Cara Aman Mengganti Oli Mesin Sendiri yang Aman Bagi Pemula

loading...
loading...
Anakregular.com | Cara mengganti oli mesin sepeda motor sendiri bagi pemula tanpa harus ke bengkel dengan mudah bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Seperti yang kita tahu Oli merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Oli dikatakan dapat mempengaruhi usia kendaraan dan juga berpengaruh terhadap kinerja mesin ketika di gunakan.

Mengganti oli yang baik dan benar adalah satu bulan sekali ketika kendaraan tidak terlalu sering dipakai. Namun jika sering digunakan jarak jauh setiap harinya alangkah baik sebelum jarak tempuh mencapai 4000 km yang ditempuh mesin, oli di mesin motor tersebut harus lah diganti. Karena itulah jangan sampai speed meter di sepada motor Anda rusak, karena jika rusak Anda akan susah memperkirakan kapan harus ganti oli yang tepat.

Ada banyak jenis oli yang bisa digunakan, namun yang bisa di gunakan adalah rekomendasi dari bengkel dimana pabrikan motor selalu punya jenis oli sendiri yang biasa digunakan oleh motor keluaran pabrik itu sendiri. Seperti moto honda dengan oli federal atau AHM oilnya, begitu juga yamaha dengan yamalubenya. Namun Anda juga bisa menggunakan oli lainnya asal sesuai dengan kriteria motor yang Anda punya.

Cara Aman Mengganti Oli Mesin Sendiri yang Aman Bagi Pemula

Karena mengganti oli mesin itu wajib dilakukan, banyak pengguna yang tak mau repot dan kerap menggunakan jasa bengkel untuk mengganti oli mesin di motor dengan oli yang baru. Namun bagi Anda yang ingin bisa sendiri bagaimana cara mengganti oli mesin bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Silahkan disimak..

Cara Aman mengganti Oli Mesin Sendiri :


1. Persiapkan dulu peralatan yang di perlukan seperti wadah untuk menampung oli, corong, tang, kunci ring atau kunci pas yang sesuai dengan baut yang digunakan pada mesin motor. Ada banyak ukuran baut yang digunakan di setiap sepeda motor. Namun yang paling umum adalah baut 12, 14, 17, dan 19 silahkan kalau ingin punya semuanya bisa membeli di bengkel terdekat.

2. Persiapkan oli baru, pastikan oli yang dibeli sesuai dengan yang direkomendasikan, misalnya motor bebek butuh oli yang 800ml, dan yang motor sport butuh 1liter lebih.

3. Ganti oli bisa Anda lakukan di pagi hari dimana motor masih dingin dan sudah ditinggal diam semalaman, dalam artian disaat sudah dingin dan diam cukup lama oli di dalam mesin sudah turun kebawah artinya tidak ada oli tersisa di rongga-rongga mesin.

4. Anda juga bisa mengganti oli disaat sudah di gunakan, namun harus dalam keadaan hangat tidak panas. Jika mesin Anda habis digunakan dan suhunya masih sangat panas jangan coba-coba untuk membuka baut oli. Karena bisa jadi panasnya bisa jadi berbahaya bagi Anda, dan juga membuka baut disaat masih sangat panas akan membuat baut menjadi cepat rusak (selek).

5. Tempatkan wadah menampung oli tepat dibawah lupang oli mesin, kemudian buka baut tutup lubang oli dengan kunci yang sudah Anda sediakan tadi. Tak lupa juga untuk membuka tutup oli bagian atas menggunakan tang.

6. Diamkan sejenak sambil menunggu oli keluar semua dari mesin. Jika sudah mau habis, Anda bisa menggunakan angin bertekanan tinggi. Disini Anda bisa menggunakan kompresor dan dimasukkan ke dalam mesin lewat lubang oli bagian atas. Dengan bantuan kompressor oli oli yang masih tersisa bisa dikeluarkan.

7. Namun jika tidak ada kompresor Anda pun bisa sambil menghidupkan mesin baik dengan bantuan starter atau dengan menggerakkan tuas mesin secara pelan pelan. Anda juga bisa memiringkan sedikit moto agar oli didalam mesin keluar semua.

8. Jika semua sudah dilakukan dan kira-kira oli sudah habis keluar, silahkan bersihkan baut tutup lubang mesin bagian bawah kemudian pasangkan kembali. Pasang dengan kencang namun tidak terlalu kencang takutnya selek atau rusak.

9. Langkah selanjutnya silahkan masukkan corong di bagian lubang atas oli kemudian buka oli baru Anda dan masukkan lewat corong yang sudah di pasangkan tadi. Masukkan sampai habis semua jangan ada yang tersisa.

10. Selesai, pasang kembali tutup lubang oli bagian atas dengan menggunakan tang. Tunggu sebentar dan cobalah untuk menyalakan mesin kembali.

Bagaimana? Mudah bukan, cara aman mengganti oli motor sendiri bagi pemula diatas. Silahkan praktekkan sekarang jika dirasa Anda tak bisa atau tak mau ribet silahkan bawa saja ke bengkel. Namun yang pastinya Anda harus uang untuk uang bayar nya. Selamat mencoba kawan, dan enak selalu yah sepedah motornya..

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Cara Aman Mengganti Oli Mesin Sendiri yang Aman Bagi Pemula"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..