Rutinitas Guna Membantu Anda Menghemat Biaya Listrik Bulanan

loading...
loading...
Anakregular.com | Menghemat listrik bukan saja tugas Anda sebagai pasangan atau orang tua tapi tanggung jawab seluruh penghuni rumah. Dengan siapa pun Anda berbagi tempat tinggal – orang tua, teman, anak, saudara – semuanya memiliki tanggung jawab yang sama meski sering kali tagihan listrik bukan merupakan tanggungan bersama. 

Bahkan jika anak masih terlalu kecil untuk memahami arti menghemat listrik, Anda setidaknya bisa mendidiknya dan menjadikan hidup hemat listrik sebagai kebiasaan. Beri pengertian dan bicarakan dengan seluruh penghuni rumah agar Anda bisa bekerja sama sebagai tim dan tidak jengkel sendiri jika melihat penghuni lain seenaknya memboroskan listrik.

Rutinitas Ini Membantu Anda Menghemat Listrik

Anda patut mendapat acungan jempol jika cara menghemat listrik yang umum, seperti mematikan lampu dan alat elektronik, sudah Anda jalankan selama ini. Masih ada cara lain yang tidak terlalu teoretis dan cukup menarik untuk dicoba seluruh penghuni rumah, simak beberapa tips di bawah ini:

Habiskan waktu bersama

Berkumpullah di ruangan yang sama dan habiskan waktu bersama. Mungkin si kecil bisa mengerjakan PR, ayah membaca koran di sofa dan ibu menikmati majalah favorit di ruang keluarga. Atau bisa juga menonton film bersama atau sekedar mengobrol sambil menikmati cemilan. 

Ini bisa jadi cara tepat untuk menjaga komunikasi dengan seluruh penghuni rumah, tanyakan perihal sekolah anak, kerjaan pasangan, atau kondisi keluarga teman jika Anda berbagi rumah dengan teman. Anda bisa mendapatkan waktu berkualitas dan ini sekaligus merupakan cara menghemat listrik yang baik karena lampu atau AC di ruangan-ruangan lain bisa dimatikan.

Habiskan waktu di luar

Manfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan di luar dan sekitar rumah. Urus kebun atau tanaman pot di teras atau ajak seluruh keluarga bersepeda. Banyak aktivitas menyenangkan sederhana yang bisa Anda coba. Di saat Anda sibuk beraktivitas, lampu di rumah bisa dimatikan.

Satu malam bebas teknologi

Di era serba teknologi, mungkin Anda tidak sadar berapa jam sehari habis untuk mengecek status media sosial, email, dan teman-teman virtual Anda. Padahal di sekitar Anda ada juga teman dan keluarga yang butuh perhatian, karena itu coba untuk satu malam dalam satu minggu simpan semua gadget seperti video game, tablet, handphone, dan lain-lain. 

TV, radio, CD player juga wajib dimatikan malam itu. Anda pun harus berkomitmen menahan diri dari godaan mengecek email dan berbagai media sosial selama satu malam tersebut. Walau mungkin terdengar sulit, tapi Anda akan mendapat waktu berharga bersama keluarga dan setidaknya mengurangi beban listrik untuk mengisi ulang baterai perangkat elektronik Anda.

Coba perkenalkan konsep ini ke seluruh penghuni rumah dan ajak mereka untuk berpikir kreatif dan mengusulkan kegiatan yang bisa dilakukan. Perkenalkan permainan ‘era dulu’ ke anak-anak, seperti monopoli, kartu, ular tangga, dan sebagainya. Anda bisa juga melakukan proyek kreatif seperti menggambar, menata bunga, membangun logo, atau mencoba resep kue baru bersama seluruh anggota keluarga.

Loading...
loading...