Enam Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Dan Lingkungan

Anakregular.com | Kucing merupakan salah satu hewan lucu yang bisa dikatakan dapat bersahabat dan berbagi tempat dengan manusia. Kucing ada banyak jenisnya, mulai dari kucing kampung hingga kucing ras yang banyak ragamnya. Banyak orang yang suka dan bahkan memelihara kucing dari berbagai ras untuk dijadikan teman di rumah.

Yah, kelakuan kucing serta bentuknya yang menggemaskan memang selalu membuat kita merasa gemas dan terhibur apalagi ketika tingkah lakunya yang konyol kerap kali membuat pemilik tak bisa menahan rasa untuk tidak tertawa melihatnya. Kucing memang bisa dijadikan sahabat manusia. Namun ternyata kucing di rumah juga punya manfaat lainnya bagi lingkungan.

Baik itu kucing ras atau kucing kampung jika dipelihara dengan baik maka akan mendatangkan manfaat yang baik bagi kehidupan. Seperti sifat alamiah kucing yang bisa jadi pemberantas tikus di rumah kucing juga bisa dijadikan obat rindu atau obat move on ketika pemiliknya sedang depresi. Lantas seperti apa saja manfaat memelihara kucing itu, berikut adalah ulasan singkat tentang manfaat kucing bagi kesehatan dan lingkungan. Silahkan simak...

Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan dan Lingkungan :

Enam Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Dan Lingkungan

Memelihara Kucing Lebih Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang sangat peduli dengan keamanan dan juga kebersihan lingkungan khususnya yang ada disekitar kita, memelihara kucing ternyata bisa menjadi jawaban yang tepat dan pas sekali. Memelihara kucing dikatakan lebih eco-friendly dibandingkan ketika memelihara anjing. Adapun di dalam rumah sendiri memelihara kucing dapat membuat rumah bersih dari tikus dalam artian tikus takut kucing, dan lagi pemilik rumah pun akan serasa ada teman ketika punya kucing di rumah.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan jika sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi Kucing dan ajing ternyata berbeda jauh dan yang lebih hebatnya lagi, untuk sumber daya yang dibutuhkan kucing ternyata lebih ramah lingkungan. Dikatakan sumber daya (makanan kucing) lebih sedikit kandungan daging dan meninggalkan jejak karbon yang lebih pendek, dibandingkan dengan makanan anjing yang selama hidupnya menghasilkan jejak karbon berbahaya sama seperti sebuah mobil land cruiser.

Memelihara Kucing dapat Membantu Meringankan Depresi

Ketika sedang sakit hati baik karena cinta atau karena kehilangan orang yang kita sayang kerap kali membuat hati dan badan ini depresi dan kadang sulit untuk diatasi. Apalagi jika di rumah tersebut tidak ada orang lagi dan hanya ada kita beserta beberapa orang lainnya yang tidak bisa mencairkan suasana. Namun jika Anda punya kucing di rumah, apalagi kucing itu dari ras yang sangat terkenal (rumahan) tentu suasana akan menjadi berbeda. Memelihara kucing ternyata bermanfaat untuk menghilangkan depersi.

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan memelihara kucing sebagai teman atau support animal terbukti dapat membandtu penderita depresi mengatasi masalah mentalnya dengan cepat. Dengan tingkah lakunya yang menggemaskan apalagi kucing persia atau dari bangsanya yang lain, kerap kali membuat pemiliknya tak bisa untuk tidak tertawa. Jadi, memelihara kucing yang energik dan juga menggemaskan ternyata sangat baik untuk kenyamanan Anda di rumah.

Memelihara Kucing Menjadikan Pemilik Jadi Lebih Cerdas

Bukan bualan semata, dan manfaat memelihara kucing untuk kecerdasan ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dalam hasilnya mengatakan jika seseorang yang suka memelihara kucing ternyata punya nilai kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang memelihara Anjing. Benar atau tidaknya, mungkin Anda bisa merasakannya sendiri, apakah Anda cerdas saat memelihara kucing?

