Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

AnakRegular - Inilah Lima Tempat di Indonesia Dengan Potensi Emas Paling Banyak dan Bisa membuat Indonesia Sejahtera jika di kelola dengan baik.

Sejatinya julukan kepingan surga nan indah dan mulai sangat pantas di sematkan pada Indonesia. Dengan surga daratan dan lautan yang ada di dalamnya Indonesia sangat di cintai dunia. Hampir semua kekayaan alam, Indonesia punya. Laut dengan kekayaan ikan dan biota lautnya. Daratan dengan kekayaan tambang dan hutan-hutan hijaunya. 

Berbicara tentang kekayaan tambang bisa dikatakan Indonesia juga juaranya. Dunia mengakui jika Indonesia punya tambang emas paling besar dan paling banyak di dunia. Freeport sudah terkenal kemana-mana dan ironisnya hanya negara asing yang menikmatinya, lah kita sebagai bangsa asli hanya bisa jadi babu di tanah kelahiran.

Selain Freeport nyatanya beberapa kawasan di Indonesia lainnya juga punya potensi kandungan emas yang menjanjikan. Beberapa tempat melalui beberapa penelitian dinyatakan punya potensi untuk bisa mengalahkan kekayaan emas di Freeport Papua. Salah satunya adalah Bengkulu. 

Nah selain Bengkulu kira-kira tempat mana saja yang punya potensi emas paling banyak di Indonesia. Berikut adalah ulasan singkat lima tempat di Indonesia yang punya kandungan Emas  selain Freeport di Papua. Silahkan disimak!

Empat daerah di Indonesia dengan Potensi Emas Paling Banyak dan Bisa mengalahkan tambang emas di Freeport

Halmahera Daerah Indonesia Yang Katanya Punya Kandungan Emas yang Banyak

Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

Daerah pedalaman Indonesia pertama yang konon katanya punya kandungan emas dan berpotensi bisa memberikan pendapatan negara yang sangat besar adalah Halmahera. Dikatakan di sana kandungan si logam kuning mengkilatnya sangat banyak dan cukup potensial. Karena itulah saat ini sudah ada beberapa tampang emas yang sudah dibuka dan telah mengeruk emas walau belum dalam jumlah yang sangat banyak.

Saat ini sudah ada tiga tambang emas yang secara resmi dibuka dan beroperasi disana. Ketiganya sudah bisa menghasilkan emas dalam jumlah yang cukup lumayan banyak. Diperkirakan dalam beberapa tahun kedepan, pertambangan emas di Halmahera bisa menghasilkan banyak emas dan bisa mengalahkan hasil produksi tambang-tambang emas lainnya yang tersebar di Indonesia.

Daerah Martabe di Sumatera Utara Yang Konon Katanya Punya Potensi Emas Melimpah

Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

Tak hanya di Timur saja tambang emas Indonesia berserakan, di sebelah barat tepatnya di Pulau Sumatera nyatanya ada tempat yang konon punya potensi emas yang melimpah. Tempat tersebut adalah Martabe, diperkirakan jumlah emas dan juga perak di daerah tersebut sangatlah banyak. Saat ini sudah banyak tambang emas yang didirikan disana, namun hanya beberapa yang beroperasi sesuai ijin dan aturan pemerintah yang dikeluarkan.

Martabe ini bisa dibilang sangat perhatian kepada masyarakat setempat. Diketahui hampir 75 persen pekerjaannya adalah orang-orang sekitar Martabe. Emas-emas masih digali terus di daerah itu. Harapannya nanti hasilnya bisa menyaingi tambang-tambang yang sudah punya nama macam Freeport atau New Mount.

Tambang Emas Pongkor Jawa Barat Dengan Kandungan Emas yang Banyak

Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

Bukan Mas jawa atau nama orang jawa pada umumnya, tambang logam mulia si kuning berkilau juga ternyata ada di pulau Jawa. Di salah satu tempat di Jawa Barat tepatnya pertambangan Pongkor dikatakan kandungan emas di pertambangan tersebut sangatlah banyak. Saat ini pertambangan emas disana masih berjalan dan masih menghasilkan emas dalam jumlah yang lumayan banyak.

Kabarnya nih, tambang ini juga mengandung emas dalam jumlah yang banyak banget. Sayangnya, eksplorasi terhalang berbagai hal. Misalnya para penambang liar yang kerap kali konflik dengan pihak pengelola resmi tambang Pongkor. Hal yang disayangkan lagi adalah Pongkor nggak lama lagi bakal ditutup di tahun 2021. Entah karena sudah habis atau perusahaan yang mulai turun penghasilannya gara-gara para penambang liar.

Kekayaan Emas Indonesia Juga ada di Pulau Dewata - Bali

Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

Bali Tak hanya dikenal sebagai surganya pariwisata Indonesia dan dunia, ternyata dari kandungan sumber daya alamnya Bali juga punya kandungan Emas yang mungkin sangat berguna bagi negara. Kabar temuan emas di Bali memang benar adanya, adalah seorang ahli Geologi Indonesia bernama I Ketut Ariantana yang menyatakan jika pulau dewata ini punya potensi kandungan emas dalam jumlah yang cukup banyak.

Jumlahnya sendiri nggak diketahui, tapi perkiraannya lebih dari satu juta ons. Sayangnya, tentang emas ini nggak begitu ditanggapi dengan serius oleh pemerintah. Takutnya, anggapan emas di Bali ini hanya spekulatif. 

Sehingga dana penelitian yang digelontorkan nanti bakal sia-sia. Di samping itu, warga Bali sepertinya juga nggak mau tanahnya diobrak-abrik hanya karena emas yang belum pasti jumlahnya.

Bengkulu Yang Konon Kayanya Punya Kandungan Emas Lebih Besar dai Freeport

Selain Papua Lima Tempat Ini Dipercaya Menyimpan Banyak Emas Untuk Indonesia

Terakhir tempat di Indonesia yang konon katanya punya potensi emas dalam jumlah yang sangat banyak adalah Bengkulu. Dikatakan jika kandungan logam mulia di Bengkulu ini lebih banyak dari kandungan emas di Freeport Papua. Tak heran jika untuk beberapa tahun kedepan nama Bengkulu akan menjadi perbincangan di ranah pemerintahan.

Anggapan Bengkulu sebagai gudang emas terbesar di Indonesia tak lepas dari berbagai penelitian yang mengatakan jika Bengkulu memang kaya akan emas. Dari salah satu penelitian dari Inggris misalnya yang menyatakan jika Bengkulu kemungkinan besar menyimpang satu juta ons emas di bawah tanahnya.

Tapi, perhitungan di atas masih kasar dan sampel areanya terbatas. Dipercaya, kandungan emas di Bengkulu ini meluas sampai berhektar-hektar. Perkiraannya sih isinya bakal lebih banyak daripada Freeport. Wih, kalau benar nih, orang-orang Bengkulu bisa kaya raya. Tapi, di mana-mana, pengelolaan emas selalu nggak pernah menyenangkan orang-orang sekitar.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.