Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan di Dunia





Anakregular.com |  Deretan mata uang yang sulit dipalsukan di dunia - Uang merupakan segala sesuatu yang diterima secara umum oleh masyarakat sebagai alat tukar menukar atau alat pembayaran yang sah dan keberadaannya di lindungi oleh undang-undang. Bisa dikatakan uang adalah segalanya, dan memang segala yang ada di dunia ini bisa kita nikmati jika kita punya uang.

Di dunia ini banyak uang yang beredar, dan untuk membedakannya di setiap negara pasti punya nama atau mata uang yang berbeda dengan negara yang lainnya. Seperti di Indonesia yang terkenal dengan mata uang Rupiah-nya dan Malaysia dengan mata uang ringgitnya. Selain itu dari segi desain dan nilai tukar mata uang negara berbeda dengan yang lainnya, dari ada desain mata uang negara yang terbilang unik dan memungkinkan mata uang tersebut sulit untuk di palsukan.

Yah, pemalsuan uang kerap kali dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Hal tersebut dilakukan mungkin karena ingin mendapatkan uang dengan cara membuatnya secara langsung. Namun untuk saat ini rasanya memalsukan uang sangatlah sulit dilakukan. Terlebih untuk Indonesia sendiri dengan desain barunya, pecahan rupiah terbaru Indonesia disebut-sebut menjadi satu dari mata uang yang sulit dipalsukan di dunia.


Lantas selain pecahan mata uang rupiah yang baru, ternyata mata uang negara lainnya juga ada yang terlebih dahulu memegang predikat sebagai mata uang yang sulit dipalsukan. Seperti apa dan mata uang negara mana sajakan itu? Berikut ulasan singkatnya :

Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan di Dunia


Pecahan Mata Uang Poundsterling - Inggris

Enam Pecahan Mata Uang Yang Paling Sulit di Palsukan

Poundsterling merupakan salah satu mata uang paling tua di dunia. Selain itu mata uang ini juga termasuk yang termaha nilainya mengungguli nilai mata uang dollar Amerika atau Euro Eropa. Untuk Indonesia saja nilai satu poundsterling setara dengan IDR 16.xxx. Jaung unggul jika dibandingkan dengan Dollar Amerika.

Dalam Sejarahnya pounsterling berasal dari dua kata yakni pound dan sterling (bukan nama pemain bola). Dikatakan sejak dulu penggunaan mata uang ini merupakan perujukan pada loga perak seberat satu pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut.

Adapun negara yang memakain nama poundsterling sebagai mata uang negaranya adalah britania raya, dan juga beberapa negara jajahannya di berbagai belahan dunia. Untuk pecahan mata uang nya pun sangatah beragam, muai dari bentuk koinnya hingga bentuk kertas, khusus untuk kertas mata uang poundsterling ini punya 4 pecahan mata uang mulai dari 5 pounds, 10 pounds, 20, pounds, dan 50 pounds.

Khusus untuk yang 20 pound dikatakan merupakan yang terbaik dari semua pecahan mata uang poundsterling yang ada. Dikatakan pecahan 20 pounds merupakan salah satu pecahan mata uang yang sulit dipalsukan. Hal tersebut dikakarenakan pada pecahan mata uang britania raya ini terdapat benang holograp yang bersifat permanen. Adapun tulisan dalam benang tersebut hanya bisa dibaca ketika uang di lipat. 

Pecahan 1000 Dinar Mata Uang Negara Irak

Enam Pecahan Mata Uang Yang Paling Sulit di Palsukan

Mata uang yang sulit dipalsukan selanjutnya adalah mata uang dinar yang dipakai di sebagian besar negara di Timur Tengah. Mata uang yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu kala, dan sampai saat ini sudah menjadi salah satu mata uang yang dipakai di berbagai negara seperti Kuwait, Oman, Bahrain, Yordania, dan Irak. Sebagian besar pecahan mata uang dinar ini sangat sulit dipalsukan.

Memang nilai tukar mata uang yang terkenal di timur tengah ini sangatlah berbeda di setiap negaranya. Khusus untuk dinar irak saja nilai tukar dengan rupiah hanya berkisar diantara 11 rupiah saja per 1 rupiah. Adapun pecahan dinar yang sudah ada sejak dulu terdiri dari pecahan 50,250,500,1000, 5000,, 10000, dan 25.000 dinar.

Khusus untuk pecahan 1000 dinar Irak dikatakan merupakan pecahan mata uang yang sulit dipalsukan. karenanya pada huruf yang menonkol pada pecahan 1000 dinar, memberikan tekstur tersendiri dalam pecahan tersebut. Selain itu pecahan 1000 dinar Irak di cetak dengan menggunakan tinta khusus yang pengamanannya hanya bisa dilihat di bawah sinar ultraviolet saja. Tak heran hampir semua uang pecahan dinar ini sering disebuat sebagai pecahan mata uang yang sulit dipalsukan di dunia.

Pecahan 100 Rupee - Mata Uang Paling Sulit di Palsukan dari Nepal

Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan

Mungkin dari kita hanya tahu mata uang Rupee hanya digunakan di negara India saja. Namun perlu diketahui negara lain selain India yang menggunakan Rupee sebagai mata uang negara adalah Pakistan dan Nepal. Khusus negara terakhir yang kami sebutkan, merupakan negara yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya dan berbatasan langsung dengan Inidia, tak heran jika negara in banyak kesamaan dengan India.

Namun perlu diketahui meskipun sama dan satu rumpun, untuk urusan mata uang negara Nepal dan India punya banyak perbedaan, selain dari nilai tukarnya mata uang kedua negara ini punya kode ISO 4217 yang berbeda. Perbedaan tersebut membuat nilai kurs dengan mata uang negara lain menjadi berbeda.

