Cara Memasang Bracket TV Di Dinding Mudah dan Benar





Anakregular.com | Menempelkan TV LED atau LCD di dinding untuk saat ini menjadi lebih populer dilakukan karena tampak lebih simpel dan juga hemat terhadap penggunaan ruang. Namun masalahnya bagaimana cara menempelkan TV LED di dinding tanpa harus jatuh dan nyaman ketika di gunakan. Ternyata caranya tidak di lem atau di baut kuat di dinding tembok rumah melainkan dengan menggunakan Bracket TV yang telah di jual banyak di toko-toko elektronik terdekat. Namun sayang belum banyak yang tahu akan cara menggunakan dan memasang Bracket TV di dinding yang benar dan tepat.

Karena itulah melalui postingan ini, saya akan memberikan sedikit tips dan cara-cara sederhana dalam menggunakan dan memasang bracket TV di dinding agar TV yang di tempelkan di dinding tidak miring dan enak di gunakan untuk nonton. Pada dasarnya memasang bracket TV ini sangatlah mudah. Apalagi sebelum membeli TV baru atau hanya sekedar membeli bracket TV terpisah, ada tutorial lengkapnya di dalam sebuah kertas yang sudah di gunakan. Akan tetapi namanya juga orang Indonesia yang kadang lupa untuk melihat dan merasa bisa suka langsung saja main sikat alias main pasang tanpa melihat panduan yang telah disediakan.

Cara Memasang Bracket TV Di Dinding Mudah dan Benar
Ilustrasi memasang bracket TV di dinding
Sejatinya terdapat dua tahapan atau dua pekerjaan yang harus Anda perhatikan ketika memasang bracket dan juga TV di dinding tembok. Yang pertama adalah memasang bagian piringan (Wall Plate) brakcet di dinding dengan benar. Dan kedua adalah memasang dua buah tiang penyangga bracket pada TV LED atau LCD yang berada dibelakangnya. Selain itu agar tidak salah dalam memasang pastikan dulu bracket yang dibeli sesuai dengan kriteria TV yang adad di rumah Anda. Jangan sampai Bracket tidak sesuai dan malah menjadi cepat rusak ketika digunakan.

Berikut adalah panduan lengkap memasang Bracket TV untuk menempelkan TV LED atau LCD di dinding tembok rumah Anda. Silahkan di simak.

Cara Memasang Bracket TV di Dinding


Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menempelkan TV di dinding :
  • Bracket Set
  • Obeng
  • Kunci Inggris
  • Meteran
  • Dynabolt
  • Palu
  • Paku
  • Pensil
  • Bor Listrik
  • Waterpass
Cara pengerjaan - Memasang Bracket TV di Dinding :

Tentukan posisi peletakan bracket TV pada dinding. Atur juga ketinggian yang di perlukan agar sesuai dengan posisi tubuh ketika menonton. Jangan terlalu rendah dan juga jangan terlalu tinggi. Langkah awal berilah tanda titik dengan pensil dimana dynabolt penahan plat brcaket akan di tanamkan di dinding. Gunakan piringan bracket untuk menentukan pola serta sempurnakan dengan waterpas agar posisi sejajar dan tidak miring. Untuk lebih simpelnya gunakan bracket yang sudah di bekali waterpass di dalamnya.

Sebelum memasang bracket periksa dulu kelayakan dinding yang akan di lubagi dengan bor. Usahakan jangan ada kabel listri di dalam dinding atau ada besi beton di dalamnya karena dua elemen tersebut akan sangat mengganggu. Usahakan dinding yang akan di bor kuat dan tidak murah rapuh.

Lubangi keempat titik pada tembok menggunakan bor listrik. Pastikan dimensi lubang yang terbentuk sesuai dengan diameter dan panjang dynabolt yang menyertai produk bracket tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari panduan mengebor dinding yang benar.

Setelah lubang terbentuk, Anda bisa memasang dynabolt ke dalam lubang ini. Kemudian pasanglah wall plate/piringan bracket dengan mengatur posisi supaya dynabolt berada di kedudukannya. Setelah itu, pasang baut penahan dynabolt memakai kunci inggris sampai ikatannya cukup kuat. Sekarang bagian wall plate pun sudah terpasang di dinding dengan kuat. Kini saatnya untuk memasang 2 buah tiang bracket penyangga yang nantinya berada di belakang televisi. Sehingga TV bisa ditahan oleh wall plate.

Adapun caranya yaitu pasanglah tiang-tiang bracket ini secara sejajar di lubang yang terdapat di belakang TV menggunakan baut yang sesuai. Anda bisa mengencangkan baut-baut memakai obeng. Setelah kedua tiang penyangga terpasang pada bagian belakang televisi, kini waktunya untuk meletakkan tiang penyangga tadi di piringan bracket. Jika ukuran TV yang Anda miliki cukup besar, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain saat mengangkatnya. 

Angkat televisi secara bersama-sama, lalu pasang televisi tersebut dengan menyangkutkan tiang penyangganya ke piringan bracket yang sudah menempel di dinding. Periksa kembali untuk memastikan posisi televisi sudah sejajar di setiap sisi-sisinya. Terakhir kencangkan pengunci baut bracket yang terletak di bagian bawah rell bracket sehingga televisi tetap aman dan terhindar dari risiko terjatuh.

Bagi Yang masih bingung, silahkan tonton cara memasang Brancket TV di dinding tembok melalui sebuah video dibawah ini :


Nah, kawan mungkin itulah sedikit cara memasang bracket TV di Dinding dengan mudah dan benar. Semoga cara singkat di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahakn di coba dan jangan lupa berdoa dulu sebelum melakukan pemasangan yah..





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Cara Memasang Bracket TV Di Dinding Mudah dan Benar" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Memasang Bracket TV Di Dinding Mudah dan Benar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..