Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Anakregular.com | Mengemis untuk saat ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan bukan karena desakan melainkan karena sebuah profesi. Yah, di era yang sudah semakin maju ini fenomena pengemis di jalanan khususnya di kota-kota besar semakin menjadi-jadi saja. Banyak orang dari kampung hijrah ke kota hanya untuk mencari uang dengan cara mengemis.

Yaps bisa dikatakan mengemis merupakan cara paling cepat untuk mendapatkan uang. Apalagi dengan sifat orang Indonesia yang suka baperan selalu memberikan sesuatu pada orang yang dirasa sangat kesusahan. Yaps tampilan pengemis di jalanan kadang kali membuat orang iba melihatnya. Pakaian lusuh kulit hitam rambut gimbal kerap kali membuat pejalan kaki merasa kasihan dan akhirnya memberikan uang tak seberapa bagi mereka.

Namun yang menjadi ironi adalah, para pengemis ini adalah mereka yang sebenarnya sehat dan bahkan bisa dikatakan, keadaan ekonomi mereka sangatlah baik dan sejahtera. Bukannya mencari pekerjaan yang layak dan bermartabat mereka malah membuat tubuhnya yang sehat di permak seperti orang kesusahan. Mereka lakukan itu semua tak lain karena ingin sukses menjadi pengemis di Indonesia.

Lantas darimana sajakah pengemis itu berasal? Usut punya usut ternyata menjadi pengemis sudah ada sejat puluhan tahun yang lalu. Bahkan di sebuah desa hampir semua penduduknya adalah para pengemis yang merantau ke ibu kota. Berikut anakregular informasikan lima desa di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil pengemis terbanyak. Silahkan disimak :

Pengemis dari Kampung Kebanyakan - Serang


Apakah Anda tahu jika kampung kebanyakan yang berada di kelurahan Sukawana Kecamatan Serang Banten ini di juluki oleh orang serang sana sebagai kampung pengemis? Yaps, kampung ini memang sedari dulu sudah terkenal dengan para penduduknya yang banyak berprofesi sebagai pengemis khususnya di kota-kota besar dan juga pelabuhan. Adapun dari segi akses untuk bisa datang dan singgah di kampung ini juga sangat mudah dilakukan. Akses jalan ke kampung ini pun sangat bagus.

Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Dari catatan sipil setempat didapatkan jika dikampung tersebut setidaknya ada 2.213 jiwa yang menjadi penghuni disana. Namun ironisnya dari jumlah tersebut tercatat 76 kepala keluarga dari total 525 kepala keluarga di kampung kebanyakan adalah keluarga pengemis. Ironi sekali bukan? Adapun menurut pengakuan warga setempat mengatakan, jika mengemis bagi sebagian warga di desa tersebut sudah menjadi budaya dan telah dilakukan sejak tahun 90-an.

Mereka yang menggeluti profesi hina ini kebanyakan melakukan aksinya di beberapa daerah di luar Serang, seperti dermaga pelabuhan Merak Cilegon, dan juga beberapa tempat ramai lainnya.

Pengemis Sukses dari Desa Grinting Brebes


Desa yang satu ini dikenal sebagai salah satu desa di Kabupaten Brebes yang sebagian besar warganya adalah pengemis. Desa ini begitu terkenal dan juga dilihat dari kelayakan desa, banyak sekali rumah mewah yang berserakan. Namun ironisnya, rumah mewah tersebut adalah kepunyaan warga yang berprofesi sebagai pengemis. Wah pengemis sukses yah kayaknya, tak heran jika banyak orang mengatakan bahwa desa Grinting adalah penghasil pengemis paling sukses di Indonesia.

Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Dari kabar yang beredar, warga dari Desa Grinting menjadikan kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung sebagai tempat untuk mengais rezeki. Merek atak malu dan bahkan tak bisa dipungkiri akan melakukan segala cara agar kegiatan mengemis yang mereka lakukan bisa menghasilkan uang banyak. 

Desa penghasil Pengemis di Pamekasan Madura


Pulau Madura memang dikenal dengan kuliner satenya, hampir di setiap kota ada saja orang Madura yang menjual kuliner sate sebagai mata pencahariannya. Namun tak hanya sate saja yang menjadi sumber pendapatan warga Madura, profesi lain yang menjadi idaman warga Madura adalah mengemis. Yaps dikatakan salah satu kampung pengemis yang terletak di Kabupaten Pekemasan cukup terkenal dengan warga nya yang gemar untuk mengemis. 

Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Untuk menyambung hidup banyak warga dari kampung tersebut pergi ke desa lain untuk mengemis. Lantas mengapa banyak warga di desa tersebut yang beralih menjadi pengemis? Usut punya Usut kegiatan mengemis yang dilakukan desa tersebut dilakukan karena lahan yang ada di desa mereka tidak bisa digunakan untuk pertanian. 

Sejak tahun 1960 tanah-tanah di desa tersebut telah dilanda hama tikus dan menghancurkan segala produk pertanian. 
Akibatnya banyak warga yang kesulitan untuk bertani, karena itulah sejak itulah banyak warga yang dengan segala keterbatasan melakukan pekerjaan mengemis ke desa-desa tetangga dan bahkan sampai ke luar pulau Madura.

Desa Pengemis di Panyindangan Indramayu


Dikatakan jika Desa Penyindangan yang berada di kecamatan Indramayu, Jawa Barat merupakan desa pemasok pengemis terbesar di Indonesia. Disebutkan jika hampir 70% warga di desa tersebut bekerja sebagai pengemis dan pemulung. Bahkan saking banyaknya warga yang berprofesi kotor tersebut membuat banyak orang menjuluki Desai Payindangan sebagai Desa pengemis.

Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Dari beberapa sumber dikatakan, biasanya warga akan merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dll untuk mengemis. Menurut pengakuan warga sekitar, budaya mengemis sendiri sudah ada sejak 1987. Ketika bulan puasa tiba atau menjelang lebaran, semua warga akan berbondong-bondong pergi ke kota besar untuk mengemis.

Pengemis Dari Desa Pragaan Daya - Sumenep


Terakhir desa penghasil pengemis terbanyak di Indonesia di tempati oleh Desa Pragaan Daya di kabupaten Sumenep. Dikatakan jika warga di desa tersebut sudah melakoni profesi sebagai pengemis sejak tahun 1940-an. Dari pengakuan warga, mereka melakukan pekerjaan kotor tersebut bukan tanpa alasan, mereka mengemis karena tanah di tempat mereka tinggal tidak bisa dijadikan lahan pertanian.

Desa Penghasil Pengemis Terbanyak di Indonesia

Kebanyakan lahan di desa mereka sangat tandus dan gersang. Tidak ada tanaman yang bisa tumbuh dan panen di desa tersebut. Karena itulah untuk menyambung hidup banyak mereka yang beralih profesi sebagai pengemis di kota-kota besar. Yang lebih hebatnya lagi dari warga desa tersebut ada yang pergi ke luar pulau jawa hanya untuk mengemis dijalanan. Cukup ironi bukan?

Nah kawan, mungkin itulah sekiranya lima desa di Indonesia penghasil pengemis terbanyak. Ironi memang melihat fenomena warga yang rela menjadi pengemis hanya untuk mendapatkan uang dengan cara yang cepat. Apalagi saat ini banyak orang yang bahkan sudah tak malu lagi untuk mengemis di jalanan. Mereka yang sehat dan kuat untuk mencari pekerjaan malah asik menerima sumbangan dan pemberian uang yang tak seberapa dari pengguna jalan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.