Racun Berbahaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

loading...
loading...
Anakregular.com | Sejatinya racun merupakan sebuah benda yang sangat berbahaya dan wajib Anda hindari untuk keselamatan jiwa serta raga Anda. Ada banyak racun yang ada di dunia, baik dari racun buatan (kimia) atau racun alami yang dihasilkan oleh beberapa makhluk hidup. Racun dari hewan atau tumbuhan biasanya digunakan untuk senjata dan alat mempertahankan diri dari ancaman dan predator yang mengincarnya.

Namun tahukah Anda Jika sesungguhnya racun yang berbahaya ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan? Yah, racun yang mematikan katanya dan dapat merenggut nyawa dalam hitungan waktu yang sangat cepat ternyata jika dimanfaatkan dengan baik dan diolah dengan hati-hati bisa menjadi obat mujarab untuk beberapa penyakit mematikan.

Dalam beberapa penelitian dikatakan, racun dari ular hingga racun dari sebuah tananam ternyata mengandung sesuatu yang sangat baik dan berguna untuk pengobatan di masa depan. Dan bukan tidak mungkin dengan segala kemajuan teknologi seperti sekarang ini, di masa depan kelak, racun yang awalnya berbahaya bisa menjadi obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Lantas racun apa saja yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan? Berikut kami ulas singkat empat jenis racun yang berguna dan bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit mematikan di dunia.

Racun Ular Untuk Obat Jantung

Racun Berbahaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kita tahu jika sejatinya ular merupakan hewan reptil yang sangat berbahaya baik dari gigitannya maupun dari racun yang dikeluarkannya. Banyak ribuan bahkan hingga jutaan ular yang ada di dunia ini. Semuanya tersebar di berbagai penjuru dunia. Adapun racun ular king kobra yang dalam kenyataannya merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia.

Meski begitu, walau ada banyak jenis ular beracun di dunia, ternyata ada beberapa ular yang racunnya tersebut dapat digunakan sebagai obat. Menurut American Museum of Natural History racun dari ular beludak konon katanya dapat digunakan sebagai obat pengencer darah, adapun temuan lain yang menyatakan jika beberapa captoprikl atau obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah ginjal ternyata mengandung racun dari ular.

Racun dari Pohon Yew

Racun Berbahaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Racun selanjutnya yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bukan tak mungkin di masa depan akan dijadikan bahan untuk obat-obatan adalah racun dari Pohon Yew. Seperti yang dipublikasikan oleh American Museum of Natural History yang mengatakan jika biji daun dan juga kulit dari pohon Yew sangat berbahaya karena mengandung racun yang tidak bagus bagi manusia.

Namun sebuah penemuan baru membuktikan bahwa sanya kandungan bahan tertentu dalam kulit kayu Yew tersebut ternyata sangat bermanfaat khususnya untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Tak hanya itu saja, kulit dari kayu Yew juga mampu membuka kembali aliran darah yang tersumbat di tubuh. Itu Artinya racun dari pohon ini sangat bermanfaat sekali bagi penderita penyakit jantung.

Racun dari Bunga Foxglove

Racun Berbahaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tumbuhan beracun lainnya yang ternyata sangat berguna bagi kesehatan dan sumber obat-obatan di masa depan adalah bunga Foxglove. Foxglove sendiri merupakan sebuah tanaman yang berbunga, dan bunganya tersebut berbentuk tabung, berwarna merah muda, ungu, putih dan kekuningan serta ada bintik-bintik didalamnya. 

Tanaman ini oleh beberapa ilmuwan dikatakan sangatlah beracun, karena jika Anda mengkonsumsi daunnya saja maka bisa menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung yang tidak teratur, mudah depresi, halusinasi, sakit kepala, muntah, diare, dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan kematian.

Namun sebuah temuan baru menyatakan dibalik ngerinya racun yang ada pada bunga Foxglove ternyata jika diolah dan digunakan dengan cara yang baik dan benar Foxglove bisa menjadi bahan untuk obat yang disebut dengan digoxin. DIkatakan obat dari racun ini bisa memperkuat jantung, mengontrol  detak jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Racun Arsenik

Racun Berbahaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Terakhir golongan racun berbahaya namun juga bermanfaat bagi kesehatan adalah racun arsenik. Apakah Anda tahu tentang racun ini? bila yang belum tahu, saya ulas sedikit tentang racun arsenik, di Indonesia nama Arsenik ini begitu terkenal karena dalam beberapa kasus racun ini kerap digunakan.

Arsenik dapat ditemukan di alam, dan kini sudah digunakan dalam bentuk pestisida, produk bangunan dan beberapa proses industri. Jika digunakan untuk jalan yang sesat, racun ini dapat membahayakan nyawa manusia. Bahkan jika tidak di tangangi secara cepat bukan tak mungkin nyawa korban akan hilang dalam waktu yang secepat-cepatnya.

Namun kabar baiknya, dalam jumlah dosis yang rendah ternyata racun arsenik bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker khususnya kanker leukimia promyeloctic akut. Selain itu, racun ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk kemoterapi yang biasa disebut dengan antracyclines.

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...