Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia





Anakregular.com | Uang merupakan salah satu benda penting yang sering digunakan banyak orang untuk bertransaksi jual beli. Setiap negara tentu punya mata uang yang berbeda dengan negara lainnya guna digunakan dengan nyaman oleh para penduduknya. Namun dari banyaknya mata uang negara di dunia ini ternyata ada sebagian mata uang yang bisa dikatakan sebagai mata uang paling unik di dunia.

Dikatakan unik karena desain atau gambar-gambar yang digunakan pada mata uang tersebut. Dikatakan kembali jika salah satu pecahan mata uang Rupiah dari Indonesia yang pecahan 20 ribu edisi Ki Hajar Dewantara masuk dalam jajaran mata uang paling unik di dunia. Dengan warna hijau gelap pecahan uang tersebut menjadi terlihat unik dan berbeda.

Lantas apakah ada mata uang negara lainnya yang terbilang unik dan aneh di dunia? Berikut adalah enam pecahan mata uang yang dinobatkan sebagai mata uang paling unik di dunia. Silahkan disimak kawan..


Enam Pecahan mata Uang Paling Unik 


Pecahan Mata Uang 20.000 Rupiah Ki Hajar Dewantara Indonesia

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Mata uang paling unik pertama ternyata datang dari negara Indonesia, yah pecahan rupiah khususnya khususnya yang 20.000 edisi Kihajar Dewantara dengan warna hijau pucatnya dikatakan sebagai salah satu mata uang paling unik di dunia. 

Pecahan yang dikeluarkan pada tahun 1998 dan ditarik kembali pada tahun 2009 ini memang terlihat sangat beda sehingga punya kesan yang unik. Sekilas memang tidak ada yang aneh pada pecahan 20 ribu rupiah yang satu ini. Namun warna hijau pucat yang dipakai sebagai latar uang memberikan kesan unik di mata warga Internasional.

Pecahan Mata Uang 10 Dollar Australia 

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Mata uang dollar Australia termasuk salah satu mata uang dengan nilai tukar paling tinggi di dunia. Untuk nilai tukar dengan rupiah sendiri 1 dollar Australia setara dengan 9.800 rupiah. Namun pecahan mata uang dollar Australia yang dinobatkan sebagai mata uang paling unik di dunia adalah pecahan 10 dollarnya yang dicetak pada tahun 2012. 

Dalam pecahan tersebut ada gambar Mary Gilmore yang merupakan seorang penulis asal Australia sebagai gambar utamanya. Dari segi warna pun pecahan dollar yang satu ini terbilang unik, namun yang menjadi permasalahan, setelah uang tersebut dicetak dan disebarluaskan, sebagian besar warga Australia banyak yang tidak kenal dengan sosok berpengaruh di Australia tersebut.

Pecahan Mata Uang 5 Lirot - Israel

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Bisa dikatakan negara yang suka perang dan kerap melakukan pembantaian terhadap penduduk Palestina ini sangatlah di benci oleh banyak negara khususnya negara-negara mayoritas muslim. Namun satu yang unik dari negara kontroversi ini adalah mata uang yang digunakan, khususnya pada pecahan 5 Lirotsnya. Ada yang beda pada uang pecahan tersebut dimana oleh dunia pecahan tersebut disebut-disebut sebagai mata uang paling unik di dunia.

Pada pecahan 5LIrots terpampang jelas gambar dari sosok terkenal dunia. Tak seperti kebanyakan negara yang menggunakan sosok berpengaruh di negara sendiri, khusus untuk pecahan 5 LIrots pemerintah Israel menggunakan gambar Albert Eistein sebagai desain utamanya. Adapun penjelasan dari pemerintah Israel mengatakan penggunaan gambar tokoh fisikawan terkenal tersebut sebagai bentuk penghargaan kedapa mendiang yang juga memiliki darah keturunan Israel.

Pecahan 50 Rubel - Mata Uang Negara Belarus

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Belarus atau orang sering menyebut negara ini sebagai negara Republik Belarus atau Belarusia ini merupakan salah satu negara kecil di kawasan Eropa Timur dengan Ibu Kota Minsk. Secara wilayah negara kecil ini hanya terbagi dalam 6 provinsi dan satu kota khusus saja. Negara kecil ini memang tidak seterkenal negara-negara Eropa lainnya, namun yang membuat unik dari negara kecil ini adalah mata uang resmi yang digunakan.

Salah satu pecahan mata uang Belarus yang dikatakan punya desain unik beda dari yang lain adalah pecahan 50 Kaneek. Pecahan yang satu ini dicetak pada tahun 1992. Yang unik dari mata uang ini adalah gambar binatang yang menjadi gambar utama. Namun setelah pemerintah setempat tidak mencetak kembali uang yang satu ini. Uang pecahan 50 kaneek dari belarusia digadang-gadang sebagai salah satu mata uang paling unik di dunia. 

Pecahan 10 Dollar - Mata Uang Pulau Cook Di Samudera Pasifik

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Tak banyak yang tahu akan nama pulau dan negara yang satu ini. Pulau Cook atau sebuah negara kecil ini berada di Samudera Pasifik dan termasuk dalam wilayah pemerintahan Selandia baru. Karena ikut nebeng dengan sistem pemerintahan Selandia Baru, keseharian di pulau ini pun tak lepas dari penggunaan dollar Selandia Baru. 

Namun yang menjadi unik dari pulau ini, ada sebuah pecahan mata uang yang khusus di gunakan di pulau Cook sebagai bagian dari peringatan budaya Polynesia. Dalam peringatan tersebut pemerintah setempat juga bekerja sama dengan pemerintah Selandia baru mengeluarkan uang pecahan 10 dollar. Dalam uang pecahan tersebut terdapat gambar Hiu dan seorang manusia. Kabarnya uang pecahan 10 Dollar Pulau Cook ini hanya bisa digunakan di pulau Cook Saja.

Pecahan 5000 Krona - Mata Uang Islandia

Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia

Islandia merupakan salah satu negara kecil di bagian utara di Eropa, hampir setiap tahunnya suhu di negara ini sangatlah dingin. Walau termasuk salah satu negara kecil namun Ekonomi di negara ini termasuk yang terbaik di Eropa. Bahkan dengan hanya 300.000 dari jumlah penduduknya negara kecil ini bisa mengguncang dunia.

Satu yang unik dari negara Islandia adalah mata uang yang digunakan. Walau ada mata uang euro yang paling banyak digunakan namun pemerintah Islandia mengeluarkan uang resmi negara yakni Krona sebagai mata uang resmi negara. Adapun pecahan 50 Krona Islandia digadang-gadang sebagai salah satu pecahan mata uang paling uni di dunia.

Yang membuat pecahan mata uang ini menjadi unik dan aneh adalah gambar utama yang dipakai didalamnya. Pecahan uang 50 Krona Islandia memakai gambar seorang wanita bernama Ragnheidur Jonsdottir yang merupakan pengrajin pakaian dari Islandia. Adapun pakaian unik yang dipakai oleh wanita tersebut dalam gambar uang pecahan 50 Krona membuat desain uang Islandia itu terlihat aneh dan unik.





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "Enam Pecahan Mata Uang Paling Unik di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..