Adalah seorang profesor dari bidang psikologi bernama Denise Guastello dari Carrol University yang mengatakan jika seseorang menyukai kucing disebut lebih sering menghabiskan waktunya sendirian. Nah kesendirian tersebut biasanya kata si dokter sering dimanfaatkan untuk membaca buku atau mempelajari hal-hal yang baru. Bukan tak mungkin yah, dari membaca dan mempelajari hal yang baru kita akan menjadi lebih cerdas dan lebih tahu lebih banyak daripada orang yang tidak pernah melakukannya.

Memelihara Kucing Untuk Turunkan Resiko Terserang Penyakit

Apakah kucing bisa dijadikan penangkal penyakit? Jawabannya bisa ia bisa pula tidak tergantung kucingnya saja dan bagaimana majikan memeliharanya, toh kucing yang asal-asalan di pelihara dan tak pernah dimanja atau di bersihkan bisa jadi kucing tersebut akan jadi tempat timbulnya sebuah penyakit. Adalah sebuah penelitian kesehatan yang mengatakan jika resiko Anda untuk terserang penyakit akan berkurang sampai 30% ketika Anda memelihara kucing.

Kucing yang terawat dan juga lingkungannya yang bersih bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit karduivakular sampai 25% saat Anda bermain-main dengan kucing. Ketika Anda bermain dengan kucing peliharaan, baik kucing kampung atau kucing kota Anda selalu measa tenang yang berdampak positif dengan menurunnya tekanan darah. Bahkan karena kucing dikatakan stres atau depresi pun bisa di cegah sejak dini.

Memelihara Kucing Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Apakah Anda punya waktu tidur yang sedikit atau sulit merasakan tidur nyenyak dan pulas setiap hari? Butuh obat atau alternatif biar masa tidur Anda terjaga? Tidak mau pakai obat tidur? Maka jalan terbaik yang mungkin bisa Anda pilih adalah dengan memelihara kucing. Lha koq bisa bagaimana ceritanya kucing bisa membuat tidur nyenyak?

Adalah beberapa penilitian dan jejak pendapat yang dilakukan di Inggris sana dan telah membuktikan jika mayoritas pemelihara kucing di negara Elizabet ini punya watu tidur yang lebih nyenyak saat didampingi kucing mereka. Sebuah studi terbaru dari Mayo Clinic Center for Sleep Medicine menunjukkan bahwa 41 persen pemilik kucing mendapatkan tidur yang lebih berkualitas saat bersama hewan peliharaan mereka.

Memelihara Kucing Membuat kita Terserang Alergi Lebih Rendah

Yaps yang terakhir ini dari pokok pembahasan manfaat memelihara kucing sebagai hewan peliharaan adalah dari segi kesehatan dimana Anda sebagai pemilik akan tidak mudah terserang alergi. Dalam artian memelihara kucing apalagi sejak masih kitten si kucingnya itu akan membuat kita lebih kebal terhadap alergi. Terlebih lagi seperti yang beredar di mana-mana, ada yang bilang memelihara kucing atau anjing disaat mengandung akan membuat kita terpapar resiko terserang toksoplasma. Namun itu tidak akan terjadi jika kita sedari dulu memelihara kucing tersebut.

Pada tahun 2002, National Institutes of Health merilis sebuah studi yang menunjukkan bahwa anak di bawah satu tahun yang terbiasa berada di sekitar kucing lebih kebal terhadap alergi. Menurut Marshall Plaut, MD, kepala bagian mekanisme alergi di National Institute of Allergy and Infectious Diseases, bermain dengan kucing sejak kecil membuat anak mengembangkan kekebalan terhadap berbagai jenis alergi, antara lain alergi debu dan serbuk sari bunga.

Jadi, itulah mungkin informasi manfaat punya kucing di rumah yang bisa anakregular sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan memang memelihara kucing itu tidak semudah yang dibayangkan. Tak hanya sekedar memberi makan dan memasukkan ke kandangnya memelihara kucing harus siap segalanya, toh kucing yang sehat dan energik akan memberikan kekuatan dan kegembiraan bagi pemiliknya juga..
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.