Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

loading...
loading...
Anakregular.com | Banyak nya bahasa di dunia serta bedanya pemahaman antara satu orang dengan orang yang lainnya kerap kali membuat kita sulit untuk membedakan dua hal yang mirip. Terlebih lagi efek lingkungan serta kebiasaan sehari-hari membuat kita familiar terhadap sesuatu yang berbeda namun kita menganggapnya sama. 

Beberapa diantara hal ini mempunyai pengertian yang serupa tapi tak sama, artinya jika dilihat sepintas tidak ada yang berbeda namun jika ditelaah lebih jauh maka akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya. Seperti yang terjadi pada penyebutan sinterklas dan santaclaus, dimana banyak orang orang menganggap dua nama tersebutadalah satu sosok yang sama.

Namun dalam kenyataannya diantara Sinterklass dan Santa Claus tidak ada persamaan malahan dua nama tersebut adalah dua tokoh yang berbeda. Berikut anakregular.com informasikan tujuh hal yang berbeda namun sering dianggap sama orang banyak orang. Apa sajakah itu? Silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

Sama Tapi Beda Antara Sinterklass dan Santa Claus


Dalam perayaan natal yang sering dilakukan oleh seluruh umat kritiani di seluruh dunia, pastinya ada sosok spesial yang hadir di malam tersebut. Sosok tersebut adalah Sinterklass dan Santa claus. Banyak orang yang menganggap Sinterklass adalah santa claus begitu pula sebaliknya. Padalah fakta yang sebenarnya adalah dua sosok tersebut adalah dua tokoh yang sangat berbeda dan tidak ada kesamaan diantara keduanya.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Meskipun dari tampilan serta kehadiran dan juga perilakunya yang sama yakni suka berbagi hadiah di malam natal kepada setiap anak. Namun keduanya punya perbedaan yang sangat mencolok. Adapun Santa Claus dalam sejarahnya merupakan tokoh yang berasal dan hidup di kutub utara sedangkan sinterklass adalah tokoh yang hidup di istana di Spanyol. 

Terlebih lagi dalam hal pemberian hadiapun keduanya punya cara yang berbeda, Santa Claus dalam prakteknya akan menukar kue dengan hadiah kepada setiap anak di malam natal, sedangkan Sinterklass akan menukar rumput yang diletakkan di sepatunya dengan hadiah yang diinginkan orang-orang. 

Sama Tapi Beda Antara Raja dan Kaisar


Selanjutnya hal beda yang sering dianggap serupa oleh banyak orang terutama orang awam adalah makna Raja dan Kaisar. Banyak orang menganggap raja adalah kaisar begitu pula sebaliknya. Namun jika di telaah lebih jauh lagi makna terhadap arti raja dan kaisar sesungguhnya sangatlah berbeda. Lantas apa yang membedakan antara raja dan kaisar ini. Jawabannya adalah perbedaan dari wilayah kekuasaannya.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Dalam artian wilayah kekuasaan kaisar lebih luas daripada kekuasaan seorang raja. Bisa dikatakan Kaisar adalah seorang raja, dan raja belum tentu menjadi seorang kaisar. Bisa dikatakan raja berada dibawah kekuasaan kaisar dan kaisar adalah penguasa dari beberapa raja. Lebih jelasnya kaisar adalah sosok pemimpin atau penguasa yang memimpin beberapa bangsa dan cangkupan wilayah yang sangat luas sedangkan raja hanya memimpin satu wilayah saja.

Hal ini bisa kita lihat dari sejarah yang sedari dulu sudah tercatat dalam sebuah buku, dimana kita mengenal adanya sejarah tetang kekaisaran romawi dan sebagainya. Karena itulah untuk waktu yang akan datang jangan sampai menyamakan raja dengan kaisar yah..

Sama namun Beda antara Kodok dan Katak


Hal beda namun dianggap sama juga kerap disematkan pada hewan, salah satunya adalah katak dan kodok. Banyak orang menganggap dua hewan ini adalah sama, katak di sebut kodok, begitu pula sebaliknya. Namun perlu Anda ketahui, walau dari bentuk dan tempat hidup dua hewan ini sama, sesungguhnya antara katak dan kodok terdapat perbedaan yang sangat jauh sekali.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Walau termasuk dalam kategori hewan Amfibi serta dari family yang sama namun antara kodok dan katak ada perbedaan yang signifikan. Katak dalam kenyataannya punya tubuh yang lebih ramping serta memiliki kaki belakang yang panjang sedangkan kodok dalam kenyataannya memiliki tubuh yang gemuk dan gempal, karena itulah kodok memiliki kaki belakang yang pendek. 

Selain itu, dari segi kulit katak dan kodok juga memiliki perbedaan dimana katak punya struktur kulit yang basar sedangkan kodok punya kulit yang kering. So untuk kedepannya jangan salah salah lagi yah, jangan sampai menganggap sama antara katak dan kodok, karena sesungguhnya dua hewan ini adalah dua spesies yang berbeda.

Beda dan Tidak Sama Antara Psikolog dan Psikiater


Dari dunia kesehatan dan kedokteran pun ada dua hal yang sering dianggap sama oleh banyak orang namun sesungguhnya dua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda. Salah satu contohnya adalah banyak orang mengira Psikolog adalah psikiater begitu juga sebaliknya. Yah, mungkin dari Anda pernah mendengar atau mengalaminya sendiri, dikala kejiwaan anda sedang terganggu dan mental Anda sedang strees Anda selalu datang ke psikolog atau psikiater dengan satu orang yang sama. Pernahkah seperti itu?

