10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017





Anakregular.com | Indonesia walau dikatakan sebagai negara berkembang dengan sejuta masalah sosial di dalamnya, namun Indonesia termasuk salah satu penyumbang orang-orang kaya di dunia. Terbukti walau sebagian besar rakyat Indonesia hidup di angka ekonomi pas-pasan namun ada juga orang Indonesia yang punya harta sangat banyak dan bahkan bisa membeli properti mahal di mancanegara.

Yah, inilah Indonesia dengan segala keunikan dan segala keanekaragaman nya. Sebetulnya Indonesia punya segalanya, Indonesia punya kekayaan yang bisa membuat rakyatnya hidup sejahtera, namun itu dia masalah sosial dan sumber daya manusianya yang masih sangat kurang membuat kekayaan Alam Indonesia terbuang secara percuma, dan bahkan negara asing yang tidak ada ikatan darah dengan Indonesia malah asyik menggerogoti kekayaan dari Alam Indonesia.

Meski begitu, tak bersumber dari kekayaan alam Indonesia ada juga orang Indonesia yang pintar dan bahkan dengan jeli memanfaatkan peluang ekonomi untuk memperkaya diri sendiri. Dengan segala keterampilan yang dimiliki beberapa orang dari Indonesia bahkan bisa dikenal sampai dunia. Seperti yang dilakukan oleh sepuluh orang Indonesia berikut ini.

Dengan segala kecintaannya pada dunia bisnis, mereka berhasil menasbihkan diri sebagai orang sukses dan terkaya di Indonesia. Dari berbagai bisnis mulai dari rokok, perbankan, tektis dan bisnis lainnya harta kekayaan mereka setiap tahunnya terus bertambah. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami ulas singkat sepuluh orang paling kaya di Indonesia update 2016-2017 "

Mochtar Riady - Pemilik Lippo Group dengan Harta IDR 25,65 Triliun (2016)


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di Tahun 2016 ini harta kekayaan dari pemilik sekaligus pendiri dari perusahaan Lippo Group ini terus bertambah sampai di angka USD 1,9 Miliar atau setara dengan IDR 25,65 Triliun. Jumlah tersebut naik signifikan setiap tahunnya, dimana pada tahun 2011 saja atau lima tahun kebelakang harga dari pengusaha yang satu ini hanya berjumlah UDS 650 juta saja. 

Bisa dikatakan bapak Mochtar Riady merupakan sosk bankir ternama dan juga paling hebat yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan segudang ilmu serta pengalaman di dunia perbankan, beliau berhasil menasbihkan diri sebagai salah satu orang kaya di Indonesia. Walau sudah sangat tua dan sudah waktunya untuk pensiun dari dunia kerja, namun perusahaan yang beliau dirikan saat ini masih terus berjalan dan dipimpin oleh anaknya sendiri bernama James Riady.

Sebagai salah satu perusahaan yang menjanjikan dan terbesar di Indonesia, saat ini Lippo sedang gencar-gencarnya melebarkan sayap ke dunia bisnis digital bangking lewat bank nobu yang dijalankan cucunya, John Riady, selain itu salah satu bisinis e-commerce MatahariMall juga dikatakan sudah bekerja sama dengan Lippo group, bukan tak mungkin tahun depan kekayaan serta pendapatan Lippo group dari berbagai bisnis akan terus bertambah.

Murdaya Poo Pemilik Jakarta International Expo Dengan Harta IDR 28,3 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di Posisi sembilan orang terkaya di Indonesia update tahun 2016 untuk 2017 ada sosok Murdaya Poo yang merupakan pemilik sekaligus pendiri dari Jakarta International Expo, yang merupakan kawasan konvensi terbesar di Jakarta. Dikatakan di tahun 2016 ini jumlah kekayaan beliau terus bertambah. Adapun forbes memberitakan jika jumlah total kekayaan dari Murdaya Poo untuk saat ini telah mencapai USD 2,1 Miliar atau setara dengan IDR 28,3 Triliun. 

Adapun jumlah kekayaannya yang terus bertambah berasal dari berbagai bisnis lain yang Murdaya Poo gelu seperti bisnis di sektor kelapa sawain, mekanik dan IT yang dijalankan lewat Central Cipta Murdaya Group. Dari beberapa sumber mengatakan kesuksesan dari Murdaya Poo sendiri tak lepas dari faktor keluarga seta support istri tercintanya, karena bersama sang Istri Murdaya Poo bahu membahu mencatatkan namanya sebagai orang sukses dan salah satu yang terkaya di Indonesia.

