Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Anakregular.com | Kebersihan adalah sebagian dari Iman, karena itulah menjaga kebersihan sama dengan sebuah keyakinan yang kita imani. Hidup bersih adalah harapan semua orang, dan hidup tanpa sampah adalah impian semua negara. Banyak negara di dunia ini yang bermasalah dengan populasi sampah yang sangat memprihatinkan, sampah setiap hari terus bertambah namun pengolahan sampah tak pernah berkembang.

Al hasil banyak negara yang menjadi kotor dan sangat sulit untuk membersihkannya. Tak perlu jauh dan tak perlu melihat negara lainnya. Indonesia saja yang dikatakan paling kaya akan semua kekayaan alamnya tidak masuk dalam jajaran negara paling bersih di dunia. Negara tanah air ini punya masalah dengan sampah di berbagai tempat. Bahkan bukan dari pemerintahnya saja, kesadaran akan bahaya buang sampah sembarang masih dihiraukan oleh penduduk Indonesia.

Tak heran jika Indonesia sangat sulit bersaing dengan negara lainnya. Tak seperti Singapura yang saat ini menduduki tangga pertama sebagai negara paling bersih di jagat raya. Untuk menjaga kebersihan dikatakan Singapura menerapkan undang-undang dan aturan yang sangat ketat. Karenanya jika aturan kebersihan dilanggar, maka hukuman berat pun siap mengadili pelakunya. 

Berikut adalah tujuh negara di dunia yang dikenal sebagai negara paling bersih dan paling ramah lingkungan. Kepedulian akan kebersihan negara-negara ini perlu diacungi jempol, dan bisa dikatakan Indonesia sendiri harus mau dan belajar dari negara-negara ini guna menjadikan negara yang bersih dan sehat di dunia.

Tujuh negara tanpa sampah paling bersih di Asia, Eropa, Amerika, dan Dunia


Islandia Si Kecil Paling Bersih di Ujung Eropa

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Islandia merupakan negara kecil di bagian Utara Eropa, dan merupakan salah satu negara yang punya destinasi wisata menakjubkan di Benua Biru. Negara yang hanya seluas DKI Jakarta dan hanya di huni oleh 300 ribu jiwa penduduk ini merupakan negara dengan udara terbersih di dunia. Yah, kualitas udara di negeri yang beberapa bulan lalu mengejutkan panggung sepakbola Eropa ini dikenal sangat bersih dan terjaga. 

Selain itu, negara ini menduduki puncak pertama sebagai negara terbersih di dunia. Tidak ada sampah di negara ini, dan pengolahan sampah pun sangatlah canggih sekali. Sebagai negara kecil Islandia sangat beruntung karena di berkahi oleh keindahan alamnya yang tidak ada di negara lain. Islandia di Eropa telah menjadi tujuan wisata banyak penduduk eropa lainnya. 

Salah satu wisata alam terkenal disana adalah Northern Light. Seakan tidak mau melihat alamnya di ekploitasi bebas, pemerintah Islandia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan begitu alam yang indah bisa dinikmati namun tidak untuk dirusak.

Swiss Negara Tanpa Laut di Eropa Terbersih di Dunia

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Orang Eropa bilang Swiss adalah surganya dunia. Yah segala yang ada di Swiss memang sangat indah untuk di pandang. Negara di Eropa Tengah yang tidak punya akses laut ini dikatakan sebagai negara paling Aman dan nyaman di Benua Biru. Selain itu negara yang konon katanya tidak punya pasukan militer namaun menjadi negara penyuplai senjata ini punya lingkungan yang bersih terjaga. Swiss punya pamandangan alam yang sangat menakjubkan, penduduk yang bahagia dan ekonomi yang sangat stabil. Tak heran jika harapan hidup di negara ini sangatlah tinggi.

Sebagai negara yang dikatakan maju dalam segalanya, Swiss juga dikenal sebagai negara terbersih di dunia. Terbukti dari 7,9 juta penduduknya yang tinggal di tanah hijau yang luas tanpa ada sampah didalamnya. Guna menjaga kebersihan lingkungan, katanya pemerintah Swiss menerapkan Undang-Undang Lingkungan super ketat di Eropa. Dan karena undang-undang itulah, kebersihan negara Swiss sangatlah terjamin. Orang tak mau berbuat kotor apalagi mau mengotori lingkungan disana. Beda yah sama negara kita, sungai aja di pakai tempat buang kotoran :P

Luksemburg Si Kecil di Eropa Tengah Yang Bersih

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Negara ini memang tidak setenar negara maju lainnya di Eropa, namun negara kecil dengan pendapatan penduduk paling tinggi di dunia ini termasuk dalam jajaran negara paling bersih se Eropa dan Dunia. Dikatakan kualitas Air di negara ini adalah paling bersih dengan kualitas terbaik di Eropa. Yang berarti pantai, danau, hingga pemandian umum di negara yang melegalkan pernikahan sejenis ini sangat bersih terjaga. Selain itu dari segi lingkungan bisa dikatakan Luksemburg adalah yang paling bersih dibandingkan negara tetangganya.

