Cara Menggunakan Rem Motor Dengan Baik dan Benar





Anakregular.com - Cara Menggunakan Rem Motor | Seperti yang kita tahu Rem merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah kendaraan bermotor, baik itu mobil, sepeda motor, atau sepeda kayuh manual sekalipun. Rem di asumsikan sebagai sebuah alat untuk memperlambat perputaran roda pada kendaraan. 

Dengan menggunakan Rem kendaraan yang sedang melaju secara bertahap akan berkurang kecepatannya dan dapat berhenti di tempat yang diinginkan. Bisa dibayangkan jika tidak ada Rem dalam sebuah kendaraan maka dipastikan tidak akan laku kendaraan tersebut.

Salah satu kendaraan bermotor yang mungkin sudah hampir di miliki oleh setiap keluarga adalah sepeda motor. Baik di kota dan di desa hampir semua kepala keluarga sudah punya sepeda motor. Tak heran jika populasi sepeda motor di negara tercinta ini sudah sangat banyak sekali. Namun sayang banyaknya populasi motor ini tidak digunakan dengan cara yang bijak.

Cara Menggunakan Rem Motor Dengan Baik dan Benar
Penting rasanya mengetahui cara menggunakan rem motor yang baik dan benar
Salah satunya sudah banyak para orang tua yang sudah membolehkan anak dibawah umur untuk mengendarai sepeda motor. Padahal motor jika digunakan oleh anak dibawah umur berpotensi menimbulkan kecelakaan. Dan salah satu dari banyaknya kecelakaan kendaraan bermotor karena dikendarai oleh anak dibawah umur adalah karena belum mahir dalam cara menggunakan rem motor dengan benar.

Kita pasti sering lihat anak SMP jaman sekarang atau bahkan anak SD sekalipuan sudah sangat bangga sekali jika sudah mengendarai sepeda motor. Dan ironisnya sepeda motor yang digunakan kerap kali adalah sepeda motor yang tak layak pakai, dalam artian sebagian komponen motor sudah ditanggalkan, bahkan sering kita lihat fitur rem pada motor yang digunakan tersebut sudah sangat tidak SNI lagi. Rem belakang sudah ada yang ditanggalkan, dan bahkan rem depan tanpa kanvas pun masih digunakan, sangat ironi bukan?

Padahal rem adalah salah satu komponen sangat penting dalam sebuah kendaraan. Dengan komponen rem yang lengkap dan juga sering dirawat setiap bulannya bukan tak mungkin cara menggunakan rem motor tersebut akan sangat nikmat di lakukan. 

Karena itulah untuk mendapatkan hasil pengereman yang baik dan benar pada motor alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu ulasan singkat cara menggunakan rem motor yang baik dan benar, agar ketika sudah dikuasai berkendara Anda akan menjadi lebih maksimal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menggunakan Rem Motor 


Salah satu aspek yang harus diperhatikan ketika menggunakan rem adalah penggunaan rem depan dan belakang yang tepat dan juga di barengi dengan kecepatan motor ketika sedang melaju. Seperti ketika Anda sedang memacu motor di kecepatan 80km/jam ke atas, untuk memperlambata tau ingin berhenti dengan selamat , hal yang pertama dilakukan adalah menurunkan gas dan tekan atau tarik rem depan dulu secara perlahan. Dan jika kecepatan sudah diangka 30km/jam tarik atau injak rem belakang. 

Adapun cara menggunakan rem motor khususnya untuk rem matic dimana dua rem belakang dan depan ada di setang motor adalah dengan menekan atau menarik tuas rem depan atau belakang dengan dua jari saja, yaitu telunjuk dan jari tengah. 

Hal ini dilakukan karena dalam teori anatomi tubuh, otot yang mencakup akurasi harus pakai otot bisep. Dalam artian otot yang satu ini diwakili oleh dua jari, yakni telunjuk dan jari tengah. Adapun tiga jari sisa lainnya yakni ibu jari, jari manis, dan kelingking bisa digunakan untuk menahan bobot tubuh. Tiga jari sisa ini tidak boleh dipakai sekaligus ketika melakukan pengereman.