Tahir Pemilik Grup Mayapada Indonesia Dengan Dengan Harta IDR 41,8 Triliun 


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di tangga ke delapan orang paling kaya dan tajir di Indonesia ada sosok pembisnis dengan nama asli Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir yang biasa dipanggil Tahir. Beliau merupakan sosok pembisnis sekaligus miliarder Indonesia yang dikenal sangat dermawan serta berjiwa sosial sangat tinggi. Dikatakan di tahun 2016 ini dari perusahaan yang beliau dirikan yakni Grup Mayapada, Tahir telah mengumpulkan harta sebesar IDR 41,8 Triliun. Dengan jumlah tersebut Tahir menasbihkan diri sebagai salah satu orang paling kaya di Indonesia.

Selain mendapatkan pundi-pundi kekayaan dari Mayapada, Tahir juga memiliki binsis lainnya seperti bisnis rumah sakit, bank, hingga real Estate. Tak heran jika setiap tahunnya jumlah kekayaan dari Tahir ini terus bertambah. Apalagi walau telah menyumbangkan banyak harta tetap saja kekayaan Tahir tidak berkurang dan malah setiap tahunnya terus bertambah. Dikatanan di awal tahun 2016 silam Tahir telah mendonasikan hartanya sebanyak USD 14 juta untuk kegiatan sosial dan untuk bantuan para pengungsi di Dunia.

Boenjamin Setiawan  Pemilik Kalbe Farma Indonesia dengan Harta IDR 44,5 Triliun 


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Satu tangga diatas sosok paling kaya Tahir ada sosok Boenjamin Setiawan yang memiliki harta kekayaan sebanyak USD 3,3 Miliar atau setara dengan IDR 44,5 Triliun. Jumlah Kekayaan yang sangat banyak tersebut Boenjamin Setiawan  dapatkan dari bisnis obat lewat Kalbe Farma yang ia dirikan di tahun 1966. 

Selain bisnis obat lewat Kalbe Farma Boenjamin Setiawan juga memiliki bisnis lainnya seperti bisnis rumah sakit mitra keluarga yang diberitakan sudah masuk dalam bursa saham pada Maret 2015. Selain itu bersama keluarganya Boenjamin Setiawan sendiri berencana membuka 6 rumah sakit baru untuk beberapa tahun kedepan. Bisa dibayangkan dengan bisnis yang sangat menjanjikan bukan tak mungkin di tahun yang akan datang posisi sebagai orang paling kaya di Indonesia untuk Boenjamin Setiawan  akan terus meningkat.

Chairul Tanjung Pemilik CT Corp Dengan Jumlah Harta IDR 66,1 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di tangga ke Enam orang terkaya tertajir di Indonesia tercinta adalah sosok pembisnis dengan nama Chairul Tanjung, dikatakan sosok yang dikenal sebagai sianak singkong ini memiliki harta di tahun 2016 sebanyak UDR 4,9 miliar atau setara dengan IDR 66,1 Triliun. Bisa dikatakan Chairul Tanjung adalah salah satu pebisnis ulung yang dimiliki Indonesia.

Selain dari CT Corp yang ia dirikan, harta kekayaan Chairul Tanjung juga terus bertambah dari bisnis lainnya seperti bisnis ritel Transmart Carrefour. Adapun majalah forbes mengatakan jika Chairul Tanjung merupakan sosok yang ikut mengontrol franchise Wendy's di Indonesia dan juga Versace, Mango, serta Jimmy Choo.

Sri Prakash Lohia Si Raja Tekstil Indonesia dengan Harta IDR 67,5 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Sri Prakash Lohia merupaka sosok pengusaha dari India yang merubah kewarganegaraan menjadi Indonesia dan bermain bisnis di bidang Tekstil. Dikatakan di tahun 2016 ini jumlah kekayaan Sri Prakash Lohia terus bertambah dan telah mencapai di angka USD 5 Miliar atau setara dengan IDr 67,5 Triliun. 

Adapun perusahaan yang ia dirikan dan sampai saat ini telah menjadi ladang uang yang terus mengalir ke rekening pribadinya adalah perusahaan Indorama yang dalam sejarahnya ia bangun dari nol bersama ayahnya. Adapun untuk saat ini perusahaan indorama telah berganti nama menjadi perusahaan petrokimia yang paling sukses di Indonesia.

Eka Tjipta Widjaja Pemilik Sinar Mas Group Dengan Harta IDR 75,6 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di tangga ke empat orang terkaya di Indonesia ada sosok Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pemilik dari perusahaan Sinar Mas Group Indonesia. Dikatakan di tahun 2016 jumlah kekayaan dari Eka Tjipta Widjaja telah mencapai di angka USD 5,6 Miliar atau setara dengan IDR 75,6 Triliun.

Eka Tjipta Widjaja sendiri merupakan pendatang baru dan bukan asli orang Indoensia. Beliau merupakan orang Tiongkok yang datang ke Indonesia di kala usianya masih 9 tahun. Namun karena menetap dan juga sukses besar di Indonesia, ia pun menjadi warga Indonesia. Sebelum sukse seperti sekarang Eka Tjipta Widjaja pernah mengalami masa sulit dimana ia pernah menjadi penjual biskuit di kala usianya 17 tahun.

