Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia





Anakregular.com | Negara yang kaya akan kekayaan alamnya seharusnya bisa menjadi negara yang makmur dan juga sejahtera kehidupan masyarakatnya. Namun yang terjadi malah sebaliknya di dunia ini negara yang dianugerahi kekayaan melimpah seperti kekayaan tambang malah terpuruk di jurang kemiskinan. 

Kekayaan alam di negara tersebut tidak membuat negara semakin maju dan malah karena kekayaan tersebut negara sendiri menjadi sarana injak negara lainnya. Kurangnya sumber daya manusia serta beberapa konflik yang terus terjadi membuat kekayaan alam seperti tambang minyak dan emas menjadi terbengkalai.

Padahal jika dimanfaatkan dengan baik kekayaan alam tersebut, bukan tak mungkin negara sekelas Nepal, Afghanistan dan Republik Kongo yang selama ini dikenal sebagai negara miskin di dunia bisa menjelma menjadi negara yang sejahtera di dunia. Lantas kenapa dan bagaimana kisah pilu negara tersebut?

Berikut anakregular informasikan lima negara miskin yang sebenarnya punya kekayaan tambang dan alam yang melimpah di dunia. Silahkan disimak dan jangan lupa di bagikan yah..

Negara Afghanistan Negara Miskin dengan Kekayaan Alam yang Melimpah

Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia

Afghanistan merupakan salah satu negara di Asia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Negara ini juga termasuk salah satu negara tertinggal alias negara miskin di dunia dengan rata-rata pendapatan PDB perkapitanya hanya $2.501 per tahun. Padahal  jika menilik pada kekayaan alamnya Afghanistan bisa menjadi salah satu negara makmur di dunia.

Adapun konflik dan perang yang terus terjadi di negara tersebut, serta kurangnya sumber daya manusia membuat kekayaan di tanah Afganistan terbuang secara percuma. Dari data yang telah didapatkan sesungguhnya Afghanistan merupakan negara yang kaya akan hasil tampang. 

Di perkirakan di negara ini terdapat cadangan mineral yang sangat banyak diantaranya ada 60 miliar ton tembaga, 2,2 miliar ton emas dan yang lebih sadis lagi di Afghanistan ada sekitar 1,4 miliar hasil tambang yang langka seperti lantanum, cerium, dan neodymium.

Liberia Negara Miskin dengan Tambang Emas terbesar di Afrika

Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia

Sedikit beralik ke negeri hitang di Afrika ada negara Liberia yang masuk dalam jajaran negara miskin dengan kekayaan alam yang menjanjikan. Negara ini sebenarnya di berkahi dengan kekayaan alam yang melimpah seperti kekayaan tambangnya. Namun sayang kurangnya sumber daya manusia dan konfik bersenjata yang terus berkelanjutan, kekayaan di negeri ini tidak bisa dimanfaatkan untuk membangun negara.

Di Tahun 2015 dikatakan jumlah pendapatan PDB perkapita penduduk Liberia hanya $ 934 saja. Angka tersebut sangatlah rendah jika dibandingkan dengan PDB di negara-negara lain, tak heran jika Liberia ini termasuk dalam golongan negara paling miskin di dunia. Padahal jika sistem pemerintahan negara ini bagus serta sumber daya manusianya standar internasional bukan tak mungkin negara ini bisa sejajar dengan negara-negara makmur di dunia.

Liberia punya tambang tambang emas dan permata yang sangat bagus dengan kualitas internasional. Namun karena SDA serta pengelolaan yang asal-asalan membuat hasil tambang di negeri ini menjadi terbuang secara percuma. Di tahun 1970 negara ini pernah melakukan penambangan emas dengan skala tak bisa dengan tujuan untuk meningkatkan kenaikan 25% PDB di negaranya. Namun sayang hasilnya malah nihil.

Konflik yang berkepanjangan membuat produksi tambang tidak menghasilkan apa-apa. Terlebih lagi hasil tambang seperti 155.000 karat berlian malah di curi oleh negara-negara tetangganya. Akibatnya negara semakin melarat dan kemiskinan di negara Liberia semakin menjadi-jadi.

