Lima Hewan Berpenciuman Terbaik di Dunia





Anakregular.com | Hewan merupakan salah satu makhluk hidup paling menakjubkan yang diciptakan Tuhan untuk menemani kehidupan manusia. Hewan ada banyak jenisnya dan baik hewan yang hidup di daratan maupun hewan yang hidup di lautan. Namun sayang hewan punya kelemahan terhadap indera-indera yang ada di dalam tubuhnya.

Umumnya indera-indera hewan tidak berfungsi dengan baik, dan bahkan banyak hewan yang punya indera yang sangat memprihatinkan. Meski begitu hewan punya salah satu indera dari banyaknya indera yang tidak berfungsi dengan baik, hewan punya satu indera yang kerap menjadi fungsi segala yang dibutuhkan. Salah satunya indera penciuman, dimana hewan punya indera penciuman yang sangat bagus dan lebih baik daripada indera penciuman manusia.

Yaps hewan, menggunakan indera penciumannya untuk segala kebutuhan hidup mulai untuk mencari makanan, mencari mangsa dan menyelamatkan diri dari pemangsa. Lantas hewan apa saja yang punya indera penciuman terbaik di kalangan dunia hewan? Berikut anakregular informasikan lima hewan dengan indera penciuman terbaik dan tertajam di dunia. Silahkan disimak kawan...

Lima Hewan Berpenciuman Terbaik di Dunia


Penciuman Terbaik yang dimiliki Tikus

Hewan pengerat yang satu ini memang selalu ada dan menjadi musuh bagi manusia. Tikus yang tidak di basmi keberadaannya akan membuat kerusakan dan membuat segala yang ada di dalam rumah menjadi rusak. Tikus sendiri merupakan salah satu hewan dengan penciuman terbaik di dunia.  Tikus punya hidung super sensitif dimana dapat mendeteksi bau dalam jarang yang sangat jauh sekalipun. 

Dalam hidung tikus terdapat partikel bau yang terikat pada silia yang terdapat di reseptor bau dan neuron olfaktorius. Selain itu tikus juga mempunya organ penciuman tambahan yang disebut organ vomeronasal. Organ ini terletak di bagian bawah rongga hidung di dekat spetrum. Dengan organ tambahan ini tikus dapat mendeteksi feromon untuk membedakan antara dua anggota yang berbeda dari spesies tikus yang sama. 

Penciuman Tertajam yang dimiliki Ular

Ular merupakan hewan reftil yang punya indera penglihatan dan pendengaran yang sangat buruk. Sebagai hewan predator ular menggunakan indra penciumannya untuk berburu sekaligus melindungi diri dari predator lain yang memangsanya. Ular akan menyulurkan lidahnya sebagai tanda ia sedang melakukan penciuman. 

Di lidah inilah ular dapat mengumpulkan partikel di udara yang bisa digunakan untuk merasakan dan mencium sesuatu dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Walau ular juga punya lubang hidung, namun lubang tersebut tidak digunakan untuk merasakan bau. 

Sebaliknya ular malah menggunakan organ vomeronasal yang ada di dalam mulutnya untuk mendeteksi rasa dan bau dari jarak kejauhan. Ular akan menjulurkan lidah mereka secara konstan. Ini membantu mereka mengambil sampel dari udara, tanah, air, dan menganalisis berbagai bahan kimia. Zat kimia ini dianalisis untuk membantu ular mengetahui apakah ada mangsa atau predator di sekitar mereka.

Penciuman Terbaik Anjing Pelacak

Ada yang bilang penciuman anjing biasa adalah 100 kali lebih baik daripada manusia. Dan penciuman anjing pelacak lebih gila lagi. Sebuah penelitian mengatakan jika hidung anjing pelacak setidaknya memiliki sekitar 230 juta sel penciuman yang membuat hewan ini punya segala hal untuk mendeteksi dan mencari bau dari jarak yang sangat jauh sekali.

Karena itulah anjing pelacak memiliki reseptor bau 40 kali lebih banyak daripada reseptor bau pada hidung manusia. Anjing pelacak akan mengidentifikasi bau tertentu dari sekumpulan bau lain dan bisa mencapai sumbernya dalam jarak lebih dari 200 km. Indera penciuman anjing pelacak sekitar 300 kali lebih baik daripada indera penciuman manusia.

Penciuman Terbaik Hiu di Lautan

Hiu merupakan predator mematikan yang harus Anda hindari ketika bermain di lautan. Hampir tidak ada yang selamat dari serangan Hiu ini. Hiu juga termasuk salah satu hewan yang punya penciuman super hebat di dunia. Hiu dapat mencium darah dan mendeteksi mangsa dalam jarak 2 km. 

Hiu punya sekitar 2/3 dari otak yang di dedikasikan untuk lobus olfaktorius (penciuman). Oleh karena itu hewan yang terluka dan mengeluarkan darah dalam radius 2 km maka hiu akan dengan cepat datang menghampiri hewan tersebut dan langsung memangsanya.

Beruang Yang Terbaik Dari Indra Penciuman Semua Hewan

Terakhir hewan yang dinobatkan sebagai hewan dengan penciuman terbaik dan bahkan beribu kali lebih baik dari manusia adalah Beruang. Beruang punya hidung yang sangat besar sekaligus punya ribuan reseptor bau. Dengan indra penciumannya beruang bisa menemukan dan melacak anaknya yang hilang dari pangkuan. 

Selain itu, beruang bisa mendeteksi binatang mati yang berada di jarak 32 km jauhnya, hebat bukan? Adapun penciuman superior dari beruang ini tak lepas dari area lobus olfaktorius pada otak beruang yang berukuran 5 kali lebih besar daripada otak manusia. 





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Lima Hewan Berpenciuman Terbaik di Dunia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...