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Perlu Anda ketahui jika psikiater dan psikolog tersebut adalah dua orang atau tokoh atau sosok yang berbeda baik dalam pendidikan maupun dalam hal pekerjaannya. Psikolog sendiri adalah orang yang belajar dan lulus sekolah di jurusan psikolog dan dalam pekerjaannya hanya menangangi curhatan orang yang mengalami strees dan galau. Adapun tugas dari psikolog ini adalah memberikan nasihat namun tidak berhak memberikan resep obat anti stress.

Beda halnya dengan psikiater, dimana dalam pengertiannya psikiater ini diartikan sebagai orang yang belajar dan lulus sekolah di bidang kedokteran  dan juga dalam pekerjaannya kerap dikhususkan untuk menangangi orang-orang yang berkelainan jiwa. Adapun psikiater ini punya hak dan kewajiban memberikan resep obat pada orang-orang yang menggunakan jasanya. 

Dianggap Sama Namun Beda Diantara Vihara dan Klenteng


Dari ranah religu ada juga yang sering dianggap sama padahal dalam arti yang sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Seperti dalam ajaran budha banyak orang yang menganggap Vihara dan Klentheng adalah dua tempat yang sama hanya berbeda penyebutannya saja. Namun perlu Anda ketahui walau vihara adalah bahasa indonesia yang resmi dan klentheng adalah bahasa daerahnya, sesungguhnya dua nama tempat ini adalah dua hal yang punya arti berbeda.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Vihara dalam arti sebenarnya adalah tempat atau rumah suci atau rumah ibadah bagi umat Budha seluruh dunia, sedangkan Klenteng dalam arti yang sesungguhnya adalah rumah ibadah untuk tiga keyakinan yang digabung dalam satu kesatuan. Yaps Klenteng ini adalah tempat ibadah bagi mereka yang menganut keyakinan Tridharma. Thridarma sendiri merupakan gabungan dari agama Budha, Kong Hu Chu dan Taosisme. Karena dua agama yang di sebutkan di belakang tidak diakui pemerintah, maka dua agama tersebut nebeng istilahnya ke agama yang diakui yakni budha. 

Adapun dalam sejarahnya, di Indonesia tepatnya di masa orde baru agama Kong Hu Chu dan Taoisme tidak diakui oleh pemerintah walau jumlah pengikutnya banyak kala itu. Al hasil di masa orde baru dua umat tersebut meleburkan tempat ibadahnya. Setelah itu ajaran Kong Hu Chu dan Taoisme bergabung dengan agama budha dan menyebut diri mereka dengan sebutan Tridharma (Tiga ajaran) dan menggunakan Klentheng sebangai tempat ibadah.

Beda dan Tak Sama Diantara Bank Dunia dan IMF


Banyak orang menganggap IMF dan Bank dunia adalah organisasi yang sama, namun dalam kenyataannya dua nama tersebut adalah dua organisasi yang berbeda. Memang keduanya adalah sebuah lembaga yang berkenan memberikan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan modal atau untuk pembangunan sebuah negara.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

IMF dan Bank Dunia di dirikan setelah era perang dunia kedua berakhir. Efek dari perang yang telah merenggut banyak nyawa serta menyebabkan kerusakan di berbagai negara membuat banyak negara kesulitan untuk melakukan pemulihan. Karena itulah dua organisasi ini di bentuk. Dalam kenyataannya baik diantara IMF dan Bank Dunia ternyata punya arti yang berbeda serta cara kerja yang tak sama antara keduanya.

Adapun perbedaan yang bisa dilihat dari keduanya adalah dari fungsi serta cara kerja yang beda antara IMF dan Bank Dunia. Secara umum IMF lebih peduli dengan kebijkakan makroekonomi negara-negara anggota, masalah neraca pembayaran dan kebijakan perdagangan internasional. Sedangkan Bank Dunia dalam prakteknya lebih sering terlibat dalam program yang secara spesifik menyentuh suatu negara tertentu. 

Bank Dunia dikenal memiliki kepedulian terhadap kebijakan ekonomi dalam suatu negara, mencari cara untuk memperbaiki kondisi ekonomi, dan mengatur pengeluaran pemerintah untuk memperbaiki situasi ekonomi.

Beda dan Tidak Sama Antara TNT dan Dinamit


Jika dilihat dari penggunaannya dan juga dari sejarahnya antara Dinamit dan TNT adalah dua hal yang sama. Banyak orang menganggap TNT adalah Dinamit begitu pula sebaliknya. Namun perlu Anda ketahui Dinamit dan TNT adalah dua alat pemusnah massal yang beda dalam hal penggunaan dan efek sampingnya.

Tujuh Hal Beda Yang Sering Dianggap Sama di Dunia

Dari segi bahan serta efek samping dari dua benda berbahaya ini sangatlah berbeda. TNT (trinitrotuluena) diartikan sebagai senyawa kristal yang berwarna kuning dan mempunyai daya ledak yang sangat besar. TNT ini sangatlah berbahaya dari dinamit, karena ledakan dari TNT ini bisa menyebabkan racun yang mematikan, namun bedanya TNT dengan dinamit ini adalah daya ledaknya lebih stabil.

Adapun dinamit sendiri adalah benda yang beda dan tak sama dari TNT. Dinamit dibuat dari serbuk putih yang di kombinasikan dengan nitrogliserin dan beberapa senyawa seperti natrium dan karbonat. Dinamit dalam ledakannya punya daya ledak lebih besar dari tidak stabil daripada TNT, namun Dinamit ini tidak beracun.

Loading...
loading...