Madagaskar Negara Kepulauan di Afrika Yang Kaya Sumber daya Alam tapi Miskin

Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia

Negara yang berada terpisah dengan negara-negara lainnya di Afrika ini merupakan salah satu negara miskin dengan PDB perkapita sebesar $ 1491. Angka tersebut memang cukup besar dari negara Liberia yang diceritakan diawal, namun anga tersebut masih jauh berbeda dengan negara afrika lainnya yang sudah bisa dipandang sebagai negara yang enak. 

Negara terpencil ini sebenarnya punya banyak cadangan mineral di dunia yang bisa membuat semua penduduk Madagaskan sejahtera namun karena kurangnya SDM serata konflik yang berkelanjutan sumber daya alam di negara ini menjadi kurang maksimal.

Di tahun 2000, industri pertambangan di negara ini mulai di berlakukan, dan bahkan jika berjalan dengan baik dan lancar bukan tak mungkin saat ini negara ini akan masuk dalam jajaran negara yang sejahtera. Namun sayang kudeta yang terjadi pada tahun 2009 membuat semua industri pertambangan di negara kecil ini menurun.

Padahal kekayaan alam di negara ini sangatklah banyak, beberapa komoditas penting seperti titanium, emas, perak, besi, nikel, kobalt serta beberapa batu mahal serti rubu, safir, zamrud, akuamarin, beryl, topaz dan yang lainnya ada di negara ini.

Nepal Negara Yang Punya Gunung Tertinggi Namun Miskin Tak Sejahtera

Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia

Nepal merupakan negara yang dikenal dunia karena ada gunung tertinggi di dalamnya. Nepal berada berdekatan dengan dua negara di Asia yakni India dan Tibet. Pada tahun 2015 dikatakan pendapatan PDB perkapita penduduk Nepal hanya $ 2516. Angka tersebut jauh lebih rendah dengan negara tetangganya India yang punya sistem pemerintahan serta kekuatan ekonomi sedikit lebih kuat. 

Padahal jika dibandingkan  dengan negara India, Nepal termasuk salah satu negara dengan kekayaan tambang terbesar di Asia. Namun sayang kurangnya SDA membuat pengelolaan hasil tambang di negara ini tak berjalan sesuai harapan. Negara yang menjadi tempat singgah para pendaki dunia ini punya hasil tambang yang sangat mahal di dunia. Nepal punya tambang batu mulia seperti rubi dan safir yang diburu dunia. 

Selain itu Nepal juga punya  garnet, akuamarin, dan kristal kuarsa. Untuk tambang logam, Nepal memiliki besi, tembaga, kobalt, emas, perak, dan uranium. Mineral sebagian besar masih disimpan dan belum dieksplorasi dengan sangat baik.

Negara Republik Kongo Negara Miskin dengan Cadangan Tambang Yang Menjanjikan

Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia

Terakhir negara miskin yang hidup diantara kekayaan alam yang tidak bermanfaat bagi negara adalah Republik Kongo di Afrika. Negara ini termasuk salah satu negara paling miskin di dunia dengan pendapatan PDB nya hanya $754 saja. Angka tersebut sangat jauh berbeda dengan negara lain yang dalam setahunnya bisa menghasilkan ribuan hingga ratusan ribu dollar amerika perkapitanya.

Padahal jika melihat kekayaan alamnya, negara Kongo merupakan negara yang kaya. Diperkirakan cadangan kekayaan tambang di negara ini bernilai $ 24000000000000. Namun sayang tidak adanya orang pintar dan juga konflik yang terus terjadi di negara ini membuat negara ini semakin terpuruk di lubang kemiskinan. 

Dari data yang telah dikumpulkan, Kongo punya sumber kekayaan alam dalam bentu cadangan coltan, dan kobalt terbaik dan salah satu terbesar di dunia. Selain itu negara ini juga punya tambang emas, berlian, tembaga, dan minyak. Namun sayang seperti yang diceritakan diatas tidak adanya pengelolaan dan kesadaran pemerintah akan pentingnya SDM membuat negara ini terus hidup di jurang kemiskinan.




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Negara Miskin Dengan Kekayaan Tambang Melimpah di Dunia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.