Sebagai negara paling bersih, Luksemburg telah menjadi rumah bagi 200 perusahaan yang memang berjalan dalam bidang lingkungan. Banyak perusahaan di negara Luksemburg yang beroperasi memanfaatkan sumber daya yang bisa diperbaharui, konstruksi ramah lingkungan, serta menerapkan sistem pengolahan sampah yang sangat baik. Al hasil kebersihan di negara ini sangatlah terjamin, Dan penduduk pun sehat bersih dan terhindar dari sampah yang menyakitkan itu.

Singapura Kecil Namun Menggigit dan Paling Bersih dari Asia

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Walau luas negaranya tidak seberapa dan jumlah penduduknya pun yang hanya seberapa namun negara ini sudang sangat dikenal dunia. Bahkan famor sebagai negara maju pun telah jauh meninggalkan Indonesia. Yaps, negara yang tidak punya gunung apalagi sumber air ini merupakan negara terbersih di dunia. Koq bisa? Yaps, sebagai sebuah negara yang kecil dan sadar akan lingkungannya yang tak seberapa pemerintah Singapura sangat serius dan bahkan sangat ketat sekali dalam hal urusan dan aturan terhadap kebersihan.

Banyak aturan super ketat yang diterapkan pemerintah untuk menjaga lingkungan tetap bersih terjaga, seperti tidak menyiram toilet saja orang akan dihukum dengan denda yang sangat menyakitkan. Apalgi jika sudah membuang sampah sembarangan sudah pati hukuman kurungan atau denda besar pun siap menghampiri pelakunya. Tak heran jika negara kecil di sebrang Indonesia ini termasuk negara paling bersih dari Asia tenggara untuk Dunia. So kapan Indonesia seperti Singapura???

Kostarika Negara Kecil dari Amerika Yang Bersih Lingkungannya

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Negara ini mungkin bukan negara yang maju di dunia, apalagi melihat penduduknya yang kebanyakan negro negara ini sangat tidak pantas disebut sebagai negara terbersih di dunia. Namun yang membuat negara ini dikatakan paling bersih dan terjaga lingkungannya adalah dari kebijakan pemerintah yang begitu serius terhadap kebersihan lingkungan. Bisa dikatakan Indonesia harus belajar dari Kostarika Dah. 

Untuk menjaga lingkungan pemerintah disana menggunakan pajak dari perdagangan BBM untuk mendanai program perlindungan Hutan. Menurut Happy Planet Index, pada tahun 2015, Kosta Rika tak lagi bergantung pada minyak bumi. Negara menggunakan listrik dengan 99 persen bahan bakar dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Hingga saat ini, pemerintah tetap mendukung penelitian mengenai sumber-sumber bahan bakar non minyak. Ambisi Kosta Rika adalah menjadi negara bebas karbon pada tahun 2021.

Swedia Paling Bersih dengan Teknologi Canggih didalamnya

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Negara yang merupakan kelahiran dari mega bintang Ibrahimovic ini merupakan negara di 
Eropa lainnya yang paling bersih terawat di dunia. Swedia punya sistem serta teknologi pengolahan sampah paling canggih di dunia. Bahkan karena saking canggihnya negara Ini menawarkan Jasa pada negara tetangga untuk mengirimkan sampah ke Swedia untuk di olah.

Dikatakan Swedia menerapkan manajamen sampah dengan konsep waste-to-energy (WTE). Di sini limbah rumah tangga diolah lewat proses pembakaran. Uap panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran ini lalu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Kemudian listrik didistribusikan ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Jepang Paling Bersih Air Banjir Pun Jernih Bukan Kepalang

Tujuh Negara Dengan Kebersihan Lingkungan Terbaik di Dunia

Terakhir negara Paling bersih di dunia dan wajib di ituti cara memelihara kebersihannya adalah Jepang. Negara yang terkenal akan anime dan JAV nya ini memang sedari dulu dikenal sebagai negara yang peduli akan lingkungan. Hampir semua penduduk disana punya kesadaran dan selalu menjaga lingkungannya agar tetap bersih terhaga. Adapun sebuah fenomena yang langka terjadi di negara ini pada tahun 2015 silam, dimana air banjir di negara ini terlihat sangat jernih dan tidak tampak ada sampah-sampah di dalamnya.

Karena itulah sangat pantas jika Jepang dinobatkan sebagai negara dari Asia yang punya kebersihan paling sempurna di dunia. So mungkin itulah deretan negara di dunia yang dikatakan sangat bersih dan sayang terhadap lingkungannya, semoga Indonesia tercinta ini beserta negara lainnya bisa belajar dan menjadi Jepang yang bersih selanjutnya. Karena kita tahu kebersihan adalah awal yang baik untuk segalanya. Semoga bemanfaat postingan singkat diatas, dan menjadi pelajaran baru bagi kita semua...
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.