Cara menggunakan rem Motor bagian Belakang yang baik dan benar

Pada dasarnya penggunaan rem belakang khususnya pada sepeda motor disarankan untuk kondisi jalan tertentu saja, salah satunya adalah ketika hendak melewati turunan dengan kecepatan yang rendah. Adapun jika jika di turunan Anda melaju dengan kecepatan yang cukup kencang dan hanya menarik atau menekan rem belakang saja maka akan membuat sepeda moto menjadi tidak stabil dan ngesot. Adapun pada situasi seperti ini kombinasi rem belakang dan rem depan sangat diperlukan.

Terlebih lagi untuk hasil pengereman yang lebih efektif khususnya bagi motor bergigi bisa Anda kombinasikan dengan engine brake. Artinya dengan engine brake ini, pengereman pada kecepatan cukup tinggi bisa lebih maksimal. Adapun cara memperoleh engine brake ini adalah dengan cara menurunkan gigi ke lebih rendah, misal Anda melaju dengan kecepatan cukup tinggi untuk mengerem secara maksimal Anda bisa menurunkan gigi dari 4 misalnya ke tiga, kemudian ke dua dan dibarengi pengereman rem belakang dan depan secara perlahan-lahan.

Lantas apakah boleh mengerem saat sedang menikung?

Pada dasarnya cara menggunakan rem motor dikala sedang menikung adalah hal yang sangat beresiko. Namun secara teori rem pada saat menikung digunakan sebelum motor masuk ke tikungan tersebut bukan melakukan pengereman di tengah motor sedang menikung. paham? Adapun hal yang harus dilakukan ketika sudah masuk tikungan adalah jangan melakukan pengereman melainkan lakukan akselerasi agar cengkaram roda depan semakin baik.

Cara menggunakan rem motor dijalanan lurus

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengerem dengan baik dan selamat ketika Anda memacu kendaraan motor dengan kecepatan cukup tinggi di jalanan lurus adalah dengan cara mengkombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Dikatakan pemakaian sistem pengereman bagian depan yang lebih besar pada saat jalan lurus memungkinkan gerakan sepeda motor tetap searah gravitasi. Sedangkan jika Anda menggunakan rem belakang lebih besar disaat jalan lurus maka kendaraan akan melawan gravitasi sehingga akan menimbulkan slinding.

Sementara itu cara menggunakan rem pada saat jalanan sedang di guyur hujan adalah dengan cara memadukan rem depan dan rem belakang dengan perbandingan terbalik dari cara mengerem ketika berada di jalan lurus. Pada cuaca sedang hujan atau jalanan licin perbandingan rem depan dan rem belakang adalah 40:60. Kondisi jalanan yang licin karena hujan seringkali menimbulkan gerakan motor tidak stabil, karena itulah penggunaan rem belakang dapat dimanfaatkan untuk menyeimbangkan laju sepeda motor.

Dan satu hal lain yang harus selalu Anda perhatikan adalah tidak boleh (selalu) menaruh empat jari tangan di handle disaat kendaraan sedang melaju kencang. Karena perilaku tersebut dapat membuat Anda celaka. Empat jari yang ditaruh di handle rem memungkinkan Anda akan melakukan reflek pengereman secara spontan dengan kekuatan penuh ketika ada kepanikan. Hal tersebut tentu akan menyebabkan keseimbangan motor terganggu.

Karena itulah gunakan dua jari saja, yakni jari telunjuk dan jari tengah untuk di taruh di handle rem. Dan untuk lebih maksimal lagi tetap jaga jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan lain yang ada didepan. Jangan terlalu dekat karena bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

So, cukup sekian tips sederhana cara menggunakan rem motor dengan baik dan benar. Silahkan prektekkan sekarang, jangan berkendara tanpa alat pengaman dan selalu sedia perlengkapan kendaraan ketika Anda hendak melakukan perjalan jauh dengan sepeda motor. Selamat berkativitas dan salam keselamatan...




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Cara Menggunakan Rem Motor Dengan Baik dan Benar" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Menggunakan Rem Motor Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..