Adapun dilihat ari pecahan yang dicetak uang Rupee Nepal ini cukup banyak pecahannya, mulai dari pecahan koin dan kertas. Untuk pecahan kertas mata uang Rupee Nepa ini terdiri dari pecahan 5, 10, 20, 25, 50, 100, 500, dan 1.000. Namun untuk pecahan 10 rupee Nepal dikatakan, pecahan tersebut merupakan pecahan yang sulit dipalsukan.

Adapun faktor pecahan 10 rupe Nepal menjadi mata uang yang sulit dipalsukan karena pada pecahan tersebut digunakan benang metalik yang dicampurkan dalam kertasnya. Selain itu bahan polimer yang digunakan sangat khusus sehingga orang jahat atau orang tak punya kerjaan atau orang jenius dalam hal penipuan pun akan sulit untuk memalsukan uang yang satu ini.

Pecahan 10 Dollar Hongkong - Mata Uang Unik dari Hongkong

Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan

Banyak negara di dunia yang menggunakan nama Dollar sebagai nama mata uang resmi negara. Dan hampir semua negara khususnya negara yang termasuk daam jajaran maju di dunia dan menggunakan mata uang ini punya nilai tukar yang wah dan besar. Seperti Dollar Amerika, Dollar Singapura, Dollar Australia, dan Dollar Hongkong hampir semuanya punya nilai tukar yang sangat besar dengan mata uang negara lainnya.

Khusus untuk negara Hongkong dikatakan mata uang yang satu ini merupakan mata uang yang sulit dipalsukan. Dikatakan Dollar Hongkong merupakan mata uang kesembilan dalam posisi mata uang paling banyak di perdagangkan di dunia. Itu artinya nilai mata uang Dollar Hongkong hampir sebanding dengan nilai mata uang negara maju lainnya.

Adapun pecahan uang kertas Dollar Hongkong yang sudah ada sejak dulu di mulai dari pecahan 10, 20, 50, 100, 500, dan 1000 dollar Hongkong. Semua pecahan tersebut punya desain dan warna yang berbeda sama seperti beda-bedanya pada pecahan rupiah yang ada di Indonesia. Namun yang menjadi lebih unik dari mata uang dollar Hongkong adalah pecahan 10 dollarnya.

Dikatakan pecahan uang 10 Dolar Hongkong merupakan pecahan mata uang yang sulit dipalasukan di dunia. Pecahan tersebut dikatakan kembali dibuat dengan tinta khusus yang menyebabkan warnanya sangat cerah dan sulit untuk di tiru. Adapun jenis tinta khusus yang digunakan membuat pecahan yang satu ini punya tekstus berbeda dari mata uang yang ada pada umumnya.

Pecahan 1.000 Krona - Mata Uang unik dan Sulit Dipalsukan dari Swedia

Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan

Walau termasuk sebagai salah satu negara Zona Eropa dan hampir semua negara di Eropa menggunakan Euro sebagai mata uang resmi global tak membuat negara Swedia meninggalkan mata uang negara sendiri. Swedia yang merupakan negara dingin di Eropa Utara dan termasuk salah satu negara maju di dunia sebenarnya punya mata uang resmi negara selain Euro yakni Krona.

Dalam perkembangannya mata uang krona ini hampir saja musnah dan tidak akan di gunakan kembali, namun karena kebijakan pemerintan dan juga peran andil penduduk Swedia membuat mata uang ini tetap ada sampai sekarang. Untuk nilai tukarnya memang tidak secetar Euro atau Pounsterling di Britania Raya. Dikatakan 1 Krona hanya setara dengan 1.600 rupiah saja. 

Meski begitu satu yang unik dari mata uang Krona ini adalah pecahan mata uangnya, dimana salah satu pecahan uang kertas Krona yakni 1000 krona dikatakan sebagai salah satu pecahan mata uang yang sulit dipalsukan. Hal tersebut dikarenakan pada pecahan 1000 krona terdapat tanpa pengamanan yang unik. Pecahan 1000 Krona Swedia dibuat menggunakan benang mikrolens, yang sama halnya dengan benang yang digunakan pada pecahan 100 dollar Amerika Serikat.

Pecahan 50 Peso Meskiko - Mata Uang dari Negara Meksiko

Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan

Meksiko merupakan salah satu negara dari Amerika yang punya perbedaan yang cukup jauh dengan negara tetangganya di utara. Negara ini memang punya cerita akan sejarah yang panjang dan berbeda dengan negara Amerika Serikat. Tak seperti negara kebanyakan yang selalu ikut andil dalam penamaan yang sama, Meksiko ini beda dengan negara tetangganya.

Hal tersebut bisa dilihat dari mata uang yang digunakan. Tak seperti Nepal yang ikut sama dengan India, Meskiko ini menggunakan nama Peso untuk mata uang resmi negaranya. Mata uang Peso sendiri sudah digunakan sejak tahun 1821. Adapun pecahan uang dari mata uang yang satu ini terdiri dari 20, 50, 100, 500, dan 1000 peso.

Khusus untuk pecahan 50 Peso banyak orang yang menganggap jika pecahan tersebut adalah yang terbaik. Karena dikatakan pecahan 50 peso merupakan pecahan mata uang yang sulit dipalsukan. Pecahan uang yang satu ini dibuat dari polimer plastik berlapis yang mampu berubah warna apabilauang tersebut di lipat. Karena hal itulah, pecahan 50 peso sangat sulit untuk dipalsukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan di Dunia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "Enam Pecahan Mata Uang Yang Sulit Dipalsukan di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..