Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

loading...
loading...
Anakregular.com | Belanda dan Inggris merupakan negara di tanah Eropa yang pernah melakukan penjajahan di Indonesia. Namun siapa sangka dua negara tersebut ternyata pernah juga di jajah oleh negara lainnya. Dengan jumlah negara jajahan yang cukup banyak, Belanda dan Inggris menjadi negara penjajah yang pernah di jajah juga oleh negara lainnya.

Di masa lalu sebelum era perang berakhir dan teknologi belum berkembang seperti sekarang ini. Penjajahan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh bangsa Eropa untuk mengeruk dan menggali sumber daya alam di dunia ketiga. 

Di awal abad ke 16 bangsa eropa untuk pertama kalinya melakukan penjelajahan guna mencari sesuatu yang berharga di dunia ketiga. Awalnya bangsa eropa melakukan penjelajahan untuk memperluas perdagangan, namun setelah melihat sumber daya alam di tanah yang berbeda banyak negara-negara dari Eropa yang awalnya datang sebagai negara penjelajah menjelma menjadi negara penjajah.

Namun meski begitu sebelum melakukan ekspansi dan penjajahan di dunia ketiga kala itu, bangsa penjajah ternyata pernah lebih dulu mengalami masa pahitnya penjajahan. Mungkin karena pernah di jajah negara ini melampiaskan rasa sakit hati karena di jajah di tanah baru yang kaya akan sumber daya alamnya.

Berikut anakregular informasikan lima negara penjajah yang pernah dijajah oleh negara lainnya. Silahkan simak kawan...

Lima Negara Penjajah Yang pernah dijajah oleh bangsa Lainnya :


Negara Penjajah Belgia Yang Dijajah Prancis dan Spanyol

Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

Negara penjajah yang pernah dijajah pertama datang dari negara kecil bernama Belgia. Negara ini punya negara jajahan di benua Afrika yakni Kongo. Dalam sejarahnya negara ini merupakan satu kesatuan dengan Belanda namun karena beberapa alasan pada tahun 1830 Belgia resmi memerdekakan diri dan keluar dari pemerintahan Belanda.

Sebelum menjadi sebuah negara merdeka, wilayah Belgia yang kala itu masih menjadi satu dengan Belanda pernah mengalami masa kelam di jajah dan diperbudak oleh bangsa Prancis dan Spanyol. Tak hanya itu saja, di kala perang dunia kedua pun Jerman yang kala itu terlihat superior karena Nazi nya juga berhasil merebut kekuasaan Belgia. Namun penjajahan kala itu tak berlangsung lama karena pada perang dunia kedua Jerman Kalah dari Amerika dan sekutunya.

Britania Raya (Inggris) Si penjajah Yang Pernah di Jajah Romawi

Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

Bisa dikatakan Inggris atau Britania Raya merupakan negara tertua di dunia. Dalam catatan sejarah Inggris ini termasuk salah satu negara dengan jumlah negara jajahannya terbanyak di dunia. Adapun negara-negara yang pernah menjadi tanah jajahan Inggris berada di Asia, Afrika, dan Amerika. Namun hebatnya negara-negara yang telah di jajah oleh Inggris punya nasib yang cukup bagus jika dibandingkan dengan negara-negara bekas jajahan bangsa Eropa lainnya.

Namun dibalik perkasanya Inggris dalam hal kekuatan ternyata di masa lalu negara yang satu ini juga pernah mengalami pahitnya masa penjajahan. Inggris menjadi salah satu negara penjajah yang dijajah oleh bangsa lainnya di Eropa. Tepatnya di tahun 43 sampai 410 Masehi Britania pernah takluk dari bangsa romawi. Kala itu tanah Britania selama 367 tahun menjadi wilayah jajahan Bangsa Romawi. Adapun penjajahan oleh bangsa romawi di tanah Britania ini tak lepas dari keinginan pemerintah romawi untuk menguasai sumber daya alam seperti timah dan emas yang ada di tanah Britania.

Prancis Penjajah Hebat Yang juga Pernah di Jajah Oleh Jerman

Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

Prancis merupakan salah satu negara paling kuat di masa lalu. Prancis punya banyak negara jajahan yang tersebar di hampir semua benua yang ada di dunia. Di Afrika, Asia, dan Amerika Prancis punya negara jajahan yang berbeda. Dalam catatan sejarah di abad ke 19 sampai dengan abad ke 20 negara ini punya banyak amunisi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dikatakan pada masa itu Prancis ingin memenangkan banyak sumber daya alam meskipun harus mengorbankan kehidupan primuni di tanah jajahannya.

Namun meski begitu sehebat apapun kekuatan militer Prancis kala itu, tetap saja prancis juga pernah mengalami pahitnya dijajah oleh bangsa lain. Prancis masuk dalam jajaran negara penjajah yang pernah dijajah. Dalam catatan sejarah dikatakan Prancis pernah takluk di tangan Jerman dengan kekuatan nazinya di tahun 1940-1944. Selama empat tahun tersebut Prancis yang merupakan anggota dari negara sekutu mengalami penjajahan yang tak terduga dari Jerman.

Negara Belanda Yang menjajah Indonesia Namun Juga Pernah di Jajah Spanyol

Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

Belanda dikenal sebagai negara penjajah yang tak punya hati nurani, negara kecil di Eropa ini dengan brutal dan juga tanpa ada rasa kasihan menjajah Indonesia tercinta hampir selama 350 tahun lamanya. Selain Indonesia masih ada negara-negara lainnya baik di benua Afrika atau pun Amerika yang menjadi bagian dari penjajahan Belanda. 

Meski begitu dibalik kuatnya armada militer Belanda kala itu, Belanda pernah juga merasakan pahitnya dijajah, tepat nya negara yang terkenal dengan sebutan negeri kincir anginnya ini dijajah oleh bangsa lainnya selama tiga kali. Balanda menjadi negara penjajah yang pernah dijajah oleh negara lainnya di abad ke 16. Kala itu Belanda yang berada di bawah pemerintahan Wangsa Hapsburg berhasil di gulingkan dan di kuasai oleh bangsa Spanyol.

Amerika Serikat yang Juga Pernah Mengalami Penjajahan

Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain

Terakhir negara penjajah yang pernah dijajah oleh negara lainnya adalah Amerika Serikat. Bisa dikatakan negara ini merupakan negara paling kuat dari segi kekuatan militer dan juga kekuatan ekonominya. Sampai saat ini Amerika Serikat dikenal sebagai negara adi kuasa yang bisa dikatakan penguasa dunia. Namun demikian sekuat apapun Amerika ternyata dalam sejarahnya negara besar ini pernah juga mengalami pahitnya masa penjajahan.

Amerika di masa lalu merupakan wilayah jajahan dari negara Inggris dan mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776. Kala itu Amerika Serikat berhasil mengalahkan Inggris saat terlibat dalam perang revolisui Amerika.  Dikatakan sebelum merdeka luas wilayah Amerika Serikat zaman dahulu luasnya sangat sempit karena sebagian besar wilayah Amerika lainnya masih menjadi bagian dari jajahan Inggris.

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Lima Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah Negara Lain"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..