adalah beragama islam. Itu artinya negara hitam yang satu ini merupakan negara muslim di dunia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim sudah pasti pemimpin yang dipilih oleh rakyat senegal adalah seorang muslim yang sama.

Namun meski begitu Senegal pernah juga di pimpin oleh seorang non muslim dan tidak terjadi perpecahan di dalamnya. Adalah sosok Leopold Sedar Senghor seorang penyair asli kelahiran senegal yang beda keyakinan alias non muslim dan jadi presiden pertama senegal pada periode 1960-1980. 

Sebagai seorang presiden Leopold Sedar Senghor dikenal juga sebagai seorang penyair handal sekaligus pelopor demokrasi di tanah Senagal. Adapun salah satu yang mungkin akan diingat dari jasa kepemimpinan Leopold Sedar Senghor atas negara senegal adalah lagu kebangsaan negara senegal yang diciptakan oleh dirinya sendiri.

Alees Thomas Samaan Kristiani Yang jadi Majelis Tertinggi Parlemen di Bahrain

Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Bahrain merupakan salah satu negara dari Timur Tengah yang sebagian besar penduduk pribuminya adalah penganut agama islam. Hampir 90% dan terbagi dalam dua kelompok besar penduduk bahrain beragama Islam syiah dan Sunny. Sisanya adalah mereka yang beragama non muslim. Adapun banyaknya penduduk non muslim di negara ini adalah karena banyaknya imigran yang datang.

Sebagai negara yang mayoritas muslim, tentu semua jajaran penting di ranah pemerintahannya pun haruslah seorang muslim juga. Namun sebagai negara yang maju dan mengedepankan toleransi antar agama, nyatanya Bahrain juga pernah mengangkat non muslim menjadi salah satu anggota parlemennya.

Adalah Alees Thomas Samaan seorang wanita kristiani pertama yang terpilih menjadi anggota majelis tertinggi parlemen di Barhain. Sebelum dianggat menjadi anggota parlemen, Samaan diketahui menjabat sebagai Penasehat dan Wakil Ketua Komite Jasa Bahrain serta Dewan Syura Bahrain di tahun 2005. 

Janet Mikhail Wanita Kristen Yang Jadi Pemimpin Dewan Rakyat Di Ramallah Palestina

Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Seperti yang kita tahu Palestina merupakan negara muslim yang sangat kaya akan sejarah islam di dalamnya. Namun saat ini negara ini sedang mengalami krisis perang yang dilakukan oleh Israel. Sebagai negara muslim tentunya sosok pemimpin yang dipilih oleh rakyat Palestina adalah muslim juga bukan? Meski begitu nyatanya Palestina tidak menolak jika ada non muslim yang bisa membawa Palestina ke arah yang lebih baik lagi.

Adalah seorang wanita kristiani bernama Janet Mikhail, yang menjabat sebagai salah satu anggota dewan di salah satu kawasan Ramallah Palistina.  Ia merupakan sosok wanita paling berpengaruh di Palestina dan sudah 20 tahun lamanya mengabdi sebagai seorang guru serta seorang anggota dewan di Palestina.

Februniye Akyol Wanita Kristiani Jadi Pemimpin di Mardin Turki

Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Turki merupakan salah satu negara muslim yang maju, negara ini sebagian besar ada yang masuk wilayah Eropa dan sebagian lagi ada yang masuk wilayah Asia. Peninggalan islam serta sejarah perkembangan islam di negara ini sangatlah banyak. Tak heran jika mayoritas penduduk di negara yang satu ini adalah beragama islam.

Namun sebagai negara islam, toleransi di negara ini sangatlah terjaga. Seorang non muslim di Turki pun bisa eksis dengan ikut dalam pencalonan untuk menjadi seorang pemimpin. Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita dengan kepercayaan kristen ortodoks bernama Februniye Akyol.

Dia menjadi wanita non muslim di Turki yang berhasil menjadi pemenang dalam pemilihan pemimpin untuk kawasan Mardin di Turki. Ia menjadi wanita non muslim yang berhasil menjadi pemimpin di wilayah Mardin yang dari data kependudukannya hampir 94% penduduknya adalah beragama islam.

Kamran Michael Kristen Taan Yang Jadi Menteri Perhubungan di Pakistan

Lima Negara Muslim Yang Pernah Dipimpin Oleh Non Muslim

Pakistan merupakan negara muslim dengan jumlah penduduknya terbanyak setelah Indonesia. Negara yang berbatasan langsung dengan India ini merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim nya terbanyak, hampir 94% dari total jumlah penduduknya adalah seorang muslim.

Sebagai negara muslim sudah pasti semua golongan yang ada di jajaran pemerintahannya adalah muslim juga. Namun satu yang unik dari sistem pemerintahan Pakistan adalah adanya sosok non muslim yang terpilih menjadi salah satu jajaran penting dalam pemerintahan di Pakistan.

Adalah sosok pria bernama  Kamran Michael sosok kristen taat yang terpilih menjadi menteri perhubungan di Pakistan. Sebelum diangkat menjadi menteri perhubungan Michael menjadi anggota Senat Pakistan dan anggota Perubahan Iklim, Industri Tekstil dan Makanan dan Kesehatan Nasional Pakistan.

Nah kawan mungkin itulah sekiranya lima negara muslim di dunia yang pernah memilih dan di pimpin oleh seorang non muslim. Semoga menambah wawasan dan menjadi pembelajaran bagi kita semua. 


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.