Namun karena kerja keras, lewat perusahaan Sinar Mas yang dia dirikan nama Eka Tjipta Widjaja menjadi salah satu nama yang selalu muncul di daftar orang paling kaya di Indonesia dan juga dunia. Dikatakan juga saat ini keluarga Eka Tjipta Widjaja telah menjadi keluarga pebisnis yang menjadi pemegang saham di beberapa perusahaan seperti kelapa sawit di perusahaan Golden Agri-Resources.

Anthoni Salim Pendiri dan Pemilik Salim Group dengan Harta IDR 76,9 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Di urutan 3 besar orang paling kaya di Indonesia ada sosok pengusaha bernama Anthoni Salim. Dikatakan beliau merupakan pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan Salim Group. Ditahun 2016 dikatakan jumlah kekayaan yang telah terkumpul mencapai USD 5,7 Miliar atau setara dengan IDR 76,9 Triliun.

Apalagi dengan bisnis lainnya yang terus di jalankan bukan tak mungkin harta dari sosok pengusaha Indonesia ini akan terus bertambah. Dari kabar yang beredar mengatakan jika baru-baru ini Anthoni Salim telah mengakuisisi perusahaan batu bara di Australia dengan mahar USD 224 Juta serta melebarkan saya bisnis di bisnis jual beli kopi Korea Selatan bernama Caffebene, serta tak ketinggalan membuka pabrik mie instan di Serbia Eropa.

Susilo Wonowidjojo Pemilik Gudang Garam Dengan Harga IDR 95,85 Triliun

10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Anda suka merokok? Anda tak bisa tanpa rokok? Maka Anda yang merokok pastinya telah membuat kaya sosok yang satu ini. Berkat rokok yang Anda hirup setiap hari jumlah kekayaan dari sosok pebisnis bernama Susilo Wonowidjojo terus bertambah. Yaps, Susilo Wonowidjojo merupakan sosok dibalik suksesnya PT Gudang Garam TBK. 

Dikatakan perusahaan rokok ini setiap tahunnya telah memproduksi sebanyak 70 miliar batang rokok dan telah mempekerjakan 36.900 pekerja di perusahaannya. Dari perusahaan rokok tersebut saat ini di tahun 2016 harta kekayaan Susilo Wonowidjojo dan keluarganya telah mencapai USD 7,1 Miliar atau setara dengan IDR 95,85 Triliun. Jumlah tersebut naik USD 1,6 Miliar dalam setahun. 

Tak heran walau aturan rokok sangat ketat, dan juga ada isu kenaikan harga rokok tetap saja rokok di Indonesia telah menjadi komoditas yang menjanjikan. Dengan harta sebanyak itu juga, nama Susilo Wonowidjojo menduduki peringkat kedua sebagai orang tajir di Indonesia untuk tahun 2016-2017.

R.Budi dan Michael Hartono Pemilik Djarum Dengan Total Harta IDR 230,85 Triliun


10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017

Dan yang terakhir dan terus berada di posisi puncak dan belum bisa di ganggu posisinya oleh pesaing terdekatnya sebagai orang paling kaya di Indonesia adalah pasangan R.Budi dan Michael Hartono. 

Mereka berdua merupakan sosok dibalik sukses besarnya perusahaan Rokok Djarum di Indonesia. Lewat Djarum pula lah jumlah kekayaan dua pasangan pebisnis ini berjumlah USD 17,1 Miliar atau setara dengan IDR 230,85 Triliun. Jumlah tersebut sangat jauh berbeda dengan posisi kedua yang kami sebutkan sebelumnya.

Di tahun 2016 ini jumlah kekayaan mereka bertambah USD 1,7 Miliar atau setara dengan ISD 22,9 Triliun. Selain dari Djarum, R.Budi dan Michael Hartono juga melebarkan bisnis nya di dunia perbankan salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA). 

Selain itu dua bersaudara ini dilaporkan mentransfer saham BCA senilai lebih dari US$ 13 miliar, dari perusahaan miliknya di luar negeri ke dalam negeri, dalam rangka program tax amnesty. Sungguh harta yang sangat banyak bukan?

Nah kawan mungkin itulah sepuluh orang terkaya di Indonesia tahun 2016-2017. Dengan segala usaha serta perjalanan panjang yang mereka lakukan akhirnya perusahaan yang dibuat dan di bangun dari nol sampai sekarang telah membuahkan hasil bagi mereka. Semoga perjalanan sukses mereka dan juga proses yang dijalani semasa hidupnya bisa menjadi pelajaran serta motivasi bagi kita semua. 

Semoga buat kedepannya banyak orang dari Indonesia yang menjadi orang terkaya orang paling sejahtera baik di lingkungan tempat tinggal atau lebih bagusnya orang kaya baru di Indonesia. Aminnn!!!!





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